Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium

Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium

125
0
SHARE

Pagi bangkusekolah.com, semoga sehat selalu pastinya. Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas tentang “Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium“. Sebelum masuk ke bahasan kali ini sobat harus tahu dahulu bangun datar itu apa? Nah, Kalau belum tahu sobat cari arti atau definisinya, ciri-ciri bangun datar, bentuk bangun datar. Bahasan kita bahas kali ini pasti ada kaitannnya dengan materi sebelumnya. Ingat ya sobat jangan lupa pada materi sebelumnya karena materi bentuk bangun datar trapesium sangat penting sekali untuk bahasan kita ini.

Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium

Coba sobat amatilah bentuk-bentuk apa saja yang ada didalam kehidupan sehari-hari, di antaranya kita melihat atap rumah adat ada yang berbentuk trapesium. Dalam bahasan kali ini sobat harus sudah memahami materi sebelumnya, Supaya gampang dalam pembahasannya kali ini. Ok supaya tidak terlalu lama dan bingung kita langsung saja ke materi yang akan kita bahas kali ini.

Dari beberapa pengamatan suatu benda atau karya seni yang terdapat pada atap rumah dan berbentuk bangun datar trapesium, seperti gambar yang ada di bawah ini.

gmbr1Perhatikan gambar yang ada diatas merupakan gambar sebuah rumah yang ada di Indonesia dan atap rumah tersebut merupakan bentuk bangun datar trapesium. Nah, apa pengertian trapesium dan bagaimana sifat-sifat trapezium tersebut?

Pengertian trapesium

Perhatikanlah gambar yang ada dibawah. Gambar-gambar tersebut adalah macam-macam bangun datar trapesium. Pengertian trapesium merupakan suatu bangun segi empat yang mempunyai empat sisi dan tepat sepasang sisinya yang saling berhadapan sejajar.

gmbr2Jenis-jenis trapesium

Secara umum ada tiga jenis trapesium yang kita ketahui sebagai berikut.

Bangun datar trapesium sebarang

Bangun datar trapesium sebarang adalah trapesium yang mempunyai sisi yang tidak sama panjang pada ke empat sisinya. Pada gambar dibawah, AB // DC, sedangkan masing-masing sisinya yang lain bentuknya tidak sama panjang yaitu AB, BC, CD, dan AD.

ada

Bangun datar trapesium sama kaki

Bangun datar trapesium sama kaki adalah trapesium yang mempunyai sepasang sisi yang sama panjang dan mempunyai sepasang sisi yang sejajar. Pada gambar dibawah, AB // DC dan AD = BC, artinya kedua sisi gambar yang ada dibawah ini sama sejajar dan kedua sisi yang lain sama panjang.gmbr3

Bangun datar trapesium siku-siku

Bangun datar trapesium siku-siku adalah trapesium yang salah satu sudutnya membentuk sudut siku-siku yaitu 90°. Pada gambar dibawah, garis AB // DC sedangkan pada garis DAB membentuk besar sudut 90° (siku-siku).gmbr4Sifat-sifat trapesium

Perhatikan gambar yang ada di bawah ini.gmbr5Pada gambar diatas tersebut telah menunjukkan bangun trapesium PQRS. Karena PQ sejajar RS (PQ // RS), maka diperoleh:

  • ∠RPQ dalam sepihak dengan ∠PRS, sehingga ∠RPQ + ∠PRS = 180°.
  • ∠PQS dalam sepihak dengan ∠QSR, sehingga ∠PQS + ∠QSR = 180°.

Secara umum dapat kita katakan bahwa jumlah sudut yang berdekatan di antara dua sisi sejajar pada trapesium adalah 180°.

Berdasarkan diatas jenis-jenis trapesium dan penjelasan yang sebelumnya maka sifat-sifat trapesium adalah sebagai berikut.

  1. Bangun datar trapesium memiliki empat buah sudut dan jumlah dua sudut yang berdekatan atau yang disebut dengan sudut dalam sepihak adalah 180°.
  2. Bangun datar trapesium memiliki sepasang sisi yang sejajar.
  3. Bangun datar trapezium memiliki sepasang sisi yang sama panjang.
  4. Bangun datar trapezium memiliki sepasang sisi yang tidak sama panjang.

Bagaimana sobat bangkusekolah.com mudah bukan memahami materi bangun datar trapesium. Ok sekian dulu penjelasan dari kami semoga bermanfaat. Sampai bertemu lagi di bahasan berikutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY