Makanan dan Fungsinya

Makanan dan Fungsinya

Sudahkah kamu makan hari ini? Makanan apa saja yang kamu makan? Tentunya, kita makan makanan yang beragam jenisnya setiap hari seperti nasi, mie, tahu, ikan, daging, sayuran, dan buah-buahan.

pengertian-makanan-dan-fungsinya

Makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat-zat tersebut ialah mineral, karbohidrat, lemak, vitamin, dan protein. Makanan sumber energi terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein. Sedangkan makanan non energi yaitu vitamin dan mineral.

  1. Karbohidrat

    Karbohidrat ialah nama umum untuk bahan-bahan makanan yang mengandung unsur karbon (C) , hidrogen (H ), dan oksigen (O). Ada berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya yaitu gula, tepung atau amilum, dan serat atau selulosa.

    Karbohidrat merupakan zat makanan yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Apakah kamu bisa menyebutkan jenis makanan apa yang mengandung karbohidrat?

    Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Jadi, manusia memerlukan zat ini dalam jumlah yang besar. Karbohidrat yang kamu makan ialah molekul besar sehingga perlu dicerna terlebih dahulu oleh alat-alat pencernaan pada tubuh.

  2. Lemak

    Unsur penyusun lemak sama seperti penyusun karbohidrat yaitu terdiri dari karbon (C) , hidrogen (H ), dan oksigen (O). Meskipun unsur pembentuknya sama, namun susunan unsur tersebut berbeda. Lemak memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Selain sebagai sumber energy, lemak juga berfungsi sebagai penyusun membrane sel, pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai cadangan makanan bagi tubuh.

    Umumnya, lemak bisa diperoleh dari tumbuhan dan hewan. Jadi, ada dua jenis lemak, yaitu lemak nabati yang berasal dari tumbuhan dan lemak hewani yang berasal dari hewan. Contoh bahan makanan yang mengandung lemak nabati yaitu kacang-kacangan dan minyak goreng. Sedangkan contoh makanan yang termasuk lemak hewani yaitu daging dan susu. Selain contoh tersebut, dapatkah kamu menyebutkan jenis bahan makanan lain yang mengandung lemak nabati dan lemak hewani?

    Lemak juga merupakan molekul yang besar sehingga perlu dicerna oleh sistem pencernaan manusia agar bisa diserap oleh tubuh.

  3. Protein

    Protein tersusun atas karbon (C) , hidrogen (H), oksigen ( O), dan nitrogen (N). Protein memiliki peranan penting bagi tubuh. Protein berguna untuk pertumbuhan dan pengganti sel-sel yang rusak. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai pembangun enzim. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein karena sangat bermanfaat bagi tubuh. Terutama saat ini kamu sedang dalam masa pertumbuhan. Ukuran molekul protein cukup besar sehingga harus dicerna terlebih dahulu agar tubuh bisa menyerapnya.

  4. Vitamin

    Vitamin merupakan zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk kelancaran proses-proses di dalam tubuh. Meskipun tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah yang kecil, fungsi tubuh akan terganggu bila kekurangan vitamin.

    Pada dasarnya, vitamin dikelompokkan menjadi vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang tak larut dalam lemak. Jenis vitamin yang larut dalam lemak ialah vitamin A, D, E dan K. Kemudian, jenis vitamin yang tak larut dalam lemak ialah vitamin B dan C.

    Berikut ini fungsi vitamin :

    • Vitamin A

      Pembentukan pigmen penglihatan, memelihara jaringan epitek. Jika kekurangan vitamin A bisa mengalami rabun senja dan kulit kasar.

    • Vitamin B1

      Pembentukan enzim. Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan penyakit beri-beri dan gangguan saraf.

    • Vitamin B2

      Berfungsi membantu metabolisme karbohidrat. Gangguan pertumbuhan dan kulit dialami oleh seseorang yang kekurangan vitamin ini.

    • Vitamin B6

      Membantu pembentukan enzim untuk metabolisme lemak. Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan penyakit dermatitis dan gangguan saraf.

    • Vitamin B12

      Membantu pembentukan inti sel. Kekurangan vitamin B12 bisa terkena anemia.

    • Vitamin C

      Dibutuhkan untuk kolagen dan jaringan ikat. Orang yang kekurangan Vitamin C visa terkena sariawan, gangguan jaringan ikat, dan skorbut.

    • Vitamin D

      Berguna untuk membantu penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D bisa terkena gangguan tulang dan rickets.

    • Vitamin E

      Untuk pertumbuhan dan menjaga sel darah merah.

    • Vitamin K

      Membantu dalam pembekuan darah. Jika kekurangan vitamin K, darah akibat luka sulit membeku.

    Ukuran molekul vitamin relatif kecil sehingga tidak perlu melalui tahapan pencernaan.

  5. Mineral

    Mineral merupakan bahan-bahan anorganik atau tak hidup. Mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan struktur tubuh. Misalnya, kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi, zat besi untuk pembentukan hemoglobin, natrium untuk proses kontraksi otot, serta fosfor untuk proses pembentukan energi dalam sel.

    Contoh minuman yang mengandung mineral ialah susu. Mineral langsung diserap oleh tubuh tanpa melalui proses pencernaan.

Setelah membaca uraian mengenai makanan dan fungsinya, kamu menjadi tahu bahwa ada jenis makanan yang harus dicerna terlebih dahulu agar tubuh bisa menyerapnya seperti karbohidrat, lemak dan protein. Sementara ada jenis makanan yang tidak perlu melalui proses pencernaan agar tubuh bisa menyerapnya, misalnya vitamin dan mineral.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*