Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai

Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai

968
1
SHARE

Halo sobat bangkusekolah.com semua. Meneruskan tema sebelumnya mengenai Menghitung Gambar Berskala, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai.

Pernahkah kalian membeli buah jeruk? Semakin banyak buah jeruk yang kalian beli, maka semakin banyak pula uang yang harus kalian keluarkan bukan. Nah, begitu pula sebaliknya, semakin sedikut buah jeruk yang kalian beli, maka semakin sedikit pula uang yang harus kalian keluarkan. Dalam ilmu matematika, kejadian seperti ini biasa disebut dengan perbandingan seharga atau senilai. Lalu bagaimana cara menghitungnya? Simak ulasan berikut ini.

Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai

Dalam menghitung perbandingan seharga atau senilai, kita bisa melalukan dua cara. Pertama berdasarkan nilai satuan. Kedua dengan berdasarkan perbandingan. Untuk cara yang pertama yakni berdasarkan nilai satuan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan berapa harga atau nilai dari setiap satuannya. Berikut contohnya.

Contoh soal.
Toni membeli 10 buah apel dengan harga Rp 15.000,-. Berapakah total harga untuk 25 buah apel?

Jawab.
Untuk menjawab pertanyaan ini kita bisa menggunakan perbandingan seharga atau senilai. Jika total jumlah apel berambah, maka total harga yang harus dikeluarkan juga bertambah.

Harga untuk 10 buah apel adalah Rp 15.000,-
Harga untuk 1 buah apel = Rp 15.000,-/10
Harga untuk 1 buah apel = Rp 1.500,-
Untuk harga 25 buah apel = Rp 1.500,- x 25
Harga untuk 25 buah apel = Rp 37.500,-

Jadi total harga untuk 25 buah apel adalah Rp 37.500,-

Contoh soal yang kami berikan di atas adalah cara mencari perbandingan seharga atau senilai berdasarkan harga atau nilai satuan. Sedangkan untuk cara yang kedua yakni dengan menggunakan cara perbandingan bisa kalian liat pada contoh soal di bawah ini.

Contoh 1 Perbandingan Senilai.
Bu Dian membeli beras sebanyak 10 kg dengan total harga yang harus ia bayar adalah Rp 67.500,-. Berapakah harga yang harus Bu Dian bayar jika ia membeli 15 kg beras berdasarkan harga satuan serta perbandingan.

Jawab.
Berdasarkan harga satuan, pertama-tama kita harus menentukan berapa harga per 1 kg beras. Maka di dapat,

Harga 10 kg beras = Rp 67.500,-
Harga 1 kg beras = Rp 67.500,-/10
Harga 1 kg beras = Rp 6.750,-

Jika harga per 1 kg beras sudah diketahui, maka kita bisa menentukan berapa harga untuk 15 kg beras.

Harga untuk 15 kg beras = Rp 6.750,- x 15
Harga untuk 15 kg beras = Rp 101.250,-

Dan cara yang kedua dengan menggunakan cara berdasarkan perbandingan. Agar lebih mudah dalam mencarinya, ada baiknya kita membuat sebuah table terlebih dahulu.

Massa (Kg) Harga (Rp)
10 67.500
15 x

Berdasarkan table yang sudah kita buat sebagai perbandingan, maka kita peroleh,
X adalah 101.250

Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai
Menghitung Perbandingan Seharga atau Senilai

Jadi total harga 15 kg beras adalah Rp 101.250,-

Dengan kedua cara di atas kita mendapatkan hasil yang sama. Dari 2 contoh soal di atas, dapat kita simpulkan jika perbandingan harga bisa kita selesaikan dengan beberapa cara, antara lain :

1. Menghitung berdasar nilai satuan
2. Menghitung berdasar perbandingan

Di bawah ini kami telah menyiapkan soal tantang perbandingan seharga atau senilai untuk sobat bangkusekolah.com. Semoga kalian lebih paham lagi.

Diana pergi ke Bandara Soekarno Hatta dari rumahnya tepat pukul 08.00. Jarak antara rumah Diana menuju bandara adalah 140 km. Diana mengemudi dengan kecepatan 60 km/jam dengan waktu perjalanan selama 2 jam. Diperjalanan Diana istirahat selama 15 menit karena kelelahan. Agar bisa sampai pukul 10.30, berapa kecepatan minimal kendaraan Diana?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY