Ekonomi makro ialah suatu bidang ilmu yang fokus terhadap keseluruhan dari adanya kegiatan perekonomian. Jadi, tidak hanya sebatas produsen dan konsumen saja. Tapi, seluruh aspek perekonomian dibahas seperti tindakan konsumen, lembaga keuangan, negara dan lain sebagainya. Tujuan adanya bidang ilmu ini ialah berupaya mengendalikan kegiatan ekonomi supaya bisa tumbuh seimbang.

Secara umum, ada tiga masalah ekonomi makro yang sering dihadapi. Ketiga masalah tersebut ialah :

1. Masalah inflasi

Hampir semua negara di dunia ini mengalami permasalahan inflasi. Tahukah kamu apa itu inflasi. Inflasi merupakan keadaan yang mana harga-harga naik secara terus menerus. Untuk mengatasinya, diperlukan suatu kebijakan khusus. Dampak adanya inflasi ialah menyebabkan menurunnya efisiensi ekonomi, menurunnya pendapatan di antara anggota masyarakat, serta kesempatan memperoleh pekerjaan menurun.

2. Masalah pengangguran

Terjadinya pengangguran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya  karena jumlah pencari kerja lebih banyak dibandingkan dengan ketersediaan pekerjaan. Pada bidang perekonomian, kita bisa mengetahui bagaimana keadaan ekonomi suatu negara apakah sedang dalam tahap kesempatan kerja sedikit atau tidak.

Tingkat kesempatan kerja penuh terjadi ketika semua tenaga kerja sudah dimanfaatkan. Negara Indonesia melakukan program pengendalian pertumbuhan penduduk untuk menekan angka pengangguran. Misalnya dengan cara menggalakkan program KB atau keluarga berencana. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan tingkat pertumbuhan penduduk sehingga pengangguran bisa diatasi dengan baik. Pembangunan ekonomi tidak akan ada artinya jika pertumbuhan suatu penduduk terus meningkat sehingga kesempatan kerja benar-benar sempit.

3. Masalah ketimpangan dalam neraca pembayaran

Apa itu neraca pembayaran? Neraca pembayaran ialah neraca yang berisi mengenai segala transaksi antara warga negara dengan negara selama jangka waktu tertentu. Jadi, ada data transaksi apa saja yang telah terjadi. Biasanya waktu yang digunakan ialah satu tahun. Tidak hanya menyangkut barang-barang saja, tapi neraca pembayaran ini juga mencatat segala transaksi seperti jasa.

Misalnya transaksi jasa ialah biaya transfer dari luar negeri, penanaman modal di luar negeri, serta lainnya. Jika suatu neraca pembayaran tidak seimbang, akan menjadi masalah yang cukup besar bagi suatu negara. Hal ini membuat pemerintah harus turun tangan.

Permasalahan ekonomi makro menyangkut pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, perlu dilakukan suatu tindakan dari pemerintah untuk mengatur keseimbangan antara pertumbuhan penduduk, pertumbuhan kepadatan penduduk, dan dana atau investasi.