Struktur Tumbuhan

Struktur Tumbuhan

Saat kamu duduk di kelas 7, kamu sudah belajar mengenai organisasi kehidupan yang dimulai dari sel. Sekumpulan sel yang sama akan membentuk jaringan dan beberapa jaringan akan membentuk organ. Nah, organ-organ membentuk satu tumbuhan utuh yang dapat melakukan berbagai aktivitas sebagai tumbuhan.

struktur-dan-fungsi-organ-pada-tumbuhan

A. Jaringan pada Tumbuhan

Ada berbagai macam jaringan pada tumbuhan, di antaranya yaitu jaringan meristem, jaringan pelindung, jaringan pengangkut, jaringan penyokong dan jaringan dasar. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

  1. Jaringan Meristem

    Jaringan meristem ialah jaringan muda yang sel-selnya selalu aktif membelah diri untuk membentuk struktur primer pada tumbuhan. Jaringan ini terdapat pada bagian ujung batang dan ujung akar.

  2. Jaringan Pelindung

    Jaringan pelindung disebut sebagai epidermis. Fungsi jaringan ini yaitu untuk melindungi permukaan tumbuhan di bawahnya. Penyusun jaringan epidermis ialah sel-sel yang rapat menutupi seluruh permukaan tubuh tumbuhan. Jaringan epidermis membentuk lapisan lilin antiair untuk mencegah penguapan yang berlebihan. Lapisan lilin ini disebut juga kutikula.

  3. Jaringan Pengangkut

    Jaringan pengangkut memiliki fungsi sebagai pengangkut zat-zat yang ada di dalam tubuh tumbuhan. Jaringan ini juga disebut sebagai jaringan pembuluh yang terdiri atas floem dan xylem. Jaringan floem berguna mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Adapun xylem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.

  4. Jaringan Penyokong

    Jaringan ini berfungsi sebagai penguat atau penyokong tumbuhan. Jaringan kolenkim dan sklerenkim merupakan contoh jaringan penyokong. Jaringan ini memiliki dinding yang tebal. Apakah kamu pernah memegang tempurung kelapa? Kerasnya tempurung kelapa ini akibat dari adanya jaringan sklerenkim.

  5. Jaringan Dasar

    Jaringan dasar atau jaringan parenkim mengisi ruang antar jaringan. Jaringan ini terdapat pada hampir semua bagian tumbuhan, seperti batang, daun dan akar. Jaringan parenkim di daun disebut mesofil yang terdiri dari palisade dan spons. Mesofil mengandung kloroplas. Tempat ini berlangsung sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.

 

B. Organ pada Tumbuhan

Sekarang saatnya kita mempelajari mengenai organ-organ pada tumbuhan. Organ pada tumbuhan tidak sebanyak organ yang ada pada manusia. Organ tumbuhan terdiri dari 4 bagian yaitu akar, batang, daun dan bunga. Yuk kita simak pembahasan di bawah ini.

  1. Akar

    Akar sangat penting bagi tumbuhan. Akar berfungsi sebagai tempat melekatnya tumbuhan di tempat hidupnya dan untuk penyerapan air dan mineral dari tanah. Pada beberapa jenis tumbuhan, akar juga memiliki fungsi lain. Misalnya sebagai pertukaran udara seperti pada tumbuhan beringn, untuk menyimpan cadangan makanan seperti pada tumbuhan singkong, wortel dan lobak.

    Ketika mengamati akar, terdapat bulu-bulu halus di permukaannya. Bulu halus ini disebut sebagai bulu akar yang berfungsi menyerap air dan mineral dari dalam tanah.

  2. Batang

    Batang juga merupakan organ yang penting dalam tumbuhan. Batang ini bisa tumbuh tinggi menjulang. Hal ini karena adanya sinar matahari yang cukup. Batang ialah saluran penghubung agar air dan mineral yang diserap akar dapat sampai ke daun. Begitu pula sebaliknya, agar hasil-hasil fotosintesis yang dihasilkan daun dapat sampai ke akar.

    Batang pada beberapa jenis tumbuhan memiliki fungsi yang lainnya. Misalnya, batang sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan air. Contohnya yaitu tebu, kaktus, dan kentang. Kemudian, batang juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan membentuk tunas pada pisang dan lengkuas.

    Tumbuhan monokotil dan dikotil memiliki perbedaan batang. Struktur jaringan pembuluhnya juga berbeda. Pada tumbuhan dikotil, berkas pengangkut pada batang tersusun melingkar seperti cincin. Namun, pada tumbuhan monokotil, berkas pengangkutan tersebar tidak beraturan.

  3. Daun

    Daun merupakan bagian tumbuhan yang berguna sebagai tempat terjadinya fotosintesis. Fotosintesis terjadi di palisade maupun spons atau bunga karang. Daun memiliki zat hijau daun atau klorofil sehingga bisa menyerap energi dan sinar matahari dengan baik.

    Daun pada jenis tumbuhan tertentu berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Misalnya pada tumbuhan cocor bebek. Lalu, daun juga berguna sebagai tempat cadangan air dan makanan seperti pada tumbuhan lidah buaya.

  4. Bunga

    Ada berbagai jenis tumbuhan yang memiliki bunga indah seperti mawar, anggrek dan dahlia. Namun, ada juga beberapa tumbuhan yang memiliki bunga dengan warna yang tidak mencolok misalnya bunga pada rerumputan.

    Pada bunga, terdapat serbuk sari dan bakal biji. Benang sari menghasilkan serbuk sari. Sedangkan bakal biji ada pada putik. Alat kelamin jantan pada tumbuhan ialah benang sari, sementara alat kelamin betinanya ialah putik. Ketika serbuk sari jatuh ke kepala putik, serbuk sari akan mengeluarkan sperma. Sel sperma inilah yang selanjutnya akan membuahi sel telur yang tersimpan di dalam bakal biji.

     

     

Demikianlah penjelasan mengenai struktur tumbuhan. Ternyata, tumbuhan memiliki organ-organ penyusunnya yang memiliki peranan penting. Semoga setelah membaca uraian ini, kamu memahami mengenai materi struktur pada tumbuhan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*