Pengertian suatu kejadian sederhana dan acak

Pengertian suatu kejadian sederhana dan acak

1727
0
SHARE

Pengertian suatu kejadian sederhana dan acak

Salam sobat bangkusekolah.com, bagaimanakah kabar sobat semoga kita selalu dibawah lindungan Allah SWT. Pada sesi kali ini akan membahas tentang Pengertian suatu kejadian sederhana dan acak.

 

Pengertian suatu kejadian sederhana

Pernahkah sobat melihat kartu remi (bridge) yang sering dimainkan oleh para orang dewasa dikala boring,isi kartu remi berjumlah 52 buah kartu yang terdiri atas 13 buah kartu berwarna merah bergambar hati (heart), 13 kartu berwarna merah bergambar wajik (diamond), 13 kartu berwarna hitam bergambar sekop (spade), dan 13 kartu berwarna hitam bergambar keriting (club). Gambar di bawah ini merupakan contoh gambar kartu remi. Perhatikan gambar berikut ini.

kejadian sederhana

Sebuah kartu diambil secara acak dari kartu remi tersebut. Misalkan kartu yang terambil bergambar hati (heart) maka kejadian muncul kartu bergambar hati pada pengambilan tersebut disebut kejadian sederhana, karena munculnya kartu bergambar hati (heart) pasti berwarna merah. Beda lagi dengan terambilnya kartu berwarna merah maka kejadian munculnya kartu berwarna merah disebut kejadian bukan sederhana, karena munculnya kartu berwarna merah belum tentu bergambar hati (heart), bisa jadi bergambar wajik.

Contoh lainnya, misalnya pada saat pelemparan sebuah dadu pada permainan monopoli dan ular tangga. Bentuk dadu seperti Kubus, sehingga pada dadu memiliki enam buah sisi. Setiap sisi pada dadu tersebut memiliki noktah (titik-titik) yang mewakili bilangan 1 sampai 6. Gambar di bawah ini merupakan contoh gambar sebuah dadu. Perhatikan gambar dibawah ini.

dadu

Pada saat pelemparan sebuah dadu pada permainan monopoli atau ular tangga, misalkan sisi yang muncul adalah 4 maka kejadian muncul sisi bernoktah 4 pada dadu pada saat pelemparan disebut kejadian sederhana, karena munculnya noktah 4 pasti bilangan genap. Beda lagi dengan pelemparan dadu yang muncul noktah bilangan genap maka kejadian munculnya dadu bernoktah bilangan genap disebut kejadian bukan sederhana, karena munculnya dadu bernoktah bilangan genap belum tentu bernoktah 4, tetapi mungkin bernoktah 2 atau 6.

Berdasarkan dua contoh di atas maka “Suatu kejadian disebut sederhana jika terjadinya kejadian itu sudah dapat diketahui atau sudah pasti”.

Pengertian suatu kejadian acak

Pernahkah Sobat memperhatikan sekumpulan ibu-ibu yang sedang melakukan arisan. Arisan bisa dikatakan sebagai kegiatan untuk mengumpulkan uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu (umumnya setiap bulan). Setelah uang terkumpul maka salah satu dari anggota kelompok akan keluar sebagai pemenang dengan cara melakukan undian.

Cara melakukan pengundian Pertama, masing-masing peserta yang ikut arisan menulis namanya pada kertas yang sudah disediakan kemudian di gulung. Kedua, kertas yang digulung tersebut dimasukan ke dalam toples atau gelas atau tempat yang bisa dijadikan pengundian kemudian mengocoknya. Ketiga, salah satu perwakilan dari peserta arisan mengambil kertas yang di dalam toples atau gelas dengan mata tertutup atau dengan tidak melihat secara langsung. Maka gulungan yang diambil berisiskan nama itulah pemenang arisan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas bahwa nama pemenang yang akan keluar dalam arisan tersebut tidak dapat dipastikan. Kegiatan pengundian pada saat arisan adalah salah satu contoh suatu kejadian acak.

Contoh lainnya, kejadian acak selain kegiatan arisan adalah kegiatan pengundian koin kick off pada pertandingan sepak bola yang dilakukan oleh wasit. Wasit mengundi koin untuk menentukan tim yang lebih dahulu menendang bola pada saat akan di mulai pertandingan. Dalam koin tersebut ada dua kejadian bisa gambar atau bisa angka. Nah pada saat pelemparan koin kejadian yang menjadi perhatian adalah munculnya sisi angka atau gambar. Tentu saja wasit tidak tahu pasti sisi uang logam yang akan muncul. Wasit hanya mengetahui bahwa hasil yang mungkin muncul adalah sisi angka atau sisi gambar. Tentu saja, kedua sisi ini tidak mungkin muncul secara bersamaan. Kejadian munculnya sisi angka atau sisi gambar pada saat wasit melakukan pelemparan koin tidak dapat dipastikan, sehingga dikatakan suatu kejadian acak. Perhatikan gambar dibawah ini.

undian koin kick off
Berdasarkan dua contoh di atas maka “Suatu kejadian disebut acak jika terjadinya kejadian itu tidak dapat diketahui dengan pasti sebelumnya”.

Demikianlah pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi sobat bangkusekolah.com tentang Pengertian suatu kejadian sederhana dan acak. Mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kata-kata atau perhitungan yang keliru dalam postingan ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY