Unsur dan Rumus Kimia

Unsur dan Rumus Kimia

496
0
SHARE

Perlu kamu ketahui bahwa hewan, tumbuhan, batu, tanah dan alat-alat rumah tangga merupakan materi. Mengapa mereka disebut sebagai materi?

049_screw_smuggling.ce

Ya, materi merupakan segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Jadi, baik benda mati maupun makhluk hidup yang mempunyai massa dan menempati ruang dianggap sebagai materi.

Sebenarnya, mengenali materi cukup mudah. Tentunya, semua benda padat seperti buku, pensil, tas, meja dan lain sebagainya bisa kamu lihat dan sentuh. Sebagaimana pula zat cair. Kamu bisa menyentuh dan melihat air, sirup, kecap, bensin dan sebagainya.

Tapi, bagaimana dengan zat gas . Memang, untuk mengenali zat gas cukup sulit karena kamu tidak bisa menyentuh dan melihatnya. Namun, adanya zat gas bisa kamu rasakan. Cobalah meniup di atas tanganmu. Kamu akan merasakan adanya udara, bukan? Selain itu, bukti kalau gas memiliki massa dan menempati ruang yaitu pada balon yang berisi udara. Balon yang memiliki massa memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan balon yang tidak memiliki massa.

Materi yang ada di dunia ini bisa berupa zat tunggal, dan ada pula yang merupakan campuran. Tentunya, sesuai dengan namanya, zat tunggal terdiri atas unsur dan senyawa.

1. Pengertian unsur

Ketika kamu mengamati sekrup, tahukan kamu terbuat dari apa sekrup itu? Sekrup terbuat dari besi. Lalu, cincin terbuat dari emas. Wajan terbuat dari alumunium. Nah, besi, emas dan alumunium merupakan beberapa contoh unsur. Unsur merupakan zat tunggal yang sudah tidak bisa diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia sederhana.

Ada beberapa jenis unsur umum yang perlu kamu ketahui, berikut ini daftarnya:

1 copy

Beberapa diantaranya banyak yang merupakan benda padat yaitu seperti tembaga, emas, besi dan timbal. Merkuri atau air raksa dan brom merupakan contoh unsur dalam wujud cair. Lalu, unsur yang berupa zat gas yaitu nitrogen dan oksigen.
Berikut ini unsur-unsur yang membentuk kerak bumi:

kelimpahan

Lautan terdiri dari air dan berbagai garam. Kemudian, air terdiri dari unsur hidrogen dan oksigen. Penyusun oksigen hampir seluruhnya terdiri dari nitrogen dan oksigen ditambah dengan sejumlah kecil unsur-unsur yang lainnya. Sebenarnya, tubuh manusia juga terdiri dari beberapa unsur yaitu dari air dan oksigen.

Unsur logam merupajan unsur yang memiliki ciri mengkilap dan biasanya digunakan untuk menghantarkan listrik dan menghantarkan panad. Nah, unsur logam ini biasanya berwujud padat, kecuali air raksa. Logam bisa ditempa sehingga berubah menjadi benda yang lainnya.
Table unsur-unsur logam

tabelunsur-logam

Unsur non logam yaitu unsur yang tidak memiliki sifat sebagaimana sifat unsur logam. Wujud unsur nonlogam berwujud gas dan padar pada tekanan dan suhu normal. Contoh unsur nonlogam yaitu oksigen, nitrogen, dan helium.

Lalu, contoh unsur non logam yang berwujud padat yaitu belerang, karbon, fosfor dan iodin. Biasanya ciri unsur nonlogam yaitu keras dan getas. Ada unsur nonlogam yang bersifat air, yaitu bromin.
Tabel unsur-unsur non logam

tabel-unsur-non-logam

Unsur semi logam yaitu nama lainnya metaloid. Metaloid ini disebut sebagai unsur yang memiliki sifat logam dan nonlogam. Contohnya yaitu benda yang termasuk benda semikonduktor ( tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik pada suhu rendah, namun sifat hantaran listriknya menjadi lebih baik setelah suhunya lebih tinggi)

2. Penulisan Lambang Unsur

Ada banyak jumlah unsur. Untuk memudahkan dalam mengingat, maka dinyatakan dengan lambang unsur. Setiap unsur memiliki lambang yang berbeda. Penamaan unsur itu dari nama latinnya. Dari masa ke masa, penulisan lambang unsur mengalami perubahan.

Sampai saat ini, lambang unsur yang dipakai berdasarkan usulan Jons Jakob Berzelius. Menurut Berzelius, penulisan setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu huruf awal dari nama latin unsur tersebut dan ditulis dengan menggunakan huruf kapital. Jika ada unsur yang memiliki huruf awal sama, maka ditambahkan satu huruf lain dari nama unsur tersebut yang ditulis dengan huruf kecil.

3. Nama dan Rumus Kimia

Dua unsur atau lebih akan menyusun senyawa. Air dan garam merupakan contoh senyawa karena terdiri dari dua unsur. Kemudian, unsur juga termasuk senyawa karena terdiri dari hidrogen dan oksigen.

Seperti unsur, senyawa juga diberi nama dan lambang agar memudahkan dalam mempelajarinya. Contohnya air. Air terdiri dari dua atom hidrogen dan satu aton oksigen dengan perbandingan 2 : 1. Dengan begitu, lambang air yaitu H2O.
Kemudian, ada amoniak. Amoniak terdiri dari 1 atom nitrogen dan 3 buah atom hidrogen. Maka, lambang amoniak yaitu NH3.

Lambang dari suatu senyawa disebut sebagai rumus kimia. Dalam penulisan lambang senyawa, jenis unsur penyusunnya lah yang dituliskan.

Itulah sobat penjelasan mengenai unsur dan rumus kimia. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa like dan share. Terima kasih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY