Rumus Jajar Genjang

Rumus Jajar Genjang

12901
1
SHARE

Sobat  bangkusekolah.com, tema bahasan kali ini masih seputar luas bangun datar. Dan kali ini yang akan kita bahas bersama-sama adalah rumus jajar genjang, yaitu bagaimana cara menghitung keliling serta luas sebuah bangun jajar genjang. Yang mana seperti diketahui, sifat jajar genjang ialah sisi-sisinya yang berhadapan adalah sama panjang serta sejajar. Nah, dari sifat jajargenjang tersebut bisa disimpulkan jika dalam mencari keliling serta luas jajargenjang. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan dibawah ini.

Rumus Jajar Genjang

1. Keliling Jajar Genjang

Untuk mempermudah kalian dalam memahami, perhatikan contoh gambar berikut.

Keliling Jajargenjang
Keliling Jajargenjang

Seperti diketahui, dalam mencari keliling bangun datar adalah dengan menghitung jumlah panjang dari sisi-sisinya. Begitu pula pada saat mencari keliling dari jajargenjang. Dari contoh gambar di atas dapat disimpulkan jika,

1.    Keliling dari KLMN adalah KL + LM + MN + KN
2.    Keliling dari KLMN adalah KL + LM + KL + LM
3.    Keliling dari KLMN adalah 2(KL + LM)

2. Luas Jajar Genjang

Untuk mempermudah kalian dalam memahami bagaimana cara menghitung luas sebuah bangun jajargenjang, mari ikuti bersama kegiatan berikut.

1.    Pertama-tama buatlah sebuah jajargenjang ABCD. Setelah itu, buat sebuah garis mulai dari titik D memotong tegak lurus garis AB di titik E dengan besar sudut 90°

langkah 1
langkah 1

2.    Jika sudah, potong jajargenjang ABCDE sesuai dengan garis DE hingga terbentuk dua buah bangun yakni segitiga AED serta segi empat EBCD

Langkah 2
Langkah 2

3.    Setelah itu, gabungkan bangun AED sedemikian hingga sisi BC berimpitan dengan sisi AD. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Langkah 3
Langkah 3

Dari kegiatan singkat di atas, terbentuk bangun baru persegi panjang dengan CD sebagai panjangnya dan DE sebagai lebarnya. Dan untuk mencari luas persegi panjang tersebut, maka bisa kita cari dengan
Luas bangun ABCD – panjang x lebar
L ABCD = CD x DE

Selain itu, dapat disimpulkan juga jika luas jajargenjang dengan alas (a) dan tinggi (t) adalah

L = alas x tinggi
L = a x t

Perlu Diingat!

Alas pada bangun jajar genjang adalah salah satu sisi dari bangun jajar genjang itu sendiri. Sedangkan tinggi dari bangun jajar genjang adalah tegak lurus dengan alas.

Nah, sekarang kalian coba perhatikan contoh soal mengenai bagaimana cara menghitung keliling serta luas bangun jajargenjang di bawah ini.

Contoh Soal
Contoh Soal

Contoh 1

Berapakah luas jajargenjang yang memiliki ukuran alas sebesar 14 cm serta tinggi sebesar 9 cm.
Penyelesaian Soal

Kita bisa membuat analisa gambar seperti dibawah ini

Alas = 14 cm
Tinggi = 9 cm, maka
Luas jajargenjang adalah
L = a x t
L –  14 x 9
L = 126 cm2
Jadi luas dari jajargenjang tersebut adalah 126 cm2

Selain contoh soal di atas, di bawah ini kami juga telah menyediakan beberapa sesi latihan soal yang bisa sobat bangkusekolah.com coba agar sobat semua lebih pahan dan mengerti.

Soal 1
Ada sebuah jajargenjang dengan luas sebesar 350 cm2. Diketahui, panjang alasnya adalah 7x, sedangkan tingginya adalah 2x. berapakah nilai x dan berapakah panjang alas dan tinggi dari bangun jajargenjang tersebut.

Soal 2
Jajargenjang ABCD memiliki keliling sebesar 1,8 m. Jika diketahui panjang AB adalah (4x + 6) cm serta panjang BC adalah (13x – 18) cm, maka berapakah nilai x dan berapakah panjang AB dan BC.

Demikian pembahasan tentang rumus jajar genjang, semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Jangan lupa dilike dan dishare ya, terima kasih.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY