Jenis larutan senyawa pembentuk larutan elektrolit bisa berupa ion dan kovalen. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai proses terbentuknya senyawa ion dan kovalen. Misalnya saja, kamu dapat melihat pembentukannya dari proses pelarutan NaCl dan HCl.

 

Jenis senyawa pembentuk larutan elektrolit

  1. Senyawa Ion

    Senyawa ion contohnya yaitu garam atau NaCl. Ketika NaCl dilarutkan dengan menggunakan pelarut air, ikatan ion positif dan ion negatif akan terpisah. Lalu, ion-ion tersebut membentuk interaksi dengan molekul air. Peristiwa ini namanya hidrasi. Pada keadaan ini, ion-ion dapat bergerak dengan bebas ke seluruh bagian larutan.

    Proses pelarutan NaCl dengan air:

    NaCl à Na+ (aq) + Cl (aq)

    Senyawa ion-ion akan berubah menjadi ion-ion yang disebut sebagai reaksi ionisasi. Berikut ini proses ionisasi dari larutan elektrolit yang bisa kamu amati.

    Contoh :

    KCl (aq) à K+(aq) + Cl (aq)

    Na2SO4 (aq) à 2 Na+ (aq) + SO4 2- (aq)

  2. Senyawa Kovalen

    Apa yang disebut sebagai senyawa kovalen? Senyawa kovalen merupakan senyawa yang memiliki atom-atom yang membentuk ikatan kovalen. Ada ikatan kovalen polar yang merupakan senyawa bentukan dari dua atom yang memiliki perbedaan keelektronegatifan. Yang termasuk contoh senyawa kovalen polar yaitu asam klorida, asam cuka murni dan larutan amonia. Senyawa tersebut tidak termasuk dalam senyawa elektrolit baik ketika dalam bentuk murni, tetapi bila dilarutkan dalam air dapat berubah menjadi penghantar listrik yang baik.

    Mengapa bisa begitu? Alasannya karena HCl adalah senyawa polar. Lalu, air adalah senyawa polar yang memiliki kutub positif dan negatif. Saat larutan tersebut bergabung dengan air, akan terbentuk ion yaitu ion H+ dan ion Cl.

    Reaksi ionisasi :

    HCl (g)à H + (aq) + Cl(aq)

Itulah jenis-jenis senyawa pembentuk larutan elektrolit. Kamu harus tahu bahwa ada dua jenis larutan elektrolit yaitu lemah dan kuat. Larutan elektrolit lemah yaitu larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik, sedangkan larutan elektrolit kuat dapat menghantarkan listrik dengan kuat.

Semoga penjelasan mengenai materi ini sudah menambah wawasan kamu mengenai senyawa-senyawa pembentuk larutan ion.