Pengertian Kota Beserta Ciri-ciri dan Potensinya

Pengertian Kota Beserta Ciri-ciri dan Potensinya

1884
0
SHARE

Pengertian kota. Halo sobat bangkusekolah.com, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian kota. Kamu sudah tahu belum apa itu pengertian kota?

kota-termacet-di-dunia-jakarta-640x330A. Pengertian kota

Sebenarnya, pengertian kota dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang sesuai dengan disiplin ilmu para ahli yang membahasnya. Untuk lebih jelasnya, yuk perhatikan beberapa pengertian kota menurut para ahlinya.

Yang pertama ada Bintaro. Beliau mengungkapkan bahwa kota adalah sebuah bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan nonalami dengan gejala pemusatan penduduk yang cukup besar dan corak kehidupan yang sifatnya heterogen dan materialistis dibandingkan dengan daerah belakangnya.

Lalu, menurut Max Weber, kota adalah suatu tempat yang penghuninya dapat memenuhi hampir semua kebutuhannya di pasar yang ada di kota itu sendiri.

Menurut Northam, kota adalah lokasi yang kepadatan penduduknya lebih tinggi dibandingkan dengan populasi (kepadatan umum). Penduduk pada lokasi atau tempat tersebut sebagian besar tidak tergantung pada sektor pertanian dan tidak juga pada aktivitas ekonomi primer. Lokasi tersebut menjadi pusat kebudayaan, administrasi, dan ekonomi bagi wilayah di sekitarnya.

Setelah itu, ada tokoh bernama Grunfeld. Dia menyebutkan bahwa kota merupakan suatu permukiman dengan kepadatan penduduk yang lebih besar daripada kepadatan wilayah nasional dengan struktur mata pencaharian nonagraris dan sistem penggunaan tanah yang beraneka ragam serta ditutupi oleh gedung-gedung tinggi yang lokasinya sangat berdekatan.

Ada Burkhad Hofmesiter, dia mengatakan bahwa kota merupakan pemusatan keruangan dari tempat tingal dan tempat kerja manusia yang kegiatan umumnya di sektor sekunder (industri dan perdagangan ) dan tersier (jasa dan pelayanan masyarakat) dengan pembagian kerja yang khusus yang pertambahan penduduknya sebagian besar disebabkan tambahan kaum pendatang serta mampu melayani kebutuhan barang dan jasa bagi wilayah yang jauh letaknya.

Kemudian, menurut peraturan menteri dalam negeri nomor 2 tahun 1987 pasal 1, kota merupakan pusat pemukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batasan administrasi yang diatur dalam perundang-undangan serta pemukiman yang telah memperlihatkan watak dan ciri kehidupan perkotaan.

B. Ciri-ciri Kota

Kota memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu:

a. Ciri Fisik Kota

1) Ada banyan gedung perkantoran dan hiburan
2) Ada banyak gedung pemerintahan
3) Ada alun-alun
4) Ada tempat-tempat parkir kendaraan
5) Ada sarana olahraga
6) Ada open space yaitu daerah terbuka untuk paru-paru kota.
7) Ada kompleks perumahan penduduk yang terdiri daro slums area, permukiman masyarakat ekonomi lemah, sedang dan elite.

b. Ciri Masyarakat Kota

1) Hubungan Sosial bersifat gesselschaft
2) Ada segregasi keruangan
3) Norma-norma keagamaan tidak begitu ketat
4) Pandangan hidup masyaraka kota lebih rasional dibandingkan masyarakat desa

C. Potensi Kota

Mengingat kota sebagai pusat berbagai pelayanan bagi seluruh warga masyarakat maka berbagai potensi yang ada di dalamnya perlu diketahui.

Potensi kota yaitu sebagai berikut ini:
a. Potensi ekonomi
Ada berbagai fasilitas seperti pasar, pusat perbelanjaan, kawasan industri dan saran transportasi.
b. Potensi sosial
Ada berbagai fasilitas sepert tempat ibadah, rumah sakit, tempat hiburan, badan atau yayasan sosial dan organisasi sosial.
c. Potensi politik
Keberadaan aparatur kota yang menjalankan tugasnya dengan baik di dalam melayani masyarakat, partai politik, serta lembaga-lembaga politik lainnya.
d. Potensi budaya
Ditandai dengan adanya sarana pendidikan dan kesenian yang memberikan semangat dan gairah hidup bagi warga kota.

D. Klasifikasi Kota

Berdasarkan jumlah penduduknya, kota dapat dikelompokkan sebagai berikut, yaitu:
a. Kota kecil
Kota dengan penduduk berjumlah 20.000 – 50.000 jiwa.
b. Kota sedang
Kota yang penduduknya berjumlah 50.000-100.000 jiwa
c. Kota besar
Kota yang penduduknya berjumlah 100.000- 1.000.000
d. Kota metropolitan
Kota yang penduduknya berjumlah 1.000.000 – 5.000.000 jiwa.
e. Kota megapolitan
Kota yang penduduknya berjumlah lebih dari 5.000.000 jiwa.

E. Fungsi Kota sebagai Lokasi Pusat Kegiatan

Berdasarkan undang-undang N0.22 tahun 1999, kota merupakan pusat pemerintahan, pusat pendidikan, dan pusat informasi.

a. Kota sebagai pusat pemerintahan
Kota sebagai pusat pemerintahan artinya di kota tersebut berbagai pusat-pusat pengaturan atau pengendalian pemerintahan, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun di kabupaten maupun kota.

b. Kota sebagai pusat pendidikan
Berdasarkan sejarah bangsa Indonesia, keberadaan sekolah-sekolah dimulai dari kota-kota besar. namun, setelah Indonesia merdeka, pertumbuhan pusat-pusat pendidikan ada di suluruh pelosok tanah air. Hal tersebut agar dapat dirasakan oleh masyarakat luas, tidak seperti pada saat masa penjajahan di mana yang boleh bersekolah hanyalah kamu bangsawan.

c. Kota sebagai pusat informasi
Informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan untuk mendorong pembangunan wilayah perkotaan atau pedesaan. Jenis sumber informasi yang masuk ke desa sebagian besar berasal dari kora. Informasi yang berasal dari kota sampai ke desa melalui berbagai media baik media elektronik maupun media cetak seperti internet, televise, radio dan majalah.

Setelah membaca pembahasan pengertian kota, ciri-ciri dan potensi kota, sekarang ada tugas nih buat kamu. Coba sebutkan potensi kota tempat kamu tinggal terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY