Pengertian Getaran dan Gelombang

Getaran dan Gelombang

A. GETARAN

Hai sobatbangkusekolah.com, apakah kamu pernah melihat jam dinding yang memakai bandul? Jam tersebut bergerak karena adanya bandul yang digunakan. Gerakan bandul tersebut disebut sebagai getaran.

jam-bandul

Periode getar ialah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu kali getaran, Periode getar ini dilambangkan dengan huruf T. Kemudian, banyaknya getaran dalam satu sekon disebut sebagai frekuensi dengan lambang f. Hubungan frekuensi dan periode secara matematis dapat ditulis sebagai berikut :

frekuensi-dan-periode

Dimana T adalah periode dan f merupakan banyaknya getaran per sekon.

Satuan periode ialah sekon. Sedangkan satuan frekuensi ialah getaran per sekon atau disebut juga dengan hertz (Hz).

Berikut ini ada contoh soal yang bisa kamu kerjakan dari rumus di atas :

Pada suatu pegas tergantung sebuah beban yang bergetar 50 kali dalam waktu 10 sekon. Hitunglah besar :

  • Frekuensi getaran (f)
  • Periode getaran (T)

Jawaban :
Diketahui : pegas bergetar 50 kali dalam 10 sekon.

  • Frekuensi adalah banyaknya getaran tiap sekon, maka banyaknya getaran dalam 1 sekon.

    f= 50 getaran/10 sekon = 5 getaran/ sekon

  • Periode getaran adalah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali getaran.

    T = 1/f = 1/ 5 = 0,2 sekon

B. GELOMBANG

Ketika berada di pantai, kamu bisa melihat indahnya ombak yang bergulung-gulung. Ombak terlihat bergelombang dari tengah menuju pantai dan semakin lama semakin kecil. Lalu, akhirnya menerpa pesisir pantai.

Kemudian, saat kamu mengikuti upacara bendera di sekolah, kamu akan melihat bahwa ada bendera yang berkibar di terpa angin. Apakah kamu pernah mengamati bendera tersebut?

Peristiwa ombak laut dan berkibarnya bendera merupakan contoh gelombang. Definisi gelombang adalah getaran merambat atau usikan yang merambat.

1. Jenis-jenis Gelombang

Berdasarkan Medium Perambatannya

Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibagi menjadi dua jenis yaitu Gelombang Elektromagnetik dan Gelombang Mekanik.

  1. Gelombang Elektromagnetik, adalah gelombang yang dapat merambat tanpa medium, contohnya gelombang radio, gelombang cahaya dan gelombang radar.
  2. Gelombang Mekanik, adalah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, misalnya gelombang tali, air, dan bunyi.
Berdasarkan Arah Perambatannya

Berdasarkan arah perambatannya, Gelombang Mekanik dibagi menjadi dua jenis yaitu Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal.

  1. Gelombang Transversal

    Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatannya.

    Contohnya ialah gelombang air. Gelombang ini menyebar ke segala arah. Gelombang terlihat semakin kecil saat semakin jauh dari sumber. Hal ini karena energy yang dirambatkan semakin berkurang.

  2. Gelombang Longitudinal

    Gelombang Longitudinal ialah gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambatannya.

    Contohnya gelombang bunyi dan gas yang ditempatkan di dalam tabung tertutup.
    Misalnya, saat kamu memompa, kamu mendorong atau menekan alat tersebut. Partikel-partikel gas dalam pompa membentuk pola rapatan dan renggangan sehingga mendorong udara keluar.

2. Panjang Gelombang

Panjang gelombang dilambangkan dengan (λ) (dibaca landa). Kemudian, satuan panjang gelombang dalam Standar Internasional ialah meter (m).

  1. Panjang Gelombang Transversal

    gelombang-transversal

  2. Panjang Gelombang Longitudinal

    gelombang-longitudinal

3. Cepat Rambat Gelombang

Untuk mencari tahu kecepatan gelombang, kamu bisa menggunakan rumus di bawah ini:
v = s/t
Karena jarak yang ditempuh alam satu periode (t = T) adalah sama dengan satu gelombang ( s = λ ), maka:
v = 1/T= f1
dengan :
v = cepat rambat gelombang (m/s)
T = periode gelombang (s)
λ = panjang gelombang (m)

4. Pemantulan Gelombang

Ketika kamu berteriak di lereng sebuah bukit, kamu akan mendengar suaramu kembali. Nah, ini menunjukkan bahwa bunyi dapat dipantulkan. Sebagaimana kita tahu bahwa bunyi termasuk gelombang mekanik.

Berdasarkan hal tersebut, dapat kita simpulkan bahwa salah satu sifat gelombang adalah dapat dipantulkan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat pemantulan gelomban air kolam oleh dinding kolam, ataupun gelombang ombak laut oleh pinggir pantai. Dapat diterimanya gelombang radio dari stasiun pemancar yang sedemikian jauh juga menunjukkan bahwa gelombang radio dapat dipantulkan atmosfer bumi.

Sebuah gelombang dapat merambat pada tali. Jika ujung tali diikat pada suatu penopang, gelombang yang mencapai ujung tetap tersebut memberikan gaya yang sama tetapi berlawanan arah ke bawah pada tali.

Gaya ke bawah pada tali inilah yang membangkitkan gelombang pantulan yang terbalik. Ujung yang bebas tidak ditahan oleh sebuah penopang. Gelombang cenderung melampaui batas. Ujung yang melampaui batas memberikan tarikan ke atas pada tali dan inilah yang membangkitkan gelombang pantulan yang tidak terbalik.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian getaran dan gelombang. Semoga dapat bermanfaat ya. Jangan lupa sebarkan ke teman-teman agar mereka juga bisa mempelajari materi ini. Terima kasih sudah berkunjung ke bangkusekolah.com. Nantikan materi-materi pelajaran terbaru berikutnya. Tetap semangat belajar ya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*