Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika

Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika

657
0
SHARE

Pagi sobat bangkusekolah.com bertemu lagi dengan kami, pada pertemuan pagi ini kita akan membahas 3 sub bahasan pokok yaitu Gerak, Jarak dan Perpindahan. Wah banyak ya sobat tapi kita “tidak perlu kawatir ini kentut bukan petir” hehe… sedikit kita gurau supaya tidak terlalu tegang dengan materi yang akan kita pelajari. Ok kita langsung saja kebahasan yang akan kita bahas bersama supaya tidak membuat kita penasaran.

Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika

Sobat pasti memerhatikan benda-benda yang di sekitarnya! Ada yang diam dan ada yang bergerak, batu-batu yang ada di pinggir jalan itu diam terhadap jalan kecuali jika kita tendang dengan kaki maka benda tersebut akan bergerak, rumah-rumah di sekitar kita itu diam terhadap pohon-pohon di sekelilingnya, seseorang yang berlari pada pagi hari di taman dikatakan orang tersebut bergerak terhadap jalan, batu-batu, rumah-rumah, meskipun pohon-pohon yang dilewati dan masih banyak lagi yang ada di sekeliling kita . Jadi apakah yang dimaksud gerak itu?01Suatu benda dapat dikatakan bergerak jika benda tersebut mengalami perubahan kedudukan terhadap suatu titik tertentu sebagai sebuah acuan. Jadi, gerak merupakan perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik acuan tertentu. Gerak juga dapat dikatakan sebagai suatu perubahan kedudukan benda dalam selang waktu tertentu. Berbeda halnya dengan peristiwa sebagai berikut: orang berlari di mesin lari fitnes (mesin kebugaran), anak yang bermain komputer dan lain sebagainya. Apakah mereka mengalami suatu perubahan posisi atau kedudukan pada selang waktu tertentu?

Dari Kegiatan tersebut tidak mengalami suatu perubahan posisi atau kedudukan karena yang acuannya diam. Penempatan acuan dalam peninjauan suatu gerak adalah hal yang sangat penting, mengingat gerak dan diam itu memiliki pengertian yang relatif. Sebagai contoh, seorang duduk di dalam kereta api yang sedang bergerak, juga dapat kita katakan bahwa orang tersebut diam terhadap kursi yang diduduki dan juga terhadap kereta api tersebut, namun orang tersebut bergerak relatif terhadap stasiun maupun terhadap pohon-pohon yang dilewatinya.

Nah bagaimana sobat paham mengenai pengertian gerak? Kita langsung ke sub bahasan selanjutnya jarak dan perpindahan. Coba perhatikan yang ada di bawah ini.

Burung berasal benua Australia bermigrasi mencari makan dari kawasan Asia Utara  menuju kawasan Asia Tenggara. Tetapi burung itu tidak lagi singgah di kawasan tersebut dikarenakan kerusakan lingkungan. Mereka yang merupakan burung penyukai pantai yang basah ini hanya singgah di tempat yang terjaga kelestariannya. Coba sobat bayangkan berapa jaraknya burung tersebut berpindah dari Asia Utara Asia Tenggara?

Burung ini dari benua Australia dan Asia Daratan bermigrasi mencari makan dari kawasan Asia Utara  menuju kawasan Asia Tenggara.Untitled

Jarak dan perpindahan mempunyai pengertian yang berbeda. Misalkan Amin berjalan ke ketimur sejauh 4 km dari tokonya, kemudian 2 km ke utara. Berarti Amin sudah berjalan menempuh jarak 6 km dari tokonya, sedangkan perpindahannya sejauh 2 km

 1

Berbeda halnya dengan contoh berikut. Seorang siswa berjalan mengelilingi sekolah satu kali putaran. Berarti ia menempuh jarak sama dengan keliling sekolah, tetapi tidak menempuh perpindahan dikarena dia kembali ke titik semula sebelumnya berada.2

Contoh lain, ada seorang berlari bergerak ke utara sejauh 3 km, kemudian berbelok ke timur sejauh 4 km, lalu berhenti. Berapa jarak yang ditempuh seseorang yang berlari tersebut dan berapa perpindahannya?3

Jarak yang ditempuh seseorang yang berlari tersebut berarti seluruh lintasan yang ditempuh yaitu 3 km + 4 km = 7 km, sedangkan perpindahannya sepanjang garis yang putus-putus pada Gambar yang ada di atas, yaitu dengan menggunakan aturan Pytagoras maka diperoleh sebesar 5 km.

Demikianlah jadi, jarak kita dapat definisikan sebagai panjang seluruh lintasan yang ditempuh. Sedangkan, perpindahan adalah jarak dan arah dari kedudukan awal ke kedudukan akhir atau selisih kedudukan akhir dengan kedudukan awal. Terus perbedaannya Jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.

Bagaimana sobat paham tidak materinya? Gampang kan? Bagi yang belum paham bisa pelajari materi ini. Dan jangan mudah menyerah dalam menuntut ilmu.

Cukup sampai disini dulu ya sobat bangkusekolah.com kita sudah cukup banyak bahasan yang dibahas. Terima kasih sudah mampir lewat atau mampir mencari ilmu disini. Ok sukses buat sobat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY