Pagi sobat bangkusekolah.com, bagaimana kabarnya pagi ini? Pastinya harus segar dan sehat karena kita akan membahas materi yang kemarin. Ada yang ingat apa materi kemarin yang kita bahas bersama? Kalau lupa mari kita ingat-ingat dulu oh ternyata materi kemarin itu Definisi dan Sifat dari Bangun Datar Layang-Layang.  Materi yang kita bahas kali ini ialah Mencari Keliling dan Luas dari Belah Ketupat. Ok kita tidak usah berlama-lama langsung saja ke materi yang kita bahas.

Belajar Mencari Keliling dan Luas dari Belah Ketupat

Sudah kita ketahui dari salah satu sifat belah ketupat memiliki sifat persegi, yaitu semua keempat sisinya sama panjang. Nah, karena itu cara untuk mencari keliling belah ketupat sama seperti kita mencari keliling persegi. Jika belah ketupat mempunyai panjang sisi (s), maka keliling belah ketupat adalah gambar-1

Sekarang perhatikan gambar di bawah ini.

K = AB + BC + CD + DA

K = s + s + s + s

K = 4 s

Pada gambar belah ketupat ABCD diatas dengan diagonal-diagonal AC dan BD berpotongan di titik O. Maka luas (L) belah ketupat ABCD dapat kita tentukan sebagai berikut:

L = Luas ΔABC + Luas ΔADC

L = ½ x AC x OB + ½ x AC x OD

L = ½ x AC x (OB + OD)

L = ½ x AC x BD

L = ½ x diagonal x diagonal

Dari uraian yang ada diatas dapat kita simpulkan bahwa luas dari belah ketupat dengan diagonal-diagonalnya d1 dan d2 adalah:

L = ½ x d1 x d2

Nah, setelah penjelasan diatas sekarang kita lebih memantapkan pemahaman mengenai keliling dan luas belah ketupat, kita coba perhatikan contoh soal yang ada dibawah ini.

 

Contoh Soal 1 :

Tentukanlah keliling sebuah belah ketupat yang salah satu panjang sisinya 25 cm?

Penyelesaian:

Keliling = 4 x sisi

Keliling = 4 x 25 cm

Keliling = 100 cm

Jadi, keliling belah ketupat yang panjang sisinya 25 cm adalah 100 cm

 

Contoh Soal 2 :

Diketahui panjang diagonal-diagonal sebuah belah ketupat berturut-turut 30 dan 35 cm. Tentukan luas belah ketupat tersebut?

Penyelesaian:

Luas = ½ x d1 x d2

Luas = ½ x 30 cm x 35 cm

Luas = 525 cm2

Jadi, luas belah ketupat itu adalah 525 cm2

 

Contoh Soal 3 :gambar-2

Perhatikan gambar ABCD yang ada diatas adalah belah ketupat, dengan AB = 6 cm, AE = 4 cm, dan DE = 2 cm. Tentukanlah keliling dan luasnya.

Penyelesaian:

Keliling = 4 x sisi

Keliling = 4 x AB

Keliling = 4 x 6 cm

Keliling = 24 cm

Jadi, keliling belah ketupat ABCD tersebut adalah 24 cm

d1 = 2 x AE = 2 x 4 cm = 8 cm

d2 = 2 x DE = 2 x 2 cm = 4 cm

maka,

Luas = ½ x d1 x d2

Luas = ½ x 8 cm x 4 cm

Luas = 16 cm2

Jadi, luas belah ketupat itu adalah 16 cm2

Sekian dulu sobat bangkusekolah.com cukup disini materi yang dibahas, lain waktu kita akan membahas yang lebih detail. Semoga materi yang kita bahas hari ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.