Definisi Gerak serta Perbedaan Jarak dan Perpindahan Dalam Ilmu Fisika

Definisi Gerak serta Perbedaan Jarak dan Perpindahan Dalam Ilmu Fisika

1858
0
SHARE

Coba sobat bangkusekolah.com perhatikan benda yang ada di sekitar kalian! Ada yang bergerak dan ada pula yang diam. Misalnya saja batu yang ada di pinggiran jalan. Batu tersebut diam, namun jika ditendang oleh kaki kita maka batu tersebut akan bergerak. Begitupun rumah-rumah yang ada disekitar kita diam terhadap semua pohon yang ada disekitarnya, orang bergerak terhadap jalan, rumah, pohon dan batu yang dilewatinya. Dan masih banyak lagi benda-benda yang lainnya.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah apa yang dimaksud dengan gerak? Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda tersebut mengalami perubahan tempat atau kedudukannya terhadap titik acuannya. Bisa disimpulkan jika gerak adalah perubahan kedudukan atau posisi suatu benda pada selang waktu tertentu. Lalu bagaimana dengan orang yang berlari di mesin fitness atau anak yang tengah bermain di depan komputer? Apa mereka mengalami perubahan kedudukan atau posisi dalam beberapa selang waktu?

Pada kegiatan tersebut bisa dikatakan bukan sebuah gerak, karena kerangka acuannya tidak mengalami perubahan posisi atau diam. Yah, penempatan kerangka acuan pada sebuah peninjauan gerak sebuah benda merupakan hal yang sangat penting. Hal ini mengingat gerak atau diam itu memiliki arti yang relatif. Seperti misalnya, seseorang yang ada di dalam kereta api yang tengah bergerak. Orang tersebut bisa dikatakan tengah diam terhadap kursi yang sedang ia duduki dan juga terhadap kereta api yang bergerak tersebut. Namun gerak orang tersebut relatif terhadap stasiun ataupun terhadap rumah dan pohon yang dilewati.

Nah, selanjutnya jika sobat semua sudah paham apa yang dimaksud dengan gerak, sekarang kita akan melanjutkannya ke tema bahasan mengenai definisi jarak dan perpindahan, serta apa yang membedakan antara jarak dan perpindahan.

Perbedaan Jarak dan Perpindahan Dalam Ilmu Fisika

Seperti diketahui, gerak menimbulkan terjadinya perpindahan dan jarak. Namun sering kali kita malah merasa bingung menentukan jarak dan perpindahan. Tak heran rasanya jika ada sebagian dari kita yang malah mengatakan jarak dan perpindahan adalah sama. Padahal faktanya berbeda. Yah, jarak dan perpindahan bisa dikatakan dua hal yang ‘kembar namun beda’. Coba sobat perhatikan ilustrasi dibawah ini.

Burung-burung dari Rusia serta Siberia akan melakukan migrasi ke Australia. Mereka akan singgah di bagian pesisir timur di pulau Sumatera. Tapi satu hal yang perlu kalian ingat, burung-burung tersebut tidak akan singgah di area yang mengalami kerusakan lingkungan baik secara alamiah ataupun karena ulah manusia. Mereka yang masuk dalam kategori burung yang suka dengan pantai yang basah ini akan singgah ke tempat yang masih asri dan terjaga kelestariannya. Sekarang coba kalian bayangkan berapa jauh jarak yang mereka tempuh untuk berpindah dari benua Australia ke pulau Sumatera?

Pada dasarnya jarak dan perpindahan memiliki arti yang berbeda. Misalnya saja Dina yang berjalah ke arah barat sejauh 5 km dari rumahnya, dan kemudian ia menuju kea rah timur sejauh 4 km. Nah, disini dapat kita artikan jika Dina menempuh jarak sejauh 9 km dari rumahnya, dan mengalami perpindahan sejauh 1 km.

Hal ini tentu berbeda dengan contoh berikut ini. Doni berlari mengelilingi lapangan basket satu kali putaran. Nah, disini Doni menempuh jarak yang sama dengan keliling dari lapangan tersebut, namun tidak menempuh perpindahan karena Doni kembali pada titik awal atau semula.

Dari sini bisa disimpulkan jika jarak dapat didefinisikan sebagai panjang dari selurun lintasa yang telah ditempuh. Sedangkan perpindahan adalah jaran serta arah dari posisi atau kedudukan awak menuju ke posisi atau kedudukan akhir atau bisa disebut juga dengan selisih dari keduduk akhir terhadap keduduk awal. Selain itu, jarak juga merupakan besaran skalar, dan perpindahanan adalah besaran vektor.

Pada pembahasan berikutnya kami akan membahas mengenenai apa definisi kelajuan dan kecepatan serta bagaimana cara menentukan kelajuan serta kecepatan suatu benda dan apa perbedaan mendasar antara kelajuan dan kecepatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY