Belajar Menentukan Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata

Belajar Menentukan Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata

1382
0
SHARE

Pagi sobat bangkusekolah.com pasti kabarnya baik-baik saja bukan karena suasana pagi ini sangatlah cerah dan cocok untuk belajar serta rutinitas hari ini kita mash dalam mata pelajaran yang sama seperti kemaren yaitu fisika. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata dalam kehidupan sehari kita sudah banyak menjumpai hal-hal yang berhubungan dengan yang namanya kecepatan dan kelajuan tetapi kita tidak menyadari itu. Nah kita langsung bahas saja apa itu kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata. Ok kita sebelum masuk bahasan kita berdoa supaya belajarnya cepat mengerti dan paham.

Belajar Menentukan Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata

Nah pernah tidak sobat melihat Speedometer? Jika sobat pernah menggunakan sepeda motor pasti sudah melihatnya, lagi pula jaman sekarang mana ada yang tidak tahu hal itu. Tapi siapa tahu ada yang tidak tahu, ini kami jelaskan Speedometer berada didepan sepeda motor. Speedometer adalah suatu alat  yang digunakan untuk mengukur kecepatan sesaat sepeda motor bukan untuk mengukur kecepatan rata. Nah apa itu kecepatan rata-rata?1

Ok kita akan kupas tuntas apa itu kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata. Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai suatu perpindahan yang ditempuh terhadap waktu. Jika suatu benda bergerak sepanjang sumbu-x dan posisinya dimisalkan dengan koordinat-x, secara matematis persamaan kecepatan rata-rata dapat kita ditulis sebagai berikut.2

Jika kita membahas kecepatan maka kita akan nyambung dengan kelajuan, kadang-kadang kecepatan tersebut hampir mirip dengan kelajuan. Kelajuan rata-rata merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Secara matematis dapat kita dituliskan sebagai berikut.3

Supaya sobat lebih paham kita berlanjut ke contoh soalnya saja yang pastinya berkaitan dengan kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata. Ok kita langsung saj ke contoh soalnya.

Contoh soal kecepatan dan kelajuan rata-rata

Alex berlari dengan rute ACB, dari posisi A pada x1 = 4 m menuju ke arah kiri dan sampai pada posisi x2 = 6 m di titik C, kemudian berbalik ke posisi x3 = 9 m di titik B, jika waktu yang harus digunakan adalah 2 sekon, berapakah kecepatan dan kelajuan rata-rata Alex?

Pembahasan

Diketahui :

A → x1 = 4 meter (posisi awal)

B → x2 = 6 meter (posisi akhir)

Δt = 2 sekon

Ditanya :

  1. kecepatan rata-rata
  2. kelajuan rata-rata

Jawab :

  1. a) Δx = xakhir – xawal

= 6 – 2 = 4 m

kecepatan rata-rata: Δx/ Δt

kecepatan rata-rata: 4m/2s

kecepatan rata-rata: 2 m/s

Jadi, kecepatan rata-rata Alex adalah 2 m/s.

  1. b) sACB = sAC + sCB = 2 m + 3 m = 5 m

tACB = 2 sekon

kelajuan rata-rata (v) = s/t

kelajuan rata-rata (v) = 5 m/2 s

kelajuan rata-rata (v) = 2,5 m/s

Jadi, kelajuan rata-rata Leo sebesar 2,5 m/s.

Bagaimana sudah paham tidak? Kalu belum paham kita bahas contoh soal yang lain ok.

Sebuah keluarga yang bahagia yang mana keluarga tersebut beranggotakan ayah, ibu, kakak dan adik yang masih bayi berumur 1 tahun dia belajar berjalan. Dia berjalan dari posisi kursi ke ayah = 1 m dan menuju ke ibu = 1 m dan terakhir ke kakak = 2 m. Jika waktu yang digunakan 1 sekon, berapakah kecepatan adik bayi?

Pembahasan

Diketahui :

A → x1 = 1 meter (posisi awal)

B → x2 = 1 meter (posisi akhir)

Δt = 1 sekon

Ditanya :

  1. kecepatan rata-rata

Jawab :

  1. Δx = xakhir – xawal

= 2 – 1 = 1 m

kecepatan rata-rata: Δx/ Δt

kecepatan rata-rata: 1m/2s

kecepatan rata-rata: 1/2 m/s

Jadi, kecepatan rata-rata Alex adalah 1/2 m/s.

Nah kita sudah membahas beberapa soal diatas, pastinya sudah paham akan bahasannya. Seperti yang kita lihat perbedaan antara kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata itu sendiri. Kecepatan rata-rata ditentukan dengan cara melihat arah geraknya, sedangkan kelajuan rata-rata tidak bergantungan pada arah geraknya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY