Belajar Rumus Integral Tak Tentu Beserta Contoh Soal serta Cara Penyelesaiannya

Halo sobat bangkusekolah.com. Materi pembelajaran kali ini yang akan kita bahas dan pelajari bersama adalah belajar bersama rumus integral tak tentu beserta contoh soal serta cara penyelesaiannya. Yah, kita akan belajar bersama mulai dari apa yang dimaksud dengan integral tak tentu, bagaimana rumusnya , serta bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang ada.

Seperti kita ketahui bersama jika integral merupakan lawan dari turunan atau yang lebih dikenal dengan diferensial. Beberapa orang juga mengenal istilah ini dengan sebutan antiturunan. Sebelum membahasnya lebih lanjut lagi, sobat pasti masih ingat bukan dengan pelajaran turunan? Jika pada rumus turunan kita menurangi 1 nilai pangkat, nah pada integral maka rumus yang digunakan adalah menambah 1 nilai pangkatnya. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan di bawah ini materi seputar integral tak tentu.

Belajar Rumus Integral Tak Tentu Beserta Contoh Soal serta Cara Penyelesaiannya

Definisi Integral Tak Tentu

Integral tak tentu merupakan suatu bentuk dari operasi pengintegralan suatu fungsi yang mana nantinya akan menghasilkan suatu fungsi baru. Nah, fungsi ini belum memiliki nila yang pasti sehingga cara untuk pengintegralan untuk bisa menghasilkan fungsi tak tentu ini disebut dengan integral tak tentu. Jika diketahui f merupakan integral tak tentu dari suatu fungsi F, maka akan kita dapat F’ = f. Nah, proses pemecahan antiderivatifnya adalah dengan antidiferensiasi antiderivatif yang terkait dengan cara Teorema Dasar Kalkulus.

Cara Membaca Suatu Integral Tak Tentu

Sekarang coba sobat perhatikan integral berikut ini.Apa sobat bisa membacanya? Perlu sobat ketahui jika rumus yang sobat baca diatas dikenal dengan rumus Integral Tak Tentu dari Suatu Fungsi f(x) Terhadap Variabel X. Nah sekarang jika sobat sudah bisa membaca rumus Integral Tak Tentu, sekarang kita bisa langsung mulai masuk ke tema Pembahasan Rumus Integral Tak Tentu.

Rumus Integral

Perlu sobat ketahui jika rumus yang kami berikan di atas adalah rumus umum integral. Dan untuk rumus pengembangan integral bisa kalian lihat di bawah ini.

Jika sobat masih merasa kurang dengan rumus yang kami berikan, di bawah ini ada beberapa rumus pengembangan integral tak tentu yang bisa sobat pahami dan pelajari. Berikut beberapa rumus tersebut.

Ok, sekarang sobat sudah pada paham semuakan? Rumus-rumus pengembangan integral tak tentu di atas bisa sobat gunakan jika menemukan beberapa permasalahan seputar integral tak tentu. Nah, jika sobat masih kurang paham dengan apa yang sudah kami jelaskan di atas, sobat bisa mengajukan pertanyaan disini. Jangan sungkan untuk menanyakan apa yang sobat belum pahami. Dan di bawah ini ada beberapa contoh soal yang bisa sobat lihat agar nantinya sobat bisa lebih paham dan lebih mengerti lagi.

Contoh soal

  1. Jika diketahui suatu fungsiTentukan integralnya!

    Jawab :

  2. Diketahui  Maka tentukan Integralnya!

    Jawab:

  3. Diketahui Maka tentukan Integralnya!

    Jawab:

  4. Diketahui  Maka tentukan Integralnya!

    Jawab :

Contoh soal yang kami berikan hanya beberapa contoh saja dari sekian banyak permasalahan mengenai integral tak tentu. Sampai disini saja sobat bangkusekolah.com pembelajaran kita kali mengenai integral tak tentu. Pada kesempatan berikutnya kami akan membahas mengenai integral trigonometri. Namun sebelum itu kembali kami mengingatkan agar sobat terlebih dahulu memahami materi yang ada saat ini agar nantinya pada kesempatan berikutnya sobat bisa benar-benar memahaminya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*