Produk Produk Bank

Produk Produk Bank

328
0
SHARE

Produk bank. Hai sobat, pada kesempatan kali ini, produk bank yaitu penyimpanan dan layanan peminjaman akan kita bahas. Yuk, langsung aja!

Perbedaan-Kartu-Kredit-dan-Kartu-DebitProduk Bank

A. Produk Penyimpanan

1. Tabungan

Tabungan merupakan produk simpanan di bank yang penyetoran dan penarikannya dapat dilakukan kapan saja.

Banyak orang merasa wajib menabung. Ada berbagai alasan mengapa orang perlu menabung. Diantara alasan-alasan tersebut yaitu:
a. Untuk mengumpulkan dana yang bisa digunakan untuk kepentingan masa depan.
b. Menggunakan tabungan sebagai tempat menyimpan uang untuk biaya hidup sehari-hari.

Jika kita menabung di bank, kita akan mendapatkan bunga tabungan. Bunga ini berikan bank kepada nasabah agar uang yang disimpannya berkembang. Dengan begitu, nasabah akan rajin menabung.

Biasanya, bunga tabungan akan diberikan pada akhir bulan berdasarkan rata-rata harian bulan tersebut. Bunga bisa diberikan secara single rate bisa juga secara bertingkat. Single rate artinya berapapun jumlah uang di tabungan, tingkat bunganya sama. sedangkan bunga bertingkat yaitu semakin banyak uang tabungan, maka semakin tinggi bunga yang akan diberikan.

2. Deposito

Deposito yaitu produk simpanan bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja.

Sebagai contohnya, jika kamu menaruh uang Rp 1.000.000 pada deposito berjangka waktu 3 bulan, maka uang tersebut hanya bisa diambil setelah waktu 3 bulan berlalu. Kamu juga akan mendapatkan bunga pada saat waktu jatuh tempo.

Biasanya, bunga deposito lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan. Hal ini karena uangmu ditanam selama jangka waktu tertentu sehingga bank menjanjikan suku bunga lebih tinggi daripada tabungan yang bisa diambil setiap saat. Biasanya, inilah daya tarik utama deposito dibandingkan dengan tabungan.

Keuntungan lain dari deposito yaitu tidak adanya biaya administrasi bulanan meski tetap ada pajak deposito dan bungan deposito.

3. Giro

Giro merupakan rekening yang cocok untuk probadi yang sangat sering menggunakan jasa perbankan. Rekening giro adalah rekening yang uangnya bisa diambil setiap hari. Rekening ini dilengkapi dengan fasilitas pembayaran dengan cek dan giro bilyet.

Jika kamu bertransaksi dengan orang lain, kamu bisa membayarnya menggunakan cek atau giro bilyet. Cek adalah surat berharga di mana orang yang menerimanya bisa langsung menguangkannya di bank. Sedangkan giro bilyet yaitu surat berharga di mana orang yang menerimanya tidak bisa menguangkan giro itu di bank, melainkan disetorkan dalam rekening tabungan. Setelah itu, uang dapat diambil dari rekening.

Rekening giro biasanya tidak memberikan bunga. Kalaupun ada, bunganya kecil, dan disebut sebagai jasa giro. Sebagai timbale balik atas pelayanan dan fasilitas yang diberikan, hampir semua bank mengenakan biaya administrasi kepada nasabah yang langsung dipotong dari rekening giro.

B. Layanan Peminjaman

Bank biasanya membedakan antara kredit yang diberikan kepada perusahaan dan kredit kepada individu. Meskipun demikian, yang dibicarakan di sini hanyalah layanan peminjaman yang diberikan secara perseorangan saja.

Pinjaman per individu biasanya dilakukan dengan kartu kredit, pinjaman bank atau kredit cicilan.

a. Kartu Kredit

Kartu kredit adalah kartu yang terbuat dari plastic yang bisa digunakan untuk membeli barang dengan cara kredit pada saat transaksi dilakukan.
Dengan demikian, seseorang tidak perlu membawa uang tunai pada saat bertransaksi di suatu tempata. Hal ini karena kartu kredit bisa digunakan sebagai pengganti uang cash.
Ada biaya transaksi yang dibebankan kepada konsumen pada saat setiap kali bertransaksi. Besarnya beragam, tergantung bank yang mengeluarkannya. Selain itu, ada juga bunga bulanan atau bunga tahunan. Iuran ini tetap harus dibayarkan meskipun pemiliknya tidak pernah memakai kartu kredit.

b. Pinjaman Bank

Pinjaman bank merupakan bentuk pinjaman uang dari bank kepada individu atau perusahaan dengan jangka waktu pengembalian yang ditentukan dengan tingkat bunga yang telah ditentukan. Biasanya, besar bunga akan tergantung pada besar nominal dan jangka waktu pengembalian uang tersebut.

Ada tida alasan utama mengapa sistem bunga diterapkan:
a) Peminjaman uang merupakan bisnis dengan resiko yang cukup tinggi. selalu saja ada kemungkinan debitur tidak akan mengembalikan uang yang telah dipinjamnya.
b) Nilai uang turun sejalan dengan waktu.

c. Kredit cicilan (Investment credit)

Kredit cicilan biasanya digunakan oleh konsumen untuk membeli barang seperti elektronik, komputer, rumah, atau kendaraan bermotor. Dengan adanya kredit cicilan, konsumen bbisa membawa barang tersebut pulang ke rumah setelah membayar uang muka. Pada bulan berikutnya, konsumen harus membayar cicilan ditembah dengan bungan hingga cicilan lunas. Lamanya kredit cicilan bisa beragam.

Bagaimana sobat bangkusekolah.com? Sudah jelas bukan mengenai materi produk penyimpanan dan layanan kredit? Ternyata masing-masing memiliki jenis yang beragam sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya hal tersebut, manusia bisa merasa lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan maupun menjalankan bisnis usahanya.

Kamupun bisa menabung di bank mulai dari sekarang. Uang tabungan bisa kamu gunakan untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY