Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia

Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia

14084
0
SHARE

Halo sahabat bangkusekolah.com, kali ini kita akan membahas mengenai peranan virus bagi manusia. Peranan virus ada dua macam, yaitu virus yang menguntungkan manusia dan virus yang merugikan manusia. Untuk lebih jelasnya, simak uraian mengenai penjelasan keduanya.

1. Peranan Virus yang Menguntungkan

a. Membuat antitoksin

Misalnya DNA virus digabungkan dengan gen yang mengendalikan sifat menguntungkan. Apabila virus menginfeksi bakteri, maka di dalam sel bakteri terkandung gen yang menguntungkan.

peranan-virus-bagi-kehidupan-manusia

b. Melemahkan bakteri

Contohnya pada virus yang menyerang bakteri patogen. Jika DNA virus lisogenik masuk ke dalam DNA bakteri patogen, maka bakteri tersebut menjadi tidak berbahaya.

c. Memproduksi vaksin

Vaksin adalah patogen yang telah dilemahkan sehingga tidak menyerang manusia. Saat tubuh manusia diberi vaksin, tubuh manusia akan memproduksi antibodi.

2. Peranan virus yang merugikan

Beberapa penyakit manusia disebabkan oleh virus. Adapun berbagai macam penyakit itu yaitu:

a. Mata belek

b. Influenza

c. Polio

d. Cacar

e. Hepatitis

f. Campak ( Morbili)

g. Rabies ( anjing gila)

h. Herpes Simplex

i. Gondong

j. Kanker

k. AIDS

l. Penyakit ebola

m. Demam berdarah

n. Cacar air dan Herpez Zoster

o. Pilek (selesma)

Pertahanan tubuh manusia terhadap serangan virus:

Dalam tubuh manusia, ada system pertahanan sehingga apabila ada virus yang masuk ke dalam tubuh melalu mulut, hidung maupun kulit yang luka, langsung bisa diatasi. Berikut ini macam pertahanan tubuh manusia dalam menghadapi virus:

1. Cara yang pertama adalah melalui pertahanan darah putih. Saat ada virus yang masuk, sel darah putih akan segera menyerang virus dan memakannya.

2. Cara yang kedua yaitu tubuh menghasilkan protein yang disebut antibodi. Protein asing virus disebut pantogen. Saat antigen masuk ke dalam tubuh manusia, maka antibodi manusia akan segera menyerang antigen tersebut.

Terbentuknya antibodi di dalam tubuh dapat dirangsang secara buatan. Untuk merangsang manusia menghasilkan antibodi, tubuh manusia diberi vaksin atau bibit penyakit yang dilemahkan. Selain tubuh akan menghasilkan antibody, tubuh akan kebal terhadap serangan penyakit. Vaksin merangsang sel-sel limfosit untuk menghasilkan antibodi sehingga vaksin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain menyerang manusia, virus juga menyerang hewan. Contohnya sebagai berikutL:

1. Rabies pada anjing, kucing dan monyet.

2. Penyakit kuku dan mulut pada sapi dan kerbau. Akibatnya, hewan yang terkena peyakit ini tidak bisa berjalan dan tidak bisa makan.

3. Penyakit sampar ayam (tetelo). Ayam yang terserang penyakit ini akan diare, muntah-muntah kemudian mati. Apabila ayam bisa sembuh, maka akan kehilangan keseimbangan dengan kepala tertekuk dan berputar-putar.

Selain itu,, tumbuhan juga bisa terserang virus. Penyakit pada tumbuhan karena virus biasanya diakibatkan oleh serangga yang menularkan virus dari tanaman yang lain ke tanaman yang satunya. Virus tersebut sangat berbahaya dan sulit untuk diberantas.

Misalnya:

1. Penyakit mosaik pada tembakau, tomat, kentang. Keadaan daun tanaman yang terkena virus ini mengalami bercak-bercak warna kuning. Penyebaran penyakit ini dilakukan oleh serangga.

2. Penyakit degenerasi pembuluh tapis pada jeruk. Sebaiknya tanaman yang terkena penyakit virus ini segera dicabut dan dibakar. Jika dibiarkan, maka tanaman yang lain bisa ikut tertular akibat serangga.

3. Penyakit kredil pada padi. Virus ini menyebabkan pertumbuhan tanaman padi terhambat. Wereng adalah hewan yang menyebarkan penyakit kerdil ini.

Bagaimana sahabat bangkusekolah.com? Sudah tahu bukan bahwa ternyata peranan virus ada yang menguntungkan dan merugikan. Jangan lupa like dan share ya..

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY