Peranan Koperasi Sekolah

Peranan Koperasi Sekolah

3517
0
SHARE

Sobat bangkusekolah.com, kamu pastinya sudah tidak asing mendengar istilah koperasi sekolah. Di sekolah kamu, pasti ada yang namanya koperasi sekolah. Kamu bisa melihat bahwa di koperasi sekolah terdapat barang-barang yang dijual. Biasanya, harga barang-barang tersebut lebih murah dibandingkan barang yang dijual di luar koperasi. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai peranan penting koperasi sekolah.

Sebenarnya, kata koperasi diambil dari Bahasa Inggris. Keprasi berasal dari dua kata yaitu co dan operation. Co itu artinya bersama. Sedangkan operation yaitu usaha. Jadi, jika kita gabungkan kata tersebut menjadi arti usaha bersama. Dalam UU No.25 TAHUN 1992, terdapat definisi koperasi. Koperasi yaitu badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melaksanakan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

lustrasi+koperasi+sekolahNah, dalam koperasi sekolah, biasanya guru bertindak sebagai pengawas dan Pembina. Hampir setiap sekolah memiliki koperasi sekolah entah itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas.

Peranan Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah sangat penting untuk kemandirian dan kedewasaan siswa. Berikut ini merupakan peranan penting koperasi sekolah:

  1. Membantu pemerintah dalam pembangunan bidang perkoperasian melalui pendidikan di sekolah.
  2. Melatih siswa supaya memiliki kesadaran berkoperasi.
  3. Melatih siswa untuk disiplin, jujur, suka bekerja keras, setia kawan, bekerja sama, saling membantu dan mempunyai jiwa demokratis.
  4. Memberikan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi pada siswa sehingga dapat menjadi bekal saat siswa terjun ke masyarakat.
  5. Mengembangkan jiwa jiwa wirausaha siswa.

Barang yang diusahakan di koperasi sekolah

Salah satu pendirian koperasi sekolaj adalah untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhannya. Itulah mengapa agar koperasi sekolah dapat berjalan dengan baik, pengurus koperasi sebaiknya menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh siswa, khususnya barang-barang yang bisa digunakan oleh siswa untuk menungjang proses belajarnya. Barang-barang itu antara lain alat tulis, buku-buku pelajaran, makanan seperti minuman dan makanan ringan, dan sebagainya.

Jika memungkinkan, koperasi sekolah juga bisa menyediakan sikat gigi, pasta gigi, sabun dan sebagainya. Tentu saja barang-barang tersebut harus lebih murah dibandingkan harga di toko. Agar bisa menjual barang dengan harga yang lebih murah, sebaiknya koperasi membeli barang dari toko grosis atau agen langsung. Dengan begitu, koperasi bisa menjualnya dengan keuntungan yang cukup. Maksud cukup yaitu dalam mengambil untung tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah yang bisa mengancam keberadaan koperasi. Dengan demikian, koperasi masih dapat keuntungan dan anggota dapat membeli barang di koperasi dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran. Keuntungan koperasi ini pada akhirnya akan kembali kepada anggota sebagai sisa hasil usaha.

Jadi, sebagai siswa kita harus ikut membantu menyukseskan adanya koperasi di sekolah misalnya dengan membeli barang-barang yang dibutuhkan di koperasi sekolah dibandingkan membelinya di toko atau warung. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan karena harga barang tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga toko. Tentu saja kamu dapat berhemat.

Nah, itulah pembahasan menganai peranan penting koperasi sekolah. Banyak manfaat yang bisa diperoleh khususnya bagi siswa karena beberapa sifat akan tertanam dengan adanya pendirian koperasi sekolah. Siswa akan dilibatkan sebagai anggota dan pengurus dengan adanya bimbingan dan pengawasan dari guru. Semoga pembahasan materi mengenai peranan penting koperasi sekolah dapat bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY