Sobat, kemerdekaan Indonesia ditandai dengan adanya proklamasi yang dibacakan oleh bapak plokamator kita yaitu Soekarno Hatta. Kita sering mendengar istilah proklamasi. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Agustus 2017. Lalu, tanggal tersebut dikenal sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Proklamasi merupakan suatu pernyataan bahwa negara Indonesia telah merdeka terbebas dari penjajah. Jadi, proklamasi ini memberitahu kepada semua orang, baik untuk bangsa Indonesia sendiri ataupun dunia luar akan kabar bahwa Indonesia telah meraih kemerdekaan.

Bunyi kalimat pertama isi teks proklamasi ialah “Kami bangsa Indoneisa dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Ada makna yang mendalammengenai proklamasi kemerdekaan tersebut. Apa sajakah itu?

1. Penghapusan tata hukum kolonial

Proklamasi merupakan suatu keputusan bangsa Indonesia untuk menghapus segala tata hukum kolonial. Pada saat itu juga, segala hukum yang menyangkut bangsa Indonesia tidak dipakai lagi. Lalu, sebagai gantinya, Indonesia menggunakan tata hukum nasional.

2. Lepas dari penjajahan

Makna proklamasi yang kedua ialah bangsa Indonesia menyatakan lepas dari segala bentuk penjajahan. Indonesia memulai menata kehidupan baru yaitu sebagai negara Republik Indonesia yang merdeka tanpa ada tekanan dari penjajah yang menyesangrakan rakyat.

3. Memiliki hak merdeka

Indonesia menyatakan sebagai negara yang berhak menentukan nasib sendiri yang seutuhnya ada di tangan bangsa sendiri, bukan di tangan penjajah.

4. Bentuk melawan kolonialisme dan imperialisme

Indonesia ingin membangun negara yang berdaulat penuh sebagai negara yang merdeka. Melalui penyampaian proklamasi kemerdekaan, Indonesia secara terang-terangan ingin melawan kolonialisme dan imperialisme.

5. Sebagai puncak perjuangan rakyat Indonesia

Negara Indonesia sudah lama dijajah oleh bangsa lain. Berbagai macam cara dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk terbebas dari belenggu penjajah. Mereka rela berjuang dengan berkorban jiwa, raga, serta harta benda. Ketika proklamasi kemerdekaan disampaikan, inilah puncak perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Pada akhirnya, kemerdekaan dapat diraih.

6. Bertujuan untuk kebahagiaan seluruh rakyat Indonesia

Ketika proklamasi kemerdekaan diadakan, seluruh rakyat Indonesia bersuka cita. Sudah tidak ada lagi penjajah yang kejam merampas hak asasi manusia. Tidak ada lagi penderitaan akibat ulah penjajah yang tidak berperikemanusiaan.

Begitu mendalam makna proklamasi bagi bangsa Indonesia. Bukan sekedar kata-kata biasa, tapi proklamasi sebagai wujud hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia.