Sumber Daya Ekonomi

Sumber Daya Ekonomi

1835
0
SHARE

Sahabat bangkusekolah.com, sumber daya ekonomi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya modal.

sumber daya ekonomi

1. Sumber daya manusia

sdm

Makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna adalah manusia. Manusia dibekali dengan kecerdasan dan hati nurani. Oleh sebab itu, manusia merupakan salah satu jenis sumber daya yang apabila kemampuan yang dimilikinya bisa dimanfaatkan secara maksimal maka akan bermanfaat bagi semua orang. Hal ini bisa diwujudkan meskipun sumber daya yang lainnya kurang mendukung.

Contoh yang bisa kamu lihat adalah Negara Jepang dan Singapura. Kedua negara ini merupakan negara yang kecil dan tidak memiliki banyak sumber daya alam. Akan tetapi, karena kedua negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang hebat, maka negara itu menjadi negara yang maju bahkan bisa menguasai perekonomian di tingkat dunia.

Beberapa unsur yang membentuk sumber daya manusia berkualitas antara lain:
a. Keahlian : dengan menggunakan keahlian, manusia dapat mengolah bahan mentah yang tadinya tidak berguna menjadi benda yang berguna bagi manusia itu sendiri.
b. Kejujuran dan keadilan : hal ini merupakan bagian dari sumber daya alam manusia yang tak ternilai harganya. Seorang pemimpin negara yang jujur dan adil, mampu membawa negaranya menjadi negara yang makmur. Sementara itu, bawahan yang jujur akan mampu mengemban amanat.
c. Kekuatan Fisik : kekuatan fisik ini akan berguna jika diarahkan dengan baik. Orang yang kuat fisiknya akan dapat bekerja dengan lebih baik.

2. Sumber Daya Alam

sawah-kebo

Alam merupakan karunia dari Tuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Bisa bermanfaat apabila dikelola dengan baik, namun alam akan membawa bencana jika tidak dipelihara dan dieksploitasi secara besar-besaran.

Ada beberapa negara yang menjadi kaya raya karena memiliki sumber daya alam yang melimpah dan dikelola dengan baik. Beberapa negar tersebut yaitu Arab Saudi, Kuwait dan Brunai Darussalam. Negara-negara tersebut merupakan negara penghasil minyak terbesar dan berhasilmengolah minyak bumi menjadi sumber pendapatan negara sehingga negara tersebut bisa menjadi kaya raya. Selain negara-negara penghasil minyak tersebut, ada juga negara Amerika yang berhasil mengolah tanahnya menjadi lahan pertanian yang maju. Pada dasarnya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi energi tambang, hutan, air dan tanah.

3. Sumber Daya Modal

crowdfunding-modal-memulai-bisnis-kreatif-620x400

Modal merupakan salah satu sumber daya kunci lainnya yang meliputi teknologi, peralatan, informasi dan fasilitas fisik . Unsur-unsur tersebut sering menentukan kemajuan sebuah negara.

Macam Modal

a. Modal menurut Wujudnya

1. Uang, merupakan modal yang berupa dana.
2. Barang, merupakan alat yang digunakan untuk proses produksi.

b. Modal Menurut Sifat

1. Modal Tetap, adalah modal yang dapat dipakai lebih dari satu kali masa produksi.
2. Modal lancar, adalah modal yang sekali dipakai produksi langsung habis.

c. Modal Menurut Subyek

1. Modal Perorangan, berarti modal tersebut hanya dimiliki satu orang.
2. Modal Kemasyarakatan, berarti modal tersebut berasal dari banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak.

d. Modal Menurut Bentuk

1. Konkrit (nyata), yaitu modal yang terlihat jelas dalam proses produksi.
2. Abstrak, yaitu modal yang tidak terlihat, namun kegunaannya dapat dirasakan.

e. Modal Menurut Sumber (milik sendiri atau orang lain)

1. Modal Sendiri, yaitu modal yang dimiliki pribadi.
2. Modal Pinjaman, yaitu modal yang diperoleh dari pihak lain.

Itulah pembahasan mengenai 3 macam sumber daya ekonomi, yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya modal. Jangan lupa like dan share..

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY