Cara mencari faktor prima

Sebelum kita membahas tentang cara mencari faktor prima, kita perlu memahami apa itu bilangan prima. Berikut ini akan kita bahan tentang pengertian bilangan prima dan cara mencari faktor prima.

Pengertian Bilangan Prima

Bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1 yang faktor pembagianya adalah 1 dan bilangan itu sendiri. Sepuluh bilangan prima yaitu 2,3,5,7,11,13,17,19 dan 29.

Cara mencari faktor prima

Untuk mencari faktor prima dari suatu bilangan, caranya cukup mudah, yaitu bagilah bilangan tersebut dengan bilangan prima terkecil secara berulang-ulang hingga tidak dapat dilakukan pembagian lagi dengan bilangan prima.

Berikut ini adalah contoh cara mencari faktor prima.

Soal : Carilah faktor prima dari 42 !

Jawab :

Bagi 42 dengan bilangan prima terkecil yang bisa membagi 42 yaitu 2

42 ÷ 2 = 21

Bagi 21 dengan bilangan prima terkecil yang bisa membagi 21 yaitu 3

21 ÷ 3 = 7

Dari sini kita berhenti karena 7 tidak dapat dibagi lagi dengan bilangan prima. Faktor dari 42 yaitu 2 × 3 × 7 (yang dicetak tebal)

Jadi faktor 42 = 2 × 3 × 7

Contoh lain akan kita selesaikan menggunakan pohok faktor. Berikut ini adalah contohnya mencari faktor prima dengan menggunakan pohon faktor

Soal : Carilah faktor prima dari 36 !

Jawab :

faktorisasi primaJadi faktor prima dari 36 yaitu 2 × 2 × 3 × 3 (angka dalam lingkaran)

Atau secara notasi indeks ditulis 36 = 22 × 32

Demikianlah pembahasan kita tentang faktorisasi prima. Silahkan baca juga tentang cara mencari FPB dan cara mencari KPK. Semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com




3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*