Mengenal Biimplikasi, Implikasi, Disjungsi dan Konjungsi

Mengenal Biimplikasi, Implikasi, Disjungsi dan Konjungsi

3662
0
SHARE

Sobat bangkusekolah.com semua, kali ini kita akan belajar bersama mengenal apa sih yang dimaksud dengan biimplikasi, implikasi, disjungsi dan konjungsi nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk. Untuk lebih jelasnya lagi seperti apa, mari kita simak bersama ulasan di bawah ini.

1. Biimplikasi

Biimplikasi sering disebut juga dengan bikondisional. Yang dimaksud dengan biimplikasi adalah suatu pernyataan majemuk berbentuk p jika dan hanya jika q dalam artikan jika p maka q dan begitu sebaliknya jika q maka p. Dalam dunia matematika, biimplikasi juga dikenal sebagai implikasi dua arah. Pernyataan akan p jika hanya jika q juga dilambangkan dengan p⇔q. Dan pernyataan biimplikasi ini bernilai benar jika p dan juga q memiliki nilai kebenaran sama (semuanya memiliki nilai benar atau semuanya memiliki nilai salah). Dan jika nilai kebenaran p dan juga q tidak sama, maka p⇔q adalah pernyataan yang salah.

Nah berikut ini tabel kebenaran pernyataan biimplikasi.biimplikasi

2. Implikasi

Implikasi adalah gabungan antara dua pernyataan p dan juga q yang membentuk pernyataan majemuk yang menggunakan kata penghubung seperti misalnya jika dan maka. Dalam dunia logika matematika, impliasi dituliskan dengan lambang p ⇒ q yang dibaca dengan,

  • Jika p maka q
  • p mengakibatkan q
  • q hanya jika p
  • p syarat cukup q
  • q syarat perlu p

Dan berikut ini tabel kebenaran pernyataan implikasi.implikasi

3. Disjungsi

Disjungsi merupakan gabungan antara dua pernyataan yang mana menggunakan kata penghubung logika seperti misalnya atau dan membentuk dua pernyataan majemuk. Nah, kata penghubung atau disini dalam dunia logika matematik dilambangkan dengan V. Dan disjungsi untuk dua pernyataan p dan q bisa kita tuliskan dengan lambang p V q yang dibaca p atau q. Seperti kita ketahui, dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal atau sebagai suatu kata yang memiliki makna salah satu atau bahkan kedua-duanya. Selain itu juga, kata atau bisa diartikan sebagai salah satu namun tidak untuk kedua-duanya.

Dari pernyataan dua buah pernyataan yang terhubung dengan kata atau adalah disjungsi dari dua pernyataan semula. Disjungsi terbagi atas dua macam berdasarkan makna dari kata atau itu sendiri.

a. Disjungsi inklusif

Disjungsi inklusif merupakan dua pernyataan bernilai benar jika paling sedikit satu dari pernyataan tersebut bernilai benar. Disjungsi inklusif dilambangkan dengan symbol V. Dan untuk disjungsi inklusif disini, pernyataan p dan q dapat kita tuliskan dengan p V q. Misalnya saja pernyaataan berikut, “Doni seorang siswa yang sangat pintar atau seorang seniman berbakat“. Nah, pernyataan tersebut dapat diartikan jika Doni adalah seorang siswa yang sangat pintar, atau seorang seniman yang berbakat, atau mungkin kedua-duanya.

Di bawah ini merupakan tabel kebenaran dari disjungsi inklusif.disjungsi inklusifb. Disjungsi ekslusif

Disjungsi ekslusif adalah dua pernyataan yang bernilai benar jika hanya satu dari kedua pernyataan tersebut bernilai benar. Disjungsi ekslusif dilambangkan dengan symbol V. Dan untuk disjungsi ekslusif pernyataan p dan q bisa kita tuliskan dengan p V q. Coba sobat perhatikan contoh pernyataan yang sebelumnya, “Doni seorang siswa yang sangat pintar atau seorang seniman berbakat“. Disini pernyataan tersebut dapat diartikan jika Doni seorang siswa yang pintar, atau seorang seniman yang berbakan tetapi tidak untuk kedua-duanya (pilih salah satu).

Di bawah ini merupakan tabel kebenaran dari disjungsi ekslusif.disjungsi eksklusif

4. Konjungsi

Konjungsi dapat diartikan sebagai gabungan antara pernyataan p dan q menjadi sebuah pernyataan majemuk yang dihubungkan dengan kata dan serta dilambangkan dengan ˄. Untuk pernyataan p dan q dapat dituliskan dengan p˄q dan dibaca dengan p dan q. Konjungsi memiliki kemiripkan dengan irisan dan sifat-sifat dari irisan dapat kita gunakan untuk mempelajari konjungsi. Contohya saja, diketahui dua pernyataan yakni “Ibu pergi ke pasar“ dan “Ayah pergi ke kantor“. Nah, jika kedua pernyataan tersebut kita gabungkan dengan menggunakan kata “dan“, maka menjadi “Ibu pergi ke pasar dan Ayah pergi ke kantor“.

Di bawah ini tabel kebenaran dari konjungsi.konjungsi

Demikianlah pembahasan tentang biimplikasi, implikasi, disjungsi dan konjungsi, semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Terima kasih atas kunjungannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY