Hai sobat bangkusekolah.com , apakah kamu sudah tahu apa itu pengertian gelombang? Kita sering mendengar gelombang dalam kehidupan sehari-hari seperti gelombang bunyi, cahaya, radio, dan air. Pengertian gelombang ialah suatu rambatan energi getaran.

Mari kita cari tahu lebih dalam mengenai jenis-jenis gelombang supaya lebih paham apa itu gelombang.

Jenis Gelombang

Ada banyak jenis gelombang di alam ini.  Berikut ini pembagian jenis gelombang berdasarkan dengan kemiripan sifat yang dimiliki, yaitu :

  1. Jenis gelombang berdasarkan arah rambat dan arah getar
    1. Gelombang transversal, yaitu gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus terhadap arah getarannya. Misalnya yaitu gelombang air, cahaya dan tali.
    2. Gelombang longitudinal, yaitu gelombang yang memiliki arah rambat sejajar dengan arah getarnya. Misalnya yaitu gelombang bunyi dan pegas.
  2. Jenis gelombang berdasarkan media perambatannya
    1. Gelombang mekanik, adalah gelombang yang memerlukan suatu media untuk merambat. Misalnya yaitu gelombang tali dan bunyi. Sebagai contohnya, bunyi memerlukan media untuk merambat. Bisa melalui udara, air atau media zat padat seperti kayu. Kamu bisa mendengar suara kereta api ketika menempelkan telinga di atas rel besi , padahal jarak kereta masih sangat jauh.
    2. Gelombang elektromagnetik. Gelombang ini tidak memerlukan media untuk merambat. Sebagai contohnya ialah gelombang cahaya, radio dan sinar X.
  3. Jenis gelombang berdasarkan amplitudonya
    1. Gelombang berjalan : amplitudo tetap berjalan
    2. Gelombang Stasioner : amplitudo berubah sesuai dengan posisi.

Mencari Frekuensi Gelombang

  1. Frekuensi gelombang adalah banyaknya gelombang yang terjadi pada satu detik.
  2. Periode gelombang adalah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali gelombang.

Rumus :

f = N/ t

f = l / t

Keterangan :

f = frekuensi (Hz)
N = banyaknya gelombang
t = waktu (s)

Mencari Besaran Cepat Rambat (v)

v = s/t

v = λ/t

Keterangan:
v = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
T = periode (s)

Semoga penjelasan mengenai Pengertian dan Jenis Gelombang dapat membantumu memahami materi pelajaran mengenai gelombang. Ayo baca artikel terkait lainnya sehingga pemahaman mengenai materi gelombang semakin mantap!