Halo Sobat, kamu pastinya sudah tahu bahwa kebutuhan manusia dibedakan menjadi kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Sekarang, kamu perlu mempelajari mengenai alat pemuas kebutuhan. Nah, alat pemuas kebutuhan manusia disebut sebagai produk. Bisa barang, ataupun jasa.

Kategori barang dan jasa bisa dilihat dari wujudnya. Jika bisa dilihat dan diraba, berarti termasuk barang. Jika tidak berwujud, maka disebut sebagai jasa.

Jenis-jenis barang sebagai alat pemuas kebutuhan

Mari kita bahas jenis-jenis barang terlebih dahulu, baru kita lanjutkan mengenai jasa. Ada beragam jenis barang, yaitu :

A. Menurut cara mendapatkannya

Jenis barang menurut cara mendapatkannya ialah dilihat dari besarnya pengorbanan untuk meperolehnya.

  1. Barang ekonomi : dilakukan suatu pengorbanan untuk mendapatkannya, misalnya dengan membayar sejumlah uang. Contoh: mendapatkan makanan dengan membayar uang ke pembeli.
  2. Barang bebas : barang yang ada di alam bebas sehingga tidak dibutuhkan suatu pengorbanan untuk memperolehnya. Contohnya: udara untuk bernapas.
  3. Barang illith : suatu barang yang sangat dibutuhkan manusia. Tapi, jika jumlahnya melebihi yang dibutuhkan, menjadi barang berbahaya. Contohnya air dan api.

B. Menurut kegunaan

Ada dua jenis yaitu :

  1. Barang konsumsi : barang siap digunakan misalnya makanan, pakaian, minuman, dan lain sebagainya.
  2. Barang produksi: barang untuk membuat suatu barang tertentu. Nama lainnya ialah modal. Contohnya mesin jahit untuk membuat pakaian.

C. Berdasarkan produksinya

Jenis barang menurut produksinya yaitu :

  1. Barang mentah ialah bahan dasar yang digunakan untuk memproduksi suatu barang lain melalui proses pengolahan. Misalnya yaitu kapas dan kayu.
  2. Barang setengah jadi yaitu barang yang sudah melalui proses pengolahan, tapi belum bisa digunakan. Contohnya kain.
  3. Barang jadi yaitu barang yang sudah melalui proses pengolahan dan sudah siap digunakan. Contohnya pakaian, sepatu dan lain sebagainya.

D. Berdasarkan hubungannya dengan barang lainnya

Berikut ini kategori barang berdasarkan hubungannya dengan barang lain.

1. Barang substitusi

Barang substitusi ialah barang yang berfungsi sebagai pengganti barang lain. Misalnya gas bisa diganti dengan minyak tanah sebagai bahan bakar memasak.

2. Barang komplementer

Barang komplementer yaitu barang tersebut bisa bermanfaat jika digunakan beserta barang lain. Contohnya mobil dan bensin.

Gimana? Sudah jelas bukan mengenai jenis-jenis barang sebagai alat pemuas kebutuhan manusia?