Hai sobat bangkusekolah.com, apa kabarnya? Semoga tetap semangat belajar.

Pada kesempatan kali ini, sobat bangkusekolah dapat mempelajari mengenai benda tegar dan pengaruh rotasi pada benda tegar. Sebelum membahas mengenai benda tegar lebih lanjut, kamu perlu mengetahui apa itu benda tegar.

Pengertian Benda Tegar

Benda tegar yaitu benda yang tidak mengalami perubahan akibat gaya. Sebenarnya, semua benda dapat berubah bentuk akibat perubahan gaya. Akan tetapi, perubahan yang terjadi pada benda tegar sangat kecil, sehingga keseimbangan statisnya bisa diabaikan.

Untuk memahami apa yang dimaksud sebagai benda tegar, kami berikan contohnya.

Misalnya, ada dua buah batang, terdiri dari besi dan adonan gandum. Kedua benda tersebut jelas memiliki tekstur yang berbeda. Besi sifatnya keras dan adonan gandum memiliki sifat yang lembek.

Ketika kedua benda tersebut diputar dengan memegang salah satu ujungnya, apa yang akan terjadi? Batang besi bentuknya akan relatif tetap. Sementara batang yang terbuat dari adonan gandum akan berubah bentuk. Saat benda ini berputar pada frekuensi tertentu, benda dari adonan gandum akan meregang dan tidak bisa kembali ke bentuk semula. Jadi, benda keras dari besi disebut benda tegar. Lalu, benda yang lunak disebut sebagai benda bukan tegar.

Pengaruh Torsi Terhadap Benda Tegar

Bagaimana? Sudah tahu mengenai benda tegar bukan? Sekarang, apa itu torsi? Berikut ini kita akan membahas mengenai pengaruh torsi pada benda tegar yang dapat dilihat dari jungkat-jungkit berikut.

Kira-kira apa yang akan terjadi jika kamu meletakkan bola di titik A, titik B atau di titik C? Ketika kamu menaruh bola di titik A, kamu akan melihat bahwa batang jungkat jungkit mengguling ke arah yang berkebalikan dengan arah jarum jam.

Lalu, ketika bola ditaruh di titik B, batang tidak mengguling atau tetap. Kemudian, kalau bola ditaruh pada titik C, maka batang akan mengguling dengan gerakan searah dengan putaran jarum jam.

Nah, ketika batang jungkat jungkit itu mengguling, gerakan ini disebabkan oleh pengaruh torsi. Torsi ialah gaya yang memengaruhi suatu benda dengan jarak tertentu terhadap titik pusat benda. Lalu, jarak tegak lurus poros rotasi dengan garis pusat massa benda disebut sebagai lengan momen. Jadi, torsi disimpulkan sebagai hasil kali antara jarak lengan gaya dengan gaya. Berikut rumusnya :

T = F. l

Keterangan:

T : momen gaya (Hm)
F : gaya (N)

l  : lengan gaya (m)

Bagaimana? Sudah tahu kan apa itu benda tegar dan bagaimana pengaruh rotasi dengan benda tegar? Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu ya sobat.