Cara Mudah Menyajikan Relasi

Cara Mudah Menyajikan Relasi

2405
0
SHARE

Pada pertemuan sebelumnya, sobat bangkusekolah.com sudah belajar bersama mengenai definisi relasi. Meneruskan tema bahasan sebelumnya, pada kesempatan ini mari kita belajar bersama bagaimana cara mudah menyajikan relasi. Dan cara apa saja yang bisa dilakukan dalam menyajikan relasi. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak bersama ulasan di bawah ini.

Tahukah sobat bangkusekolah.com semua jika ternyata suatu relasi bisa disajikan dengan 3 cara. Cara yang pertama dengan menggunakan diagram panah, cara yang kedua dengan menggunakan diagram Cartesius, dan cara yang ketiga dengan menggunakan himpunan pasangan berurutan. Ketiga cara tersebut akan kami bahas di bawah ini.

Cara Mudah Menyajikan Relasi

Dari ketiga cara mudah menyajikan relasi yang sudah kami jelaskan di atas, kita bisa menyatakan relasi dengan sangat mudah. Nah untuk membantu kalian lebih paham mengenai ketiga cara tersebut, mari kita simak ilustrasi berikut bersama-sama.

Ada sekelompok siswa yang mana terdiri atas enam siswa, diantaranya Eka, Bayu, Budi, Ayu, Satriani, dan Dwi. Mereka sama-sama memiliki hobi olahraga. Eka hobi bermain voli, Bayu hobi bermain sepak bola, Budi hobi bermain sepak bola dan juga catur, Ayu hobi bermain bulu tangkis dan juga tenis meja, Satriani hobi bermain bulu tangkis dan juga renang, dan Dwi hobi bermain sepak takraw.

Misalkan saja A – {Ayu, Bayu, Budi, Eka, Dwi, dan Satriani}, dan B = {bulu tangkis, catur, renang, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, dan voli}. Relasi yang menghubungkan antara himpunan A terhadap himpunan B adalah ‘olahraga yang disukai’.

1. Dengan menggunakan diagram panah
Kita bisa menyatakan ilustrasi olahraga yang disukai dengan menggunakan diagram panah seperti gambar yang ada di bahwa ini.
Gambar diagram panah di atas menunjukkan relasi olahraga yang disukai himpunan A terhadap himpunan B dan arah panah menunjukkan hubungan antara anggota himpunan A yang berelasi terhadap anggota tertentu himpunan B. Diagram panah tersebut merupakan hasil dari ilustrasi yang ada di atas.

2. Dengan menggunakan diagram Cartersius
Kalian masih ingat belum apa yang dimaksud dengan diagram Cartesius? Nah, relasi antara himpunan A terhadap himpunan B bisa kita nyatakan dengan menggunakan diagram Cartesius. Untuk anggota himpunan A terletak di sumbu mendatar, sedangkan untuk anggota himpunan B terletak di sumbu tegak. Anggota himpunan A yang berpasangan dengan anggota himpunan B dinyatakan dalam bentuk noktah atau titik. Nah, gambar yang ada di bawah ini merupakan diagram Cartesius dari hasil relasi olahraga yang disukai.

Apa kalian mengerti dengan diagram Cartesius di atas? Diagram Cartesius di atas menunjukkan hasil dari ilustrasi yang ada di atas.

3. Dengan menggunakan himpunan pasangan berurutan
Selain dengan menggunakan diagram panah dan diagram Cartesius, kita juga bisa menggunakan himpunan pasangan berurutan untuk menyajikan relasi dengan mudah dari hasil ilustrasi di atas seperti berikut ini. {(Eka, voli), (Budi, catur), (Budi, sepak bola), (Ayu, bulu tangkis), (Ayu, tenis meja), (Bayu,sepak bola), (Dwi, sepak takraw), (Satriani, renang), (Satriani, bulu tangkis)}.

Sampai disini saja yang bisa kami jelaskan mengenai cara mudah menyajikan relasi. Kami harap sobat bangkusekolah.com bisa memahami dengan baik. Satu hal yang perlu sobat pahami, gunakanlah cara apa saja yang menurut kalian lebih mudah dipahami. Pada kesempatan berikut, sobat akan kami ajak belajar bersama beberapa contoh soal seputar relasi dan himpunan agar sobat bisa lebih mengerti lagi. Selamat belajar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY