Pengertian Industri dan Tujuan Industri

Pengertian Industri dan Tujuan Industri

9845
0
SHARE

Hai sobat bangkusekolah.com, tahukan kamu apa itu industri? Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kamu sering mendengar istilah industri. Kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian industri serta tujuan pembangunan industri.

PENGERTIAN INDUSTRI

Pengertian industri dibedakan menjadi dua jenis yaitu industri dalam arti sempit dan industri dalam arti luas.

a. industri dalam arti sempit
industri merupakan usaha manusia mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

b. industri dalam arti luas
menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian, yang dimaksud dengan industri adalah kegiatan ekonomi mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau barang jadi menjadi barang nilai yang lebih tinggi untuk penggunaanya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.

industri

Dari pengertian industri secara luas, ditemukan istilah yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Kegiatan ekonomi adalah aktivitas manusia yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa.
  2. Bahan mentah adalah semua bahan yang didapat dari sumber daya alam dan yang diperoleh dari usaha manusia untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Misalnya, kapas untuk industri tekstil, batu kapur untuk industri semen, dan kayu gelondongan untuk industri mebel.
  3. Bahan baku industri adalah bahan mentah yang diolah atau tidak diolah yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana produksi dalam industri. Misalnya, kayu olahan untuk industri mebel, lembaran besi atau baja untuk industri pipa, dan benang (kapas yang telah dipintal) untuk industri garmen atau tekstil.
  4. Barang setengah jadi adalah bahan mentah atau bahan baku yang telah mengalami satu atau beberapa tahap proses industri yang dapat diproses lebih lanjut menjadi barang jadi. Misalnya, lembaran kain dibuat industri pakaian, kerangka mebel untuk industri meja dan kursi, lembaran kertas untuk tulis, majalah, korang, dan industri barang-barang cetakan.
  5. Barang jadi adlaah baeang hasil industri yang siap pakai untuk konsumsi akhir ataupun siap dipakai sebagai alat produksi. Misalnya, industri pakaian jadi (celana, baju, dan jaket), industri mebel (meja, kursi, dan lemari), industri semen, dan industri minyak goreng.
  6. Kegiatan rancang bangun adalah kegiatan industri yang berhubungan dengan perencanaan pendirian industri atau pabrik secara keseluruhan atau bagian-bagiannya.
  7. Perekayasaan industri adalah kegiatan industri yang berhubungan dengan perancangan atau pembuatan mesin atau peralatan pabrik dan peralatan industri lainnya.
  8. Mengolah menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi, untuk penggunaanya. Maksudnya, menjadikan barang menjadi bernilai lebih tinggi baik secara ekonomi maupun pemanfaatannya.

Kesimpulannya, kegiatan industri merupakan suatu kegiatan yang sangat kompleks dan membutuhkan ketersediaan sumber daya manusia yang memadai selain sumber daya yang lain.

TUJUAN PEMBANGUNAN INDUSTRI INDONESIA

Tujuan pembangunan industri di Indonesia yaitu:

  1. Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata.
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara bertahap dan mengubah struktur perekonomian kea rah yang lebih baik.
  3. Meningkatkan kemampuan dan penguasaan serta mendorong terciptanya tekonologi yang tepat guna.
  4. Meningkatkan keikutsertaan masyarakat dan kemampuan golongan ekonomi lemah termasuk pengrajin agar berperan aktif dalam pembangunan industri .
  5. Memperluas dan meratakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha serta meningkatkan peranan koperasi industri .
  6. Meningkatkan penerimaan devisa melalui peningkatan ekspor produksi nasional yang bermutu dan menghemat devisa melalui pemakaian hasil produksi dalam negeri.
  7. Menunjang dan memperkuat stabilitas nasional yang dinamis.

Itulah sobat penjelasan mengenai pengertian industri dan tujuan pembangunan industri di Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY