Selamat pagi sobat bangkusekolah.com, bagaimana pagi ini sehat bukan? Pastinya sehat semua… karena semalam sudah istirahat yang cukup. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu persegi dan sifat-sifat persegi. Materi persegi dan sifat-sifat persegi adalah materi paling awal dari materi bangun datar yang kita pelajari saat ini. Bagaimana perasaan sobat? Pasti penasaran. Ok, kita langsung saja ke materinya.

Belajar Memahami Segi Empat,  Persegi dan Sifat-Sifat Persegi

Kita coba amati benda-benda yang ada disekitar, contohnya seperti papan tulis, layang-layangan, lantai, dan ketupat benda tersebut sering kita jumpai. Berbentuk apakah benda-benda tersebut? Berapa jumlah sisinya? gb-01Benda-benda tersebut juga termasuk bangun datar segi empat, dikarenakan jumlah sisi-sisinya ada empat buah. Jadi dapat diartikan segi empat merupakan bangun datar yang memiliki jumlah sisi empat buah.

Pada umumnya, ada enam macam bangun datar segi empat, yaitu seperti persegi, persegi panjang, belah ketupat, layang-layang, jajar genjang dan trapesium. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas persegi.

Contoh bentuk-bentuk persegi yaitu seperti papan catur, sapu tangan, atau ubin (lantai). Berbentuk tersebut adalah persegi atau sering dikenal dengan bujur sangkar. Jadi, apa itu persegi dan bagaimana sifat-sifat persegi? Ok, kita bahas bersama.

Pengertian persegi

Perhatikanlah Gambar yang ada dibawah ini. Gambar tersebut adalah sebuah persegi ABCD.gb-02

Jika kita perhatikan dengan teliti, maka kita memperoleh:

  1. Semua sisi persegi ABCD panjangnya sama, yaitu AB = BC = CD = AD
  2. Semua sudut persegi ABCD besarnya sama, yaitu ∠ABC = ∠BCD = ∠CDA = ∠DAB = 90°(sudut siku-siku).

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa “Persegi merupakan sebuah bangun data yang berbentuk segi empat yang memiliki empat sisi panjangnya sama dan empat sudut siku-siku yang besarnya sama”.

Sifat-sifat persegi

Kita telah mengetahui bahwa persegi merupakan segi empat yang memiliki sisi sama panjang.

gb-03Perhatikan gambar yang ada diatas. Coba kita dibalik menurut diagonal BD dari segitiga ABCD Berdasarkan gambar yang ada diatas, kita memperoleh ∠ABD <–> ∠CBD, maka ∠ABD = ∠CBD dan ∠ADB <–> ∠CDB, sehingga ∠ADB = ∠CDB. Hal tersebut menunjukkan bahwa diagonal BD membagi dua sama besar sudut ABC dan sudut ADC.

Dengan menggunakan cara yang samauntuk membuktikan bahwa diagonal AC membagi dua sama besar ∠DAB dan ∠BCD.
Sekarang perhatikanlah gambar yang ada dibawah ini.gb-04Gambar tersebut menunjukkan bangun datar persegi dengan diagonal AC dan BD yang berpotongan di titik O. Kita akan menunjukkan bahwa diagonal AC dan BD saling berpotongan tegak lurus membentuk sudut siku-siku.

Dengan titik pusat di O, putarlah persegi ABCD seperempat putaran dengan arah berlawanan jarum jam. Kita peroleh:

  1. ∠AOB <—> ∠BOC, maka ∠AOB = ∠BOC;
  2. ∠BOC <—> ∠COD, maka ∠BOC = ∠COD;
  3. ∠COD <—> ∠AOD, maka ∠COD = ∠AOD;
  4. ∠AOD <—> ∠AOB, maka ∠AOD = ∠AOB.

Dikarenakan persegi ABCD dapat menempati bingkainya kembali, maka dapat dikatakan bahwa ∠AOB = ∠AOD = ∠COD = ∠BOC. Jadi, Diagonal-diagonal persegi saling berpotongan sama panjang membentuk sudut siku-siku (90o).

Berdasarkan penjelasan diatas dapat kita simpulkan sifat-sifat persegi sebagai berikut.

  1. Suatu persegi dapat menempati bingkainya kembali.
  2. Semua sisi persegi yaitu panjangnya sama.
  3. Semua sudut persegi dibagi dua sama besar oleh diagonal- diagonalnya.
  4. Semua diagonal persegi saling berpotongan sama panjang membentuk sudut siku-siku (90o).

Bagaimana sobat bangkusekolah.com sudah paham? Kalau belum bisa sobat ulangi lagi dari atas memahaminya.

Sekian dulu sobat bangkusekolah.com, materinya berhenti disini dulu. Pada kesempatan berikutnya kita akan lebih mendalam untuk materi persegi ini. Terimakasih atas kunjungannya.