Hai sobat bangkusekolah.com, pernahkan kamu membayangkan tulang-tulang yang menyusun tubuh kita? Tubuh memiliki bentuk sedemikian rupa karena ada tulang pembentuknya.
Nah, coba perhatikan gambar tulang manusia berikut ini!

tulang-rangka-tubuh-manusia-fungsi-dan-macamnya1 Berikut ini beberapa fungsi rangka tubuh bagi manusia:
1. Memberi bentuk tubuh
2. Sebagai penopang tubuh
3. Dapat melindungi organ-organ dalam
4. Sebagai alat gerak pasif
5. Sebagai tempat melekatnya otot

Bagian Tulang Penyusun Rangka Tubuh

Pada dasarnya, ada tiga bagian tulang penyusun rangka tubuh. Ketiga bagian tersebut ialah tulang tengkorak, tulang anggota badan dan tulang anggota gerak.

  1. Tulang Tengkorak
    Tulang tengkorak ini sebagian besar bentuknya pipih. Ada beberapa bagian yang dilindungi tulang tengkorak diantaranya yaitu mata, otak dan organ lainnya.
    Bagian-bagian tulang tengkorak yaitu tulang pipi, tulang rahang, tulang baji dan tulang pelipis.
    Perhatikan tulang tengkorak berikut ini agar lebih jelas!
    tulang-tengkorak
  2. Tulang Anggota Badan
    Tulang anggota badan terdiri atas tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada dan gelang panggul. Fungsi tulang anggota badan ialah melindungi organ-organ vital yang lunak seperti paru-paru, jantung, ginjal dan sebagainya.

    • Tulang Belakang
      Tulang belakang memiliki beberapa tulang yang kuat dan fleksibel. Ada sebanyak 33 ruas, diantaranya 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang (sacrum) dan 4 ruas tulang ekor. Perhatikan gambar tulang belakang berikut ini!
      rangka-manusia-3
    • Tulang Dada
      Letak tulang dada ialah di dekat tulang rusuk. Tepatnya, berada pada tengah-tengah dada. Penyusun tulang dada ialah hulu, badan, dan taju pedang.
    • Tulang rusuk
      Terdapat 24 buah atau 12 pasang tulang rusuk pada manusia. Adapun fungsi tulang rusuk manusia yaitu melindungi organ-organ dalam, yaitu jantung dan paru-paru. Tulang rusuk ini terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.
    • Tulang Panggul
      Letak tulang panggul ialah pada ujung bawah tulang belakang. Terdapat 2 tulang usus, 2 tulang kemaluan, dan 2 tulang duduk.
  3. Tulang anggota gerak
    Terdapat dua bagian tulang anggota gerak pada manusia. Yang pertama yaitu tulang anggota gerak bagian atas (tangan) dan yang kedua ialah tulang anggota gerak bagian bawah (kaki). Tangan dan kaki tersusun atas beberapa tulang.
    Tulang anggota gerak atas terdiri dari tulang lengan atas, tulang pengumpil dan tulang hasta. Kemudian tulang anggota gerak bawah terdiri atas tulang paha, tulang betis, dan tulang kering.
    Berikut ini gambar tulang penyusun anggota gerak bagian atas dan tulang penyusun anggota gerak bagian bawah.tulang-penyusun-anggota%0agerak-bagian-atas-dan-bawah

 

Macam-Macam Tulang

Macam-macam tulang dibedakan atas jenis dan bentuknya. Berikut ini uraiannya.

  1. Jenis-Jenis Tulang
    Pada dasarnya, tulang dibedakan menjadi dua yaitu tulang keras dan tulang rawan (kartilago). Kedua tulang tersebut memiliki perbedaan berdasarkan bahan penyusunnya.

    • Tulang keras : tulang ini memiliki bahan campuran antara kalsium dan kolagen. Contohnya yaitu tulang tengkorak, tulang tangan dan tulang kaki.
    • Tulang rawan : tersusun atas sel-sel tulang rawan yang memiliki sifat lentur dan kenyal. Contohnya yaitu tulang hidung dan tulang telinga.
  2. Bentuk Tulang
    Banyak tulang yang menyusun tubuh kita. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 4 jenis. Berikut ini penjelasannya:

    • Tulang Pipa
      Tulang pipa memiliki bentuk seperti pipa. Bentuknya panjang dan terdapat lubang di tengah. Misalnya yaitu tulang paha, tulang betis dan tulang lengan.
    • Tulang Pendek
      Tulang pendek memiliki bentuk yang pendek. Sifat tulang ini yaitu ringan dan kuat. Meskipun bentuknya pendek, tulang ini kuat karena mampu menahan beban yang cukup berat seperti tulang pergelangan tangan, telapak kaki dan telapak tangan.
    • Tulang pipih
      Sesuai dengan namanya, bentuk tulang ini berbentuk pipih. Misalnya yaitu tulang penyusun tengkorak, tulang rusuk dan tulang dada.
    • Tulang tidak beraturan
      Tulang tidak beraturan merupakan kumpulan dari berbagai tulang. Misalnya tulang wajah dan tulang yang ada pada ruas-ruas tulang belakang.

Setelah membaca uraian materi ini, dapatkah kamu menjawab soal-soal di bawah ini?

1. Apakah fungsi rangka tubuh bagi manusia?
2. Bisakah kamu menyebutkan contoh tulang yang termasuk tulang rawan?
3. Apa penyusun tulang keras?
4. Sebutkan jenis tulang berdasarkan bentuknya!
5. Sebutkan tulang yang termasuk pada kelompok tulang belakang!

Demikianlah pembahasan mengenai tulang penyusun rangka. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Agar teman-temanmu bisa mendapatkan manfaat dari rangkuman materi ini, yuk share ke yang lainnya! Jangan lupa untuk memberi like ya! Terima kasih sobat…