Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Sahabat bangkusekolah.com, setelah pada kesempatan yang lalu kita membahas tentang pengertian pendapatan nasional, kali ini kita akan membahas tentang manfaat perhitungan pendapatan nasional. Tahukah kamu apa tujuan perhitungan nasional? Perhitungan nasional memiliki tujuan untuk mendapatkan data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara selama satu periode.

Manfaat perhitungan pendapatan nasional.

Bisa ditinjau lebih jauh lagi, manfaat yang dapat diperoleh dari perhitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut:

peng+pen

A. Mengetahui dan Menelaah Struktur Perekonomian

Data pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu Negara industry, pertanian, atau jasa. Contohnya, berdasarkan perhitungan pendapatan nasional dapat diketahui bahwa Indonesia termasuk Negara pertanian atau agraris, Jepang merupakan Negara industri, singapura termasuk Negara yang unggul do sektor jasa, dan sebagainya.

Di samping itu, data pendapatan nasional juga dapat digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional, misalnya sektor pertanian, perdagangan, pertambangan, industri, jasa dan sebagainya.

B. Membandingkan Kemajuan Perekonomian dari Waktu ke Waktu

Umumnya data pendapatan nasional dibuat setiap tahun sehingga dapat digunakan untuk membandingkan besarnya pendapatan nasional suatu Negara dari tahun ke tahun. Perbandingan dilakukan biasanya tidak hanya berdasarkan pada harga yang berlaku, tetapi juga dengan metode perbandingan data berdasarkan harga tetap atau konstan, dengan menggunakan sebuah tahun dasar sebagai tolak ukur.

Hal ini disebabkan karena perbandingan pendapatan nasional berdasarkan harga berlaku mungkin saja terkena pengaruh inflasi, sehingga setiap kenaikan yang terjadi bisa jadi disebabkan oleh adanya inflasi dari tahun ke tahun. Dengan menggunakan metode harga konstan, maka kita akan dapat melihat gambaran pendapatan nasional yang sebenarnya (riil).

C. Membandingkan Perekonomian Antarnegara atau Antar Daerah

Data perhitungan pendapatan nasional selain dapat digunakan untuk membandingkan perekonomian suatu Negara dengan Negara lain, juga dapat digunakan untuk membandingkan perekonomian antara suatu daerah atau propinsi dengan daerah atau propinsi lainnya. Perhitungan ini berguna untuk menilai seberapa jauh ketertinggalan atau kemajuan perekonomian suatu Negara atau daerah dibandingkan dengan Negara atau daerah lainnya.

D. Sebagai Landasan Perumusan Kebijakan Pemerintah

Data pendapatan nasional dapat digunakan sebagai landasan atau pedoman bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan perekonomian. Dengan mengetahui kontribusi masing-masing sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional berikut kemajuan atau kemundurannya, maka pemerintah dapat melihat sektor mana yang masih dapat digali potensinya, sektor mana yang harus mendapatkan prioritas, sehingga pemerintah dapat menentukan kebijakan apa yang harus diambil untuk memperbaiki situasi perekonomian.

Dari penjelasan di atas, sahabat bangkusekolah sudah mengetahui bahwa banyak manfaat yang bisa diambil dari perhitungan pendapatan nasional dalam segala komponennya. Hal ini juga sangat berguna untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. Jika sebuah Negara memiliki pendapatan Negara yang tinggi, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraannya juga tinggi, begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi, jika melihat hanya pada satu faktir itu saja, tentu juga belum cukup untuk menghitung kesejahteraan sebuah masyarakat di suatu Negara. Untuk menentukannya, kita harus menggunakan pendapatan perkapita. Pendapatan perkapita adalah perhitungan dengan membandingkan pendapatan Negara dengan pendapatan yang didapatkan oleh warga negaranya. Jika ada sebuah Negara yang memiliki pendapatan nasional yang banyak, namun jumlah penduduknya sangat banyak, hal ini tidak akan memiliki arti bagi kesejahteraan negaranya. Kesejahteraan sebuah Negara bisa terjadi ketika pendapatan nasionalnya memiliki perbandingan yang seimbang dengan jumlah penduduknya.

Cukup sekian penjelasan mengenai manfaat pendapatan nasional. Semoga sahabat bangkusekolah.com bisa mengambil intisarinya sehingga bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya. Terima kasih atas kunjungannya ke bangkusekolah.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*