Sobat, setelah kita mempelajari pengertian dan jenis-jenis gelombang, kali ini kita akan mempelajari lebih detail mengenai gelombang mekanik.

Seperti yang kita tahu, gelombang merupakan getaran yang merambat. Lalu, gelombang mekanik ialah gelombang yang  merambat melalui media. Contohnya ialah gelombang pada tali. Jadi, gelombangnya merambat melalui tali.

Jenis-jenis Gelombang Mekanik

Ada dua jenis gelombang mekanik berdasarkan arah rambat dan getarnya. Jenis tersebut yaitu gelombang transversal dan longitudinal.

  1. Gelombang transversal yaitu gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus dengan arah getarnya. Misalnya gelombang tali.
  2. Gelombang longitudinal yaitu gelombang yang arah rambat dengan arah getarnya sejajar. Misalnya yaitu gelombang pada slinky.

Karakteristik Gelombang Mekanik

Apa saja karakteristik gelombang mekanik? Mari kita bahas mengenai hal ini sehingga kamu akan semakin paham mengenai konsep gelombang mekanik.

1. Panjang Gelombang

1.1 Gelombang Transversal

Pada gambar di atas, ada yang disebut sebagai bukit gelombang, lembah gelombang, bukit gelombang, puncak gelombang dan dasar gelombang.

  • Bukit gelombang yaitu huruf abc dan efg.
  • Lembah gelombang yaitu huruf cde dan ghi.
  • Puncak gelombang yaitu titik huruf b dan f.
  • Dasar gelombang yaitu titik d dan titik h.
  • Satu gelombang ditunjukkan oleh huruf a, b, c, d, e.
  • Panjang satu gelombang (λ = dibaca lamda) ditunjukkan oleh a–e, b–f, c–g, d–h, dan seterusnya.

1.2 Gelombang Longitudinal

Untuk gelombang longitudinal seperti gambar di atas, panjang satu gelombang ialah panjang satu rapatan dengan satu renggangan berikutnya. Bisa juga antar dua rapatan atau antar dua renggangan. Kamu bisa melihatnya pada gambar di atas yang ditunjukkan oleh huruf l.

2. Periode Gelombang

Lambang periode gelombang yaitu T. Periode ini ialah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang.

3. Frekuensi Gelombang

Frekuensi gelombang yaitu jumlah gelombang tiap sekon. Jadi, dalam satu detik, dihitung ada berapa banyak gelombang yang terbentuk.

4. Cepat Rambat Gelombang

Cepat rambat gelombang yaitu jarak yang telah ditempuh oleh gelombang setiap satu detik. Berikut ini rumus yang bisa digunakan:

v = s/t

v = λ/ t

v = λ . f

Keterangan:

s : jarak yang ditempuh dalam t sekon

t : periode (t = T)

Setelah membaca pembahasa di atas, kamu sekarang bisa mengetahui mengenai pengertian gelombang mekanik serta karakteristiknya.