Peran Wirausaha Dalam Perekonomian

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian

1821
0
SHARE

Halo sahabat bangkusekolah.com, kali ini kita akan membahas tentang peran wirausaha dalam perekonomian. Tentunya, materi ini sangat menarik untuk dipelajari. Bagaimana, apakah kamu memiliki cita-cita sebagai seorang wirausahawan?

peran wirausaha dalam perekonomianBerbicara mengenai peran wirausaha dalam perekonomian, wirausaha memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian di berbagai Negara di dunia. Di jerman, misalnya, sebuah perusahaan yang memiliki karyawan dengan jumlah kurang dari lima ratus orang menghasilkan dua per tiga dari produk nasional bruto Negara, melatih sambilan dari sepuluh pemagang, dan memperkerjakan empat dari setiap lima pekerja. Bisnis kecil yang dibuat oleh para wirausahawan ini juga memainkan peran utama dalam perekonomian di Italia, Perancis, dan Brazil.

Di samping itu, para ahli setuju bahwa Negara wirausaha akan memainkan peran yang cukup penting pada Negara-negara yang baru mengembangkan pereknomiannya seperti Rusia dan Vietnam. Kontribusi wirausaha ini dapat diukur melalui dampaknya terhadap aspek-aspek kunci suatu sistem ekonomi.

Peran wirausaha dalam perekonomian

Empat hal yang akan kita bahas yaitu hubungannya dengan PDB (Produk Domestik Bruto), penciptaan lapangan kerja, inovasi, dan pentingnya terhadap bisnis besar.

1. Sumbangan wirausaha terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)

Wirausaha memberikan sumbangan yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Dari data statistik, kita bisa melihat bahwa kinerja UKM (Usaha Kecil Menengah) meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Sumbangan pertumbuhan PDB UKM ini lebih tinggi dibandingkan dengan sumbangan pertumbuhan dari Usaha Besar. selain itu, usaha kecil menengah juga memberikan sumbangan bagi ekspor Indonesia. Meskipun jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan usaha besar, usaha kecil dan menengah tetap memainkan peranana yang penting karena nilainya yang cukup tinggi.

2. Penciptaan Lapangan Kerja

Kemampuan usaha kecil dan menengah dalam menciptakan lapangan kerja di Indonesia menunjukkan kecenderungan peningkatan dari tahun ke tahun. usaha besar justru menempati posisi paling bawah dalam penyerapan tenaga kerja. Hal ini berarti setiap kelompok usaha memiliki kelebihan dan dapat melengkapi satu dengan yang lain. Adalah kelompok usaha besar yang mendukung pertumbuhan ekonomi sementara kelompok usaha kecil dan menengah membantu pemerataan dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

3. Inovasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kewirausahaan sangat berkaitan dengan inovasi. Banyak inovasi-inovasi yang cukup penting yang lahir dari tangan bisnis-bisnis kecil. Sejarah menunjukkan bahwa usaha kecil yang dimiliki oleh wirausaha lebih mungkin menghasilkan inovasi-inovasi daripada bisnis besar. Beberapa inovasi yang lahir dari karya wirausahawan antara lain komputer digital, mesin fotokopi, insulin, resleting, helikopter, bolpen, Radio FM, foto berwarna dan sebagainya.

4. Sebagai pendukung industri / perusahaan besar

Sebagian besar produk tang dibuat oleh perusahaan besar dijual kepada konsumen melalui bisnis kecil. Sebagai contoh, mayoritas dealer yang menjual Ford, Chevrolet, Toyota, dan Volvo merupakan bisnis yang dimiliki oleh wirausahawan. Lebih lanjut lagi, usaha kecil menyediakan jasa, pasokan, dan bahan baku yang diperlukan oleh bisnis besar agar berjalan.

Microsoft, misalnya, sangat bergantung terhadapt bisnis kecil untuk menjalankan bisnis rutinnya. Microsoft menyerahkan fungsi penulisan kode rutinnya kepada ratusan anak perusahaan dan perusahaan kecil lainnya. Perusahaan tersebut juga menyerahkan tugas pengemasan, pengiriman, dan pendistribusian produknya kepada perusahaan kecil lainnya. Perusahaan kosmetik besar seperti body shop, membutuhkan bahan baku untuk komsetiknya dari Negara-negara berkembang di seluruh dunia.

Itulah sobat pembahasan mengenai peran wirausaha dalam perekonomian. Ternyata wirausaha memiliki banyak peranan yang sangat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa like dan share ya..

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY