Sebagaimana kita tahu bahwa kebutuhan ialah segala sesuatu yang dibutuhkan dan harus dipenuhi oleh manusia agar mendapatkan kehidupan yang layak.

cowok-cewek

Jenis kebutuhan manusia bisa berupa benda atau jasa. Ketika kebutuhan manusia bisa terpenuhi, maka kepuasan jasmani maupun rohani akan diraih. Dan tentunya Tentunya kebutuhan manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Untuk itu mari kita bahas faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

1. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

A. Keadaan Alam (Tempat)

Kebutuhan manusia dipengaruhi oleh keadaan alam (tempat). Misalnya, orang yang tinggal di daerah kutub akan membutuhkan pakaian yang tebal untuk menahan hawa dingin. Namun, hal berbeda akan terjadi jika kita tinggal di daerah tropis karena cukup hanya dengan memakai pakaian yang tipis. Dengan begitu, kita bisa tahu bahwa keadaan alam akan mendorong manusia untuk menginginkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat dia tinggal.

B. Agama dan Kepercayaan

Selain keadaan alam, agama dan kepercayaan juga memengaruhi kebutuhan manusia. Sebagai contoh, Agama islam melarang umatnya untuk memakan daging babi, sedangkan orang yang beragama Hindu dilarang makan sapi. Dengan adanya larangan agama yang berbeda ini, maka manusia akan membutuhkan alat pemenuhan kebutuhan yang disesuaikan dengan aturan agama masing-masing.

Selain itu, agama atau kepercayaan juga akan memengaruhi kebutuhan yang lain. Ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, orang akan membutuhkan pakaian muslim lebih banyak. Sedangkan ketika menjelang Hari Raya Natal, kebutuhan pohon natal dan bingkisan natal akan meningkat. Inilah bukti bahwa agama dan kepercayaan akan berpengaruh terhadap jenis kebutuhan manusia.

C. Adat Istiadat

Kemudian, adat istiadat akan berpengaruh terhadap kebutuhan manusia. Manusia akan memiliki tujuan sesuai dengan adat atau tradisi yang berlaku. Masing-masing daerah memiliki tradisi yang berbeda. Hal ini akan memengaruhi ragam kebutuhan manusia. Sebagai contohnya, upacara perkawinan masing-masing daerah berbeda. Upacara pernikahan di Jawa Tengah memiliki ritual yang berbeda dengan upacara pernikahan di Sumatera Barat. Dengan begitu, kebutuhan pun berbeda.

D. Tingkat Peradaban

Kebutuhan manusia berbanding lurus dengan tingginya tingkat peradaban. Dulunya, kebutuhan manusia masih sedikit ketika masih di zaman purba. Berbeda dengan sekarang. Seiring perkembangan peradaban, kebutuhan manusia akan meningkat. Contohnya, dulu manusia tidak butuh mobil atau sepeda motor. Namun saat ini diperlukan karena bisa mempercepat waktu sampai tempat tujuan.

 

2. Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Ada berbagai macam kebutuhan manusia. Berikut ini berbagai macam kebutuhan yang harus kamu tahu.

A. Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

  1. Kebutuhan Primer, kebutuhan utama seperti makanan dan minuman, pakaian dan tempat tinggal.
  2. Kebutuhan Sekunder, kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Misalnya pendidikan, alat tulis, meja kursi, dan sebagainya.
  3. Kebutuhan Tersier, kebutuhan mewah seperti perhiasan, rumah mewah, dan mobil.

B. Kebutuhan Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

  1. Kebutuhan Jasmani, kebutuhan yang diperlukan oleh fisik atau badan manusia. Misalnya kebutuhan makanan dan minuma, pakaian , alat olahraga dan sebagainya.
  2. Kebutuha Rohani, kebutuhan yang dapat memberikan rasa puas pada rohani atau jiwa. Misalnya ialah perhatian dan kasih sayang dari orang tua, rekreasi ke tempat wisata, dan sebagainya.

C. Kebutuhan Berdasarkan Subjek yang Membutuhkan

  1. Kebutuhan Individual, kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan seseorang secara pribadi. Hobi, keinginan, jenis pekerjaan, dan pendidikan akan memengaruhi tingkat kebutuhan individual. Contohnya yaitu kebutuhan pelajar yaitu buku pelajaran dan alat tulis, kebutuhan nelayan ialah perahu dan jala.
  2. Kebutuha Kolektif, kebutuhan yang manfaatnya dirasakan banyak orang. Kebutuhan ini berkaitan erat dengan kesejahteraan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kemakmuran masyarakat. Contohnya yaitu kebutuhan paduan suara atau tim olah raga, jalan bagi pengguna jalan, dan pasar untuk jual beli.

D. Kebutuhan Berdasarkan Pemenuhannya

  1. Kebutuhan Sekarang, Contohnya yaitu kebutuhan obat untuk orang sakit. Kebutuhan ini harus disegerakan karena bila ditunda bisa mengakibatkan kerugian.
  2. Kebutuhan Masa Depan, kebutuhan yang masih bisa ditangguhkan untuk memenuhinya. Misalnya menabung untuk biaya pendidikan, atau membeli rumah.

E. Kebutuhan Berdasarkan Wujud

  1. Kebutuhan Material, wujudnya nyata sehingga bisa dinikmati langsung. Misalnya makan nasi akan merasa nikmat dan kenyang, minum air akan menghilangkan haus, dan sebagainya.
  2. Kebutuhan Spiritual, kebutuhan yang tidak berwujud. Misalnya orang Islam bersembahyang di Masjid, orang Kristen di Gereja dan sebagainya.

 

Demikianlah pembahasan mengenai kebutuhan hidup manusia. Bagaimana, sekarang kamu sudah tahu kan bahwa kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan berbeda-beda karena ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Terima kasih atas kunjungannya ke bangkusekolah.com. Yuk jangan lupa like dan share sehingga teman-teman yang lain bisa membaca ulasan ini.