Hai sobat, kali ini kita akan membahas materi pelajaran ekonomi mengenai pengertian permintaan. Pasti istilah permintaan sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi, tahukah kamu apa itu permintaan? Jika belum begitu memahaminya, perhatikan penjelasan berikut ini sehingga kamu akan mengetahuinya dengan jelas.

Seorang tokoh bernama William A. Mc Eachern menulis buku berjudul Pengantar Ekonomi. Dalam buku tersebut, terdapat bangunan kuning di Pensylvania. Nama bangunan tersebut ialah Pecchin S Mart. Kondisi bangunan ini sangat memprihatinkan karena jika hujan datang bocor, tidak ada pembatas di gang-gang sehingga tampak semrawut. Tapi, yang jadi pertanyaan, mengapa banyak orang yang datang ke sana? Jawabannya ialah karena di Pecchin s Mart memiliki hal unik yang dikenal oleh para pedagang selama ribuan tahun. Hal tersebut ialah harga yang diberikan sangat murah. Di tempat tersebut, permintaan sangat tinggi. Permintaan merupakan jumlah barang atau jasa yang diinginkan oleh pembeli dengan tingkat harga dan jangka waktu tertentu.

A. Jenis permintaan

Permintaan dibedakan menjadi tiga, yaitu :

1. Permintaan absolut

Permintaan absolut dipengaruhi oleh daya beli. Namun, daya beli di sini lebih termasuk ke dalam sebuah angan-angan. Jadi, masing-masing orang bisa dipastikan memiliki permintaan absolut.

2. Permintaan potensial

Permintaan potensial merupakan permintaan yang sesungguhnya karena orang akan mewujudkannya dengan uang. Jenis permintaan ini yang sering dijadikan sebagai target iklan.

3. Permintaan efektif

Permintaan efektif merupakan permintaan terhadap suatu produk yang disesuaikan dengan kemampuan si pembeli. Sebagai contoh, Rina akhirnya membeli tas seharga Rp. 50.000.

B. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan

Setelah tahu mengenai jenis-jenis permintaan, sekarang kita cari tahu apa saja faktor yang mempengaruhinya.

1. Harga barang

Permintaan dipengaruhi oleh harga barang. Ini merupakan faktor utama. Barang yang memiliki kualitas bagus namun dijual dengan harga murah akan menjadi barang yang diincar oleh banyak konsumen. Namun, barang yang memiliki kualitas biasa-biasa saja tapi harganya mahal, tentu tidak akan diminati oleh masyarakat.

2. Perubahan harga barang yang berkaitan

Lalu, perubahan harga juga berpengaruh terhadap banyaknya permintaan. Contohnya ketika harga gas naik, maka permintaan akan kompor gas akan mengalami penurunan.

3. Pendapatan masyarakat

Faktor lain yang berpengaruh terhadap permintaan ialah pendapatan masyarakat. Pendapatan yang besar membuat permintaan semakin meningkat. Sebaliknya, permintaan akan semakin kecil jika pendapatan kecil.

4. Populasi penduduk

Permintaan barang di suatu tempat akan semakin meningkat ketika penduduknya banyak.

5. Selera pembeli

Selera pembeli juga berpengaruh terhadap banyaknya permintaan. Contohnya orang lebih senang membeli handphone seiring dengan kemajuan jaman. Jadi, telepon rumah mengalami penurunan permintaan.

Setelah mengetahui pengertian, jenis dan faktor yang memengaruhi adanya permintaan, mari kita lanjut membahas materi mengenai pengertian penawaran di artikel berikutnya. Simak terus ya, sobat!