Perbedaan Mendasar Kecepatan dan Kelajuan

Perbedaan Mendasar Kecepatan dan Kelajuan

568
0
SHARE

Sebelumnya kita sudah belajar bersama mengenai definisi gerak. Nah, sekarang kita akan belajar bersama mengenai perbedaan mendasar kecepatan dan kelajuan.

Tahukah kalian jika cheeta merupakan salah satu hewan tercepat yang ada di dunia. Yah, cheeta mampu berlari hingga 26m/s atau 96 km/jam. Apa sobat bangkusekolah.com mengerti apa yang dimaksud dengan kecepatan? Lalu apa perbedaan antara kecepatan dengan kelajuan?

Perbedaan Mendasar Kecepatan dan Kelajuan

Disini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan kecepatan dan kelajuan. Namun sebelum sobat mempelajari lebih jauh lagi, ada baiknya jika sobat bangkusekolah.com memahami terlebih dahulu konsep perpindahan serta konsep jarak. Hal ini tak lepas mengingat sering kali kita malah tertukar memahami makna konsep perpindahan serta konsep jarak. Sobat bisa mempelajarinya pada postingan sebelumnya.

Kembali ke tema bahasan kita kali ini. Kecepatan dan kelajuan merupakan dua istilah yang tidak asing lagi dalam perubahan gerak. Nah, kecepatan masuk dalam kategori besaran vektor, dan kelajuan masuk dalam kategori besaran skalar. Pada besaran vektor lebih cenderung memperhitungkan arah gerak. Sedangkan pada besaran skalar memiliki besar namun tidak memperhitungkan arah gerak dari sebuah benda.

Kecepatan adalah perpindahan yang ditempuh pada tiap satuan waktu. Sedangkan kelajuan adalah jarak yang ditempuh pada tiap satuan waktu. Kita bisa menuliskan definisi kecepatan dan kelajuan secara sistematis seperti yang ada di bawah ini.

Yah, disini kita memang dituntut untuk benar-benar pahan dan mengerti konsep jarak serta perpindahan. Tanpa memahami secara pasti makna dari keduanya, bisa dipastikan sobat semua tidak akan bisa menguasai konsep kecepatan dan kelajuan.

Di bawah ini ada beberapa contoh soal yang bisa kalian amati agar kalian lebih paham dan mengerti tentang kelajuan dan kecepatan.

Contoh 1

Perhatikan gambar yang ada di bawah ini. Pada gambar tersebut tampak seorang siswa tengah berjalan di lintasan ABC. Diketahui selang waktu dari titik A menuju titik C adalah 1 jam. Berapakah kelajuan dan kecepatan siswa tersebut?

Jawab :

Panjang AB = 3 km, dan Panjang BC = 4 km
Waktu AC = 10 s
Untuk mencari besarnya kelajuan siswa tersebut, langkah pertama yang kita lakukan adalah menghitung jarak tempuh.
Jarak AC = p.AB + p.BC
Jarak AC = 3km + 4km
Jarak AC = 7km

Jika jarak tempuh sudah diperoleh kita bisa menghitung berapa kelajuannya dengan cara,
Kelajuan = Jarak / waktu
Kelajuan = 7 km/jam

Jadi kelajuan siswa tersebut adalah 7 km/jam.

Nah sekarang hitung berapa besar kecepatan dari siswa tersebut!

Untuk mencari berapa kecepatannya, pertama-tama kita harus mencari perpindahan siswa tersebut dengan menggunakan cara teorema Pytagoras. Disini besarnya perpindahan yang di dapat adalah 5 km. Dan selanjutnya kita bisa menghitung berapa kecepatan siswa tersebut.

Kecepatan siswa – perpindahan / waktu
Kecepatan siswa = 5 km/jam
Jadi kecepatan siswa tersebut adalah 5 km/jam

Bagaimana? Apa sobat bangkusekolah.com sudah paham? Nah sekarang coba sobat kerjakan soal tantangan di bawah ini.

Sebelum memulai sesi latihan sepak bola, para pemain terlebih dahulu melakukan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan berbentuk lingkaran 14 menit 40 detik lamanya. Diketahui Doni baru mampu melakukan 2 kali putaran saja, sedangkan Tio mampu melakukan 2,5 kali putaran. Jika diketahui jari-jari dari lapangan tersebut adalah 70 m. tentukan :

a. Berapa kecepatan dan kelajuan Doni mengelilingi lapangan?
b. Berapa kecepatan dan kelajuan Tio mengelilingi lapangan?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY