Rentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Rentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik

4219
0
SHARE

Ada berbagai macam spektrum gelombang elektromagnetik. Semuanya memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda-beda. Berikut ini urutan rentang spektrum gelombang elektromagnetik dari yang terkecil hingga frekuensi terbesar:

  1. Gelombang Radio
  2. Gelombang Televisi
  3. Gelombang Mikro (radar)
  4. Sinar Inframerah
  5. Sinar Tampak (cahaya)
  6. Sinar Ultraviolet
  7. Sinar-X
  8. Sinar Gamma

Kamu bisa melihat gambar spektrum gelombang elektromagnetik yang ada di bawah ini.

spektrum gem
Rumus menghitung gelombang elektromagnetik yaitu :

c = f x ג

Artinya,
c = gelombang elektromagnetik
f = frekuensi
ג = panjang gelombang

1. Gelombang Radio

Gelombang radio dapat dihasilkan oleh serangkaian elektronika yang disebut osilator. Pemancar gelombang radio yaitu antena dan diterima kembali oleh antenna. Tinggi rendah antenna mempengaruhi luas daerah yang menerima suara yang dipancarkan oleh antena tersebut. Kita tidak bisa mendengar gelombang radio secara langsung, namun yang kita dengar adalah bunyi hasil dari perubahan gelombang tersebut.

2. Gelombang televisi

Gelombang televisi berbentuk lurus. Gelombang ini tidak bisa dipantulkan oleh lapisan-lapisan atmosfer. Jika dibandingkan dengan gelombang radio, gelombang televisi lebih tinggi.

3. Gelombang Mikro

Gelombang mikro atau microwave dengan frekuensi 3 GHz dapat berfungsi untuk alat komunikasi, radar, dan memasak.

Radar memiliki singkatan dari Radio Detection and Ranging. Radar memiliki fungsi sebagai pemancar dan penerima gelombang elektromagnetik. Jika selang waktu antara pengiriman pulsa ke sasaran dan penerimaan pulsa pantulan dari sasaran adalah ∆t, maka jarak sasaran ke pusat radar s, adalah

S = (c x∆t )/2

Radar bisa digunakan untuk mendeteksi adanya pesawat terbang yang menuju atau meninggalkan Bandar udara. Radar tersebut bekerja mendeteksi dengan cara berputar ke segala arah. Dengan adanya radar membuat cuaca buruk bukanlah penghalang pendaratan pesawat.

4. Sinar Inframerah

Sinar inframerah tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Manfaat sinar ini yaitu membuat pesawat dan satelit di udara bisa mengambil gambar dari atas dengan bantuan sinar inframerah ini.

5. Sinar Tampak

Sinar tampak nama lainnya adalah cahaya. Dengan begitu, sinar ini merupakan sinar yang mempu membantu penglihatan kita. Panjang gelombang sinar ini yaitu antara 430 nm – 690 nm.

6. Sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet atau sinarungu dihasilkan oleh beberapa molekul dan beberapa atom. Sebagian besar atom memancarkan sinar dengan frekuensi yang kahas pada daerah sinar tampak dan sinar ultraviolet. Frekuensi yang dimiliki oleh sinat ultraviolet yaitu antara 〖10〗^15Hz – 〖10〗^16Hz. Matahari merupakan sumber adanya sinbar ultraviolet. Lapisan ozon yang ada di bumi mampu menyerap sinar ini. Akan tetapi, adanya lubang pada lapisan ozon mengakibatkan sinar ini mampu mencapai bumi. Akibatnya, makhluk hidup bisa terancam oleh sinar ultraviolet ini.

7. Sinar-X

Wilhem Conrad Rontgen merupakan seseorang yang menemukan sinar-X. Dengan begitu, sinar x disebut juga sebagai Rontgen. Panjang gelombang sinar x sangat pendek yaitu rentang 〖10〗^16Hz – 〖10〗^20Hz. Bidang kedokteran dan bidang industri memanfaatkan sinar x karena sinar ini memiliki beberapa fungsi antara lain, mendeteksi organ-organ dalam tubuh, dapat dipakai memotret posisi tulang dalam tubuh dan sebagainya.

8. Sinar Gamma

Sinar ini memiliki frekuensi antara 〖10〗^20Hz – 〖10〗^25Hz. Sinar ini dihasilkan oleh inti-inti atom yang tidak stabil.

Itulah urutan rentang spektrum gelombang elektromagnetik dari yang terkecil hingga frekuensi terbesar yang bisa sahabat bangkusekolah.com pahami. Jangan lupa like dan share ya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY