CARA MENYATAKAN HUBUNGAN ANTARA DUA BILANGAN PECAHAN

CARA MENYATAKAN HUBUNGAN ANTARA DUA BILANGAN PECAHAN

1000
0
SHARE

CARA MENYATAKAN HUBUNGAN ANTARA DUA BILANGAN PECAHAN

Hai!! Sobat bangkusekolah.com, semoga kesehatan dan semangat masih berkobar. Pada kali ini Sobat akan membahas tentang Cara Menyatakan Hubungan Antara Dua Bilangan Pecahan. Sebelum masuk ke bahasan kita kali ini sobat harus tahu dahulu pecahan itu apa? Kalau belum tahu sobat cari definisinya, ciri-ciri pecahan, bentuk pecahan. Bahasan kita kali ini masih ada sangkut pautnya dengan materi sekolah dasar dulu. Ingat ya jangan pada lupa karena materi pecahan merupakan dasar dari bahasan ini.

Dalam bahasan kita kali ini kita akan membahas cara menyatakan hubungan antara dua bilangan pecahan. Dengan menggunakan konsep bilangan pecahan senilai sobat akan bisa menyatakan hubungan antara dua bilangan pecahan. Cara menyatakan hubungan antara dua bilangan pecahan hampir sama seperti menyatakan hubungan antara dua bilangan bulat.

coba perhatikan gambar di bawah ini.

hubungan dua pecahan

Perhatikan gambar di atas dan simak baik – baik, dalam gambar (a) luas arsirannya menunjukan 2/8 dari luas lingkaran keseluruhan, dalam gambar (b) luas arsirannya menunjukan 3/8 dari luas lingkaran keseluruhan, dalam gambar (c) luas arsirannya menunjukan 5/8 dari luas lingkaran keseluruhan, dan dalam gambar (d) luas arsirannya menunjukan 7/8 dari luas lingkaran keseluruhan. Pada keempat luas arsiran dalam gambar di atas dapat dikatakan luas arsiran dalam gambar (a) lebih kecil dari luas arsiran dalam gambar (b) atau luas arsiran dalam gambar (b) lebih besar dari luas arsiran dalam gambar (a). Sehingga hal tersebut dapat dituliskan 2/8 2/8, Begitu pula dalam gambar (a) dengan gambar (c) didapatkan hubungannya bahwa 2/8 2/8, dan seterusnya.

Sehingga dari contoh diatas dapat simpulkan, untuk menyatakan hubungan dua bilangan pecahan dapat diketahui dengan cara membandingkan pembilangnya, jika penyebut kedua bilangan pecahan sama. Bagaimana kalau penyebutnya berbeda!

Jika penyebut kedua bilangan pecahan berbeda, untuk itu sobat membandingkan bilangan pecahan tersebut, maka sobat menyamakan penyebutnya terlebih dahulu dalam kedua bilangan pecahan, kemudian membandingkan pembilangnya. baik, untuk memaksimalkan pemahaman sobat mari Sobat simak terus masalah tetang hubungan dua buah bilangan pecahan dengan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal
Carilah hubungan antara dua bilangan pecahan tersebut, berikan tanda > atau 4/3 = 16/12
=> 5/4 = 15/12
Karena 16/12 > 15/12 maka 4/3 > 5/4
Jadi, bilangan pecahan 4/3 lebih besar dari pada 5/4

b. untuk 2/5 dan 1/3 mempunyai penyebut yang berbeda, maka dari itu Sobat samakan terlebih dahulu penyebutnya (dengan cara menentukan KPK dari penyebut kedua bilangan pecahan), yakni KPK dari 5 dan 3 adalah 15.
=> 2/5 = 6/15
=> 1/3 = 5/15
Karena 6/15 > 5/15 maka 2/5 > 1/3
Jadi, bilangan pecahan 2/5 lebih besar dari pada 1/3

c. untuk 7/8 dan 4/6 mempunyai penyebut yang berbeda, maka dari itu Sobat samakan terlebih dahulu penyebutnya (dengan cara menentukan KPK dari penyebut kedua bilangan pecahan), yakni KPK dari 8 dan 6 adalah 48.
=> 7/8 = 42/48
=> 4/6 = 32/48
Karena 42/48 > 32/48 maka 7/8 > 4/6
Jadi, bilangan pecahan 7/8 lebih besar dari pada 4/6

d. untuk 1/9 dan 3/8 mempunyai penyebut yang berbeda, maka dari itu Sobat samakan terlebih dahulu penyebutnya (dengan cara menentukan KPK dari penyebut kedua bilangan pecahan), yakni KPK dari 9 dan 8 adalah 72.
=> 1/9 = 27/72
=> 3/8 = 8/72
Karena 27/72 > 8/72 maka 1/9 > 3/8
Jadi, bilangan pecahan 1/9 lebih besar dari pada 3/8

Sekian untuk pembahasan kali ini jika sobat masih kurang faham silahkan tanyakan di bangkusekolah.com. terus terima kasih juga sudah mau berkunjung, kalau kita ketemu lagi akan membahas bahasan yang lebih menarik. Ok sampai jumpa sampai bertemu lagi di bahasan berikutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY