Manfaat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati

Hai sahabat bangkusekolah.com! Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas tentang keanekaragaman hayati, kali ini, kita akan membahas mengenai materi manfaat keanekaragaman hayati. Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diambil dari keanekaragaman hayati tersebut. Apa sajakah itu? Mari kita bahas satu persatu!

Manfaat Keanekaragaman Hayati

1. Sebagai Sumber Pangan, Perumahan, dan Kesehatan

Kehidupan manusia tergantung pada keanekaragaman hayati. Sebenarnya, hewan dan tumbuhan yang kamu manfaatkan saat ini ( misal padi, jagung, ayam, sapi, dan lain-lain) pada zaman dahulu juga merupakan hewan dan tumbuhan liar, yang kemudian dibudidayakan.

Hewan dan tumbuhan liar itu dibudidayakan karena memiliki sifat-sifat unggul yang diharapkan manusia. Sebagai contoh, ayam dibudidayakan karena menghasilkan telur dan daging. Sapi dibudidayakan karena menghasilkan daging dan susu. Padi dibudidayakan karena menghasilkan beras.

Beberapa contoh tumbuhan dan hewan yang memiliki peranan oenting untuk memenuhi kebutuhan pangan, perumahan, dan kesehatan misalnya sebagai berikut:

a. Pangan :

– Berbagai biji-bijian (padi, jagung, kedelai, kacang)
– Berbagai umbi-umbian (ketela, singkong, suwek, garut, kentang)
– Berbagai buah-buahan (pisang, durian, nangka, mangga, rambutan)
– Berbagai hewan ternak (ayam, kambing, sapi)

b. Perumahan : kayu jati, sonokeling, meranti dan kamfer.

c. Kesehatan : kunyit, kencur, temulawak, jahe lengkuas.

2. Sebagai Sumber Pendapatan

agrobiodiversitas-300x187

Keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan. Misalnya untuk bahan baku industri, rempah-rempah, dan perkebunan. Semua itu bisa dijual dan berguna sebagai sumber pendapatan. Bahan baku industry misalnya kayu gaharu dan cendana untuk industri kosmetik, teh dan kopi untuk industry minuman, gandum dan kedelai untuk industri makanan, dan ubi kayu untuk menghasilkan alkohol. Rempah-rempah misalnya lada, vanili, cabai, dan bumbu dapur. Perkebunan misalnya kelapa sawit dan karet.

3. Sebagai Sumber Plasma Nutfah

Hewan, tumbuhan dan mikroba yang saat ini belum diketahui manfaatnya sebaiknya jangan dimusnahkan. Mungkin saja, di masa mendatang akan memiliki peranan yang penting. Contohnya tanaman mimba. Dulu tanaman ini hanya merupakan tanaman pagar namun, saat ini diketahui mengandung zat azadirakhitin yang memiliki peranan anti hama dan anti bakteri.

Adapula ganggang yang memiliki protein tinggi, yang bisa digunakan sebagai sumber makanan masa depan, misalnya Chlorella. Buah pace (mengkudu) yang semula tidak dimanfaatkan, sekarang diketahui memiliki khasiat untuk meningkatkan kebugaran tubuh, mencegah dan mengobati penyakit tekanan darah.

4. Manfaat Ekologi

Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia, keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organism memiliki peranan di dalam ekosistemnya. Peranan ini tidak dapat digantikan oleh jenis yang lain.

Sebagai contoh, burung hantu dan ular di ekosistem sawah merupakan pemakan tikus. Jika kedua pemangsa tersebut dilenyapkan oleh manusia, maka tidak ada yang mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangan tikus meningkat cepat dan di mana-mana terjadi hama tikus.

5. Manfaat Keilmuan

Keanekaragaman hayati merupakan lahan penelitian dan pengembangan ilmu yang sangat berguna untuk kehidupan manusia.

6. Manfaat Keindahan

Keindahan alam tidak terletak pada keseragaman tetapi pada keanekaragaman. Bayangkan bila halaman rumahmu hanya ditanami satu jenis tanaman saja, apakah indah? Tentu akan lebih indah jika ditanami berbagai tanaman seperti mawar, melati, palem, rumput dan anggrek.

Wah, ternyata ada banyak manfaat keanekaragaman hayati dalam hidup kita. Pemanfaatannya yang begitu banyak dan beragam tentu saja dapat mengancam kelestariannya. Untuk itu kita harus bijaksana dalam memanfaatkan keanekaragaman hayati, dengan mempertimbangkan aspek manfaat dan aspek kelestariannya.

Baca juga : tingkat keanekaragaman hayati.

Sekian ya. Semoga bermanfaat. Ayuk like dan share ya! 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*