Otak Manusia

Otak Manusia

3690
0
SHARE

Otak manusia. Hai teman-teman bangkusekolah.com. Semua hal yang tubuh kita lakukan pasti ada organ yang mengendalikan yaitu saraf pusat. Saraf pusat terdiri dari otak dan sum sum tulang belakang. Kali ini kita kan belajar bersama tentang Otak

Gambar Otak Manusia

1

Otak  merupakan organ yang mengendalikan semua fungsi tubuh . Otak adalah pusat dari keseluruhan tubuh. Jika otak kita  sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh serta menunjang kesehatan mental. Sebaliknya, apabila otak  terganggu, maka kesehatan tubuh dan mental  bisa ikut terganggu.

Seandainya jantung atau paru-paru  berhenti bekerja selama beberapa menit,  kita masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak  berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh  mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia.

Ciri ciri otak manusia

  • Bagian luar berwarna kelabu (banyak mengandung badan sel).
  • Bagian dalam berwarna putih (banyak mengandung akson).
  • Dilindungi oleh selaput otak yang disebut dengan Meninges.

Pelindung Otak

  • Durameter, menempel ke tulang tengkorak.
  • Arachnoid, ada di bagian tengah.
  • Pia meter, menempel ke otak.
  • Antara archnoid dan piameter terdapat cairan serebrospinal yang berfungsi melindungi otak dari guncangan.

Bagian bagian otak manusia

21. Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar memiliki fungsi sebagai pusat berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual.

Cerebrum dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Area Sensorik : menerjemahkan semua impuls sensorik menjadi sensasi.
  • Area Motorik : Mengendalikan pergerakan otot rangka
  • Area Asosiasi : berkaitan dengan memori emosi, nalar, kemauan, pertimbangan dan intelegensi.

Lobus di dalam Otak Besar

3

  • Lobus olfaktoris, pusat penciuman.
  • Lobus oksipitalis, pusat penglihatan.
  • Lobus temporalis, pusat pendengaran.
  • Lobus parietalis. Teridiri dari Lobus parietalis depan, pusat gerak sadar dan Lobus parietalis belakang, pusat sensasi dari kulit.
  • Lobus Frontal , kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak,kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.

2. Otak kecil (cerebellum)

Otak kecil berperan dalam koordinasi motorik, mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.

Dibawah otak kecil terdapatsuatu persilangan serabut saraf yang disebut jembatan varol. Di jembatan ini, serabut saraf yang berasal dari tubuh bagian kiri akan masuk ke otak kanan, sedangkan serabut saraf yang berasal dari tubuh bagian kanan akan masuk ke otak kiri

3. Batang Otak

Batnag otak berfungsi untuk mengontrol pernafasan, denyut jantung dan reaksi insting dalam keadaan bahaya. Otak akan merespons semua kejadian yang bersifat insidental dan berkaitan dengan naluri intingstif seperti mencari makan, bertempat tinggal.Orang yang cenderung dominan menggunakan kemampuan Batang Otaknya maka orang tersebut akan cenderung kasar dan liar. Batang Otak terdiri dari 3 bagian :

  • Mesenchepalon (otak tengah) : mengontrol penglihatan dan pendengaran
  • Medulla Oblongata (sum sum lanjutan) : Penghubung antara otak dan sumsum tulang belakang. Kontrol  fungsi otomatis otak, seperti pernafasan, detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan dan pencernaan.
  • Pons : menentukan apakah kita terjaga atau tidur.

4. Otak tengah (mesencephalon)

Di dalam otak tengah terdapat lobus optikus yang merupakan pusat refleksi pupil mata dan pengaturan keseimbangan tubuh. Selain itu, didalam otak tengah juga terdapat sistem Limbik.

5. Sistem Limbik

4

Sistem Limbik terdiri dari hipotalamus, thalamus, amigdala,hipocampus dan korteks limbik. Memiliki peranan dalam meneruskan informasi yang diterima ke dalam sistem memori manusia. Disebut”Alam Bawah Sadar” atau ketidaksadaran kolektif, yang diwujudkan dalam perilaku baik .

  • Talamus, yaitu bagian yang menjalankan pemisahan pertama impuls yang tiba dan mengarahkan impuls ke bagian cerebrum yang berbeda, serta mengarahkan sebagian dari impuls ke sumsum tulang belakang.
  • Hipotalamus, yaitu bagian yang mengatur suhu tubuh, selera makan, dan keseimbangan cairan tubuh.

Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang, sebagai tempat duduk bagi semua nafsu manusia, tempat bermuaranya cinta, penghargaan dan kejujuran.

6. Neocorteks

Neocorteks merupakan bagian terluar dari Otak manusia yang berfungsi mengendalikan segala sesuatu yang sifatnya rasional. Neocorteks juga memungkinkan kita dapat mengendalikan nafsu(Otak reptil) dan emosinya(Sistem Limbik).

Demikianlah pembahasan kita tentang gambar otak manusia dan bagian bagiannya. Semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Jangan lupa dilike dan dishare ya. Terima kasih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY