Hai sobat bangkusekolah.com, tentunya kamu sudah tahu bahwa manusia selalu berusaha melakukan berbagai cara agar bisa memenuhi kebutuhannya

Akan tetapi, sering terjadi masalah karena terbatasnya persediaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan yang semakin bertambah. Oleh sebab itu setiap orang harus berpikir kreatif dan inovatif untuk mengatasi masalah dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

14294534891092242205

A. Pengertian Kreativitas

Kreativitas merupakan kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru, berguna dan dapat dimengerti, David Campbell

Kreativitas yaitu kemampuan membuat kombinasi-kombinasi baru yang bernilai sosial, W. Haefal

Kreativitas merupakan kemampuan untuk menghubungkan dan mengaitkan, kadang-kadang dengan cara-cara yang ganjil, namun mengesankan, dan ini merupakan dasar pendayagunaan kreatif dari daya rohani manusia dalam bidang atau lapangan manapun, George J. Seidel

Kreativitas adalah penggabungan ide-ide, Jaques Hadamard

Berdasarkan pengertian kreativitas yang telah disebutkan oleh beberapa tokoh di atas, dapat ditarik beberapa kata kunci tentang kreativitas, antara lain sebagai berikut :

  1. Baru : belum ada sebelumnya. Seseorang dapat dikatakan kreatif jika dia bisa menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya.
  2. Berguna : memiliki manfaat yang lebih praktis, mudah dari sebelumnya.
  3. Dapat dimengerti : dapat dimengerti dan dapat dibuat di lain waktu.
  4. Kombinasi : dapat dilahirkan dengan kombinasi atau perpaduan beberapa cara sehingga dihasilkan metode yang baru.
  5. Menghubungkan dan mengaitkan : jika dapat dihubungkan dan dikaitkan dengan hal-hal sebelumnya maka disebut kreativitas.
  6. Lapangan manapun : siapa saja bisa menciptakannya tanpa memandang status.

Oleh sebab itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa kreativitas merupakan kemampuan melakukan kombinasi sumber daya yang menghasilkan barang atau jasa yang sifatnya baru, bermanfaat, dan dapat memenuhi kebutuhan manusia. Lalu, inovasi yaitu pengenalan hal-hal baru.

B. Ciri-Ciri Orang Kreatif

Ada tiga jenis pengelompokan cirri-ciri orang kreatif menurut David Campbell yaitu :

1. Ciri-ciri Pokok

  • Menciptakan ide
  • Menyelesaikan masalah
  • Menemukan cara-cara yang belum ada sebelumnya
  • Penemuan

2. Ciri-ciri yang Memungkinkan

Cirinya yaitu dengan ditandai dalam mempertahankan ide. Hal ini bisa dilakukan dengan cara :

  • Kemampuan Bekerja Keras
  • Berpikir Mandiri
  • Pantang Menyerah

3. Ciri-ciri Sampingan

Ciri ini tidak langsung berhubungan dengan penciptaan atau menjaga ide-ide yang sudah ditemukan agar tetap lestari dan mempengaruhi tindakan orang-orang yang kreatif.

C. Pengembangan Kreativitas dan Inovasi

Sebenarnya setiap orang memiliki potensi kreatif yang terpendam. Untuk itu setiap orang perlu mengembangkan daya kreativitas dan inovasinya agar bisa sukses. Tentu saja, kreativitas tidak akan datang begitu saja tanpa adanya proses belajar yang terus-menerus.

Lingkungan merupakan salah satu faktor penting untuk menumbuhkan daya kreativitas pada seseorang. Daya kreativitas dan inovasi bisa tumbuh dengan dikembangkan melalui cara melihat, melakukan dan berlatih. Untuk itu kita perlu melihat sesuatu yang ingin kita kerjakan.

Contohnya, misalnya ketika kamu melihat ada banyak sampah botol plastik berserakan, kamu mempunyai ide untuk mengubahnya ke bentuk lain seperti pot bunga, penutup kue, dan sejenisnya. Pada awalnya mungkin tidak akan sempurna. Namun dengan latihan yang terus menerus, maka akan terjadi perubahan bentuk yang diinginkan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Berikut ini mental orang kreatis menurut Julius Chandra

  1. Hasrat : mempunyai hasrat untuk mengubah segala sesuatu disekelilingnya menjadi lebih baik.
  2. Kepekaan :bersikap peka terhadap segala sesuatu.
  3. Minat : mempunyai minat untuk menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya.
  4. Rasa Ingin Tahu : selalu memiliki rasa ingin tahu agar jelas dan berguna demi perkembangannya.
  5. Berpikir Mendalam : selalu berpikir mendalam untuk menghasilkan pemahaman yang lebih utuh.
  6. Konsentrasi : dapat berkonsentrasi atas sesuatu yang ditekuninya agar dapat menguasai pekerjaannya.
  7. Siap Mencoba dan Melaksanakan: selalu berusaha mencoba dan melakukan segala sesuatu sampai berhasil.
  8. Kesabaran : memiliki kesabaran dan ketelatenan.
  9. Optimisme : bersikap optimis dan bergairah serta percaya diri.
  10. Mampu Bekerjasama: orang yang memiliki daya kreativitas mampu melakukan kerjasama dengan baik bersama dengan orang lain.

D. Hasil Kreativitas dan Inovasi di Bidang Produksi

Hasil kreativitas merupakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya. Barang-barang hasil kreativitas akan diakui oleh masyarakat dan bernilai ekonomi. Contohnya yaitu keramik, kerajinan topeng, batik dan kosmetik. Benda-benda itu merupakan contoh hasil daya kreativitas yang berasal dari masyarakat dalam negeri. Sedangkan barang-barang hasil kreativitas yang berasal dari luar negeri misalnya handphone, mobil, motor, komputer, dan pesawat terbang.

Yah, demikian penjelasan singkat mengenai pengertian kreativitas. Sobat bangkusekolah.com harus berusaha untuk mengeluarkan potensi daya kreativitas yang dimiliki agar bisa menjadi orang yang bermanfaat ya. Yuk jangan lupa like dan share.