Biaya Sehari-hari dan Biaya Peluang

Biaya Sehari-hari dan Biaya Peluang

20890
0
SHARE

Sahabat bangkusekolah.com, pada kesempatan ini, materi yang akan kita ulas adalah biaya sehari-hari dan biaya peluang. Untuk lebih jelasnya, simak ya.

Biaya merupakan segala sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan untuk memperoleh sesuatu. Biaya bisa merupakan pengeluaran berbentuk uang atau hal lain yang tidak berkaitan langsung dengan uang. Biaya yang berhubungan dengan uang ini kita sebut sebagai biaya langsung.

Misalnya, ketika kamu mempunyai dua pilihan setelah lulus SMU, yaitu; bekerja atau kuliah. Kalau kamu menghitung semua uang yang kamu keluarkan saat kuliah( uang semester, uang buku, uang transportasi dan lain-lain). Lalu kamu akan membandingkannya dengan uang yang dapat kamu peroleh dengan bekerja.

biaya-peluang-16-728

A. Biaya Sehari-hari

Biaya langsung berhubungan dengan biaya-biaya sehari-hari karena biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital. Bahkan dalam keadaan ekonomi yang sulit sekalipun, manusia tetap akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun untuk itu ia harus mengorbankan kepentingan lainnya.

Ciri khas biaya sehari-hari:
• Merupakan prioritas utama
• Harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa ditunda
• Bila perlu mengorbankan kepentingan lainnya

Misalnya saja:
Seorang ibu rumah tangga bernama Tuti. Tuti menerima uang Rp.1.200.000 setiap bulannya untuk dibelanjakan kebutuhan keluarga yang terdiri dari suami dan satu anak. Bagaimanakan model perhitungannya?

Biaya sehari-hari (Rp.1.200.000 untuk 1 bulan)
Makanan Rp.650.000
Rekening listrik dan air Rp.100.000
Biaya sekolah anak Rp.150.000
Transportasi Rp. 100.000
Lain-lain Rp. 200.000
Jumlah Rp. 1.200.000

Biaya peluang memilikiarti yang berbeda dengan biaya sehari-hari. Sebagaimana sudah kamu lihat kasus di atas, sumber daya yang ada sangatlah terbatas sehingga manusia dipaksa untuk membuat pilihan dalam hidupnya. Dengan membuat sebuah pilihan, berarti kita mengorbankan hal yang lain. Ketika kamu memutuskan untuk belajar, berarti kamu telah mengorbankan waktumu untuk yang dapat kamu gunakan untuk bersenang-senang dengan temanmu. Ketika kamu memutuskan untuk membeli makanan, berarti kamu telah mengorbankan kesempatan peluang lain yang bisa kamu gunakan misalnya membeli barang lain selain makanan.

Contoh lainnya ketika ada seseorang yang antri membeli minyak, dia telah mengorbankan dua hal yaitu waktu untuk mengantri dan juga uang untuk membayar minyak tersebut.

Dari hubungan itulah maka muncul istilah yang disebut sebagai biaya peluang (opportunity cost).

B. Biaya Peluang

Biaya peluang adalah biaya yang dilakukan oleh seseorang karena mengambil sebuah pilihan. Berbedau dengan biaya langsung yang berhubungan dengan uang, biaya peluang tidak harus berhubungan dengan uang. Coba lihat kembali contoh di atas. Kita bisa membandingkan pilihan bekerja atau kuliah dengan uang yang didapat dan uang yang dikeluarkan. Selain itu, kita juga bisa membandingkan pengorbanan lainnya seperti waktu yang telah digunakan, kesenangan, pergaulan, pengalaman, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Inilah biaya peluangnya.

Setiap orang mempunyai perhitungan biaya peluang yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Hal itu dipengaruhi oleh kondisi dan situasi yang dihadapinya. Bagi seorang pelajar yang memiliki dukungan finansial yang baik, ia akan menganggap kuliah merupakan pilihan yang rasional. Namun, bagi pelajar yang keuangan keluarganya pas-pasan, mungkin bekerja merupakan pilihan yang lebih tepat karena bisa memberikan keuntungan yang lebih baik daripada kuliah.

Itulah ulasan mengenai materi biaya sehari-hari dan biaya peluang. Semoga dengan membaca artikel di bangkusekolah.com, kamu bisa paham. Yuk like dan share supaya temanmu juga bisa ikut membacanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY