Halo sobat bangkusekolah.com bertemu lagi dengan kami, pada kali ini kita akan belajar memahami apa itu persegi panjang. Karena kita membahas tentang persegi panjang berarti sobat sudah tahu bukan dengan persegi? Ya, persegi itu yang mempunyai 4 sisi yang sama. Kalau persegi panjang juga mempunyai 4 sisi tetapi tidak sama sobat, bingung ya? Ok kita langsung saja ke materi kita kali ini.

Memahami Persegi Panjang Beserta Sifat-Sifatnya

Persegi panjang adalah salah satu jenis bangun datar yang berbentuk segi empat tetapi kedua sisinya sama panjang berbeda dengan persegi yang ke 4 sisinya sama panjang. Dalam kehidupan banyak sekali kita jumpai yang bentuknya persegi panjang. Contohnya buku, bingkai foto, meja dan lain-lain. Bagaimanakah panjang sisinya benda-benda tersebut?

Perhatikanlah gambar berikut.gb-01Jika sobat amati persegi panjang ABCD pada gambar yang ada diatas dengan benar, kita peroleh:

  1. Sisi-sisi persegi panjang ABCD tersebut yaitu AB , BC, CD , dan AD dengan dua sepasang sisi sejajar dan sama panjang, ialah AB = DC dan BC = AD
  2. Semua sudut persegi panjang ABCD yaitu ∠DAB, ∠ABC, ∠BCD, dan ∠CDA dengan ∠DAB = ∠ABC = ∠BCD = ∠CDA = 90°.

Dari dari penjelasan tersebut dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa definisi persegi panjang merupakan bangun datar segi empat yang memiliki dua sepasang sisi sejajar dan memiliki empat sudut siku-siku (90o).

Sifat Sifat Persegi Panjanggb-02Perhatikanlah Gambar yang ada diatas.

Jika persegi panjang ABCD kita balik menurut garis k, maka persegi panjang tersebut akan menempati bingkainya, sehingga kita temukan titik A akan menempati titik B, dan titik B akan menempati titik A, kita tulis seperti ini A↔B. Demikian sama halnya diperoleh D↔C, sehingga AD↔BC. Hal ini berarti AD = BC dan AB = DC.

Selanjutnya perhatikan gambar bingkai berikut.gb-03jika persegi panjang ABCD kita balik menurut garis l, maka persegi panjang tersebut akan memperoleh A↔D, B↔C, dan AB↔DC. Hal tersebut berarti AB = DC.

Dari hal yang kita amati tersebut dapat kita katakan bahwa jarak AD dan BC selalu sama. Sama halnya dengan jarak AB dan DC. Oleh karena itu, AD sejajar BC dan AB sejajar DC atau AD//BC dan AB//DC. Sisi-sisi yang saling berhadapan dari suatu persegi panjang yaitu sama panjang dan sejajar.

Setelah penbahasan diatas kita akan membahas panjang semua diagonal persegi panjang. Selanjutnya baliklah persegi panjang ABCD dengan diagonal BD menurut garis k sehingga menempati bingkainya Seperti gambar dibawah ini.gb-04Berdasarkan gambar yang ada diatas, kita memperoleh A↔B, D↔C, BD↔AC, dan BD = AC. Lalu, putarlah persegi panjang ABCD tersebut sejauh setengah putaran (180°), dengan diagonal AC dan BD berpotongan di titik O.

Dari putaran tersebut, kita peroleh O↔O, A↔C, B↔D, maka OA↔OC dan OB↔OD. Hal ini berarti OA = OC dan OB = OD. Semua diagonal dari suatu persegi panjang yaitu sama panjang dan juga saling membagi dua sama besar .

Setelah itu kita bahas besar sudut pada persegi panjang, Lalu, baliklah persegi panjang ABCD menurut garis k, sehingga dapat menempati bingkai tersebut.gb-05Berdasarkan gambar yang ada diatas, kita peroleh bahwa ‘∠DAB ↔ ∠CBA dan ∠ADC ↔‘∠BCD. Maka,‘∠DAB = ∠CBA dan ∠ADC = ∠BCD.

Lalu, jika persegi panjang ABCD dibalik menurut garis l, persegi panjang ABCD akan menempati bingkainya seperti pada gambar yang ada dibawah ini.gb-06Dari gambar diatas, kita peroleh bahwa ∠DAB ↔ ∠ADC dan‘∠ABC ↔ ∠BCD. Dengan demikian,‘∠DAB = ∠ADC dan‘∠ABC =‘∠BCD. Maka,‘∠DAB = ∠ADC =‘∠BCD = ∠CBA. Jadi, semua sudut yang ada pada persegi panjang yaitu sama besar, ialah ∠90° atau sudut siku-siku.

Dari beberapa pembahasan diatas diperoleh beberapa sifat-sifat persegi panjang sebagai berikut.

  1. Memiliki empat sisi dengan sepasang sisinya yang saling berhadapan sama panjang dan sejajar.
  2. Keempat sudutnya sama besar yaitu sudut siku-siku (90°).
  3. Kedua diagonalnya sama panjang dan berpotongan membagi dua sama besar.

Itulah, pembahasan yang kita bahas sobat ternyata panjang juga. Cukup dulu sobat bangkusekolah.com dari materi kali ini. Semoga apa yang kita pelajari sangat bermanfaat di suatu hari nanti, amin dan terima kasih atas kunjungannya.