Taman Nasional di Indonesia

Taman Nasional di Indonesia

1317
0
SHARE

Sahabat bangkusekolah.com, sebelum kita membahas mengenai taman nasional di Indonesia, kita bahas terlebih dahulu tentang konservasi. konservasi keanekaragaman hayati atau biodiversitas sudah menjadi kesepakatan internasional.

Objek keanekaragaman hayati yang dilindungi terutama kekayaan jenis tumbuhan (flora) dan kekayaan jenis hewan (fauna) serta mikroorganisme misalnya jamur dan bakteri. Perlu diingat bahwa yang termasuk flora tidak hanya tumbuhan berbunga yang sehari-hari kita lihat tetapi juga lumut dan paku-pakuan. Demikian juga dengan fauna, tidak saja mencakup binatang mamalia namun juga ikan, reptilia, burung dan serangga.

Tempat perlindungan keanekaragaman hayati di Indonesia telah diremikan oleh pemerintah. Lokasi perlindungan tersebut misalnya berupa Taman Nasional, Cagar Alam, Hutan Wisata, Taman Hutan Raya, Taman Laut, Wana Wisata, Hutan Lindung, dan Kebun Raya. Tempat-tempat tersebut memiliki makna yang berbeda-beda meskipun fungsinya sama yaitu untuk tujuan konservasi.

1. Taman Nasional di Indonesia

Taman nasional adalah kawasan konservasi alam dengan ciri khas tertentu baik di darat maupun di perairan. Taman nasional memiliki fungsi ganda, yaitu perlindungan terhadap system penyangga kehidupan dan perlindungan jenis tumbuhan dan hewan serta pelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Taman nasional juga penting untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya, dan rekreasi alam. Biodiversitas di Indonesia yang unik dilindungi terutama di taman nasional.

ipasi0037_borneo_elefant_ii_wwf_malaysia

Beberapa taman nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

a. Taman Nasional Gunung Leuser : terletak di provinsi Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh.
b. Taman Nasional Kerinci Seblat: terletak membentang di empat propinsi yaitu Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu.
c. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan: terletak di Bengkulu dan Lampung.
d. Taman Nasional Ujung Kulon: terletak di ujung barat Pulau Jawa.
e. Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango: terletak di Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.
f. Taman Nasional Kepulauan Seribu: terletak di kepulauan seribu.
g. Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru : membentang di Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lampung, Jawa Timur.
h. Taman Nasional Meru Betiri : terletak di Jember selatan.
i. Taman Nasional Baluran: di ujung timur Pulau Jawa.
j. Taman Nasional Bali Barat: di kabupaten Jembrana dan Buleleng.
k. Taman Nasional Komodo : di Pulau Komodo, Rinca, Podan, Gilimotong dan pulau-pulau kecil lainnya.
l. Taman Nasional Tanjung Putting: terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.
m. Taman Nasional Lore Lindu: terletak di Sulawesi Tengah.

2. Cagar Alam

Cagar Alam adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas tumbuhan, satwa, dan ekosistem, yang perkembangannya diserahkan pada alam.

3. Hutan Wisata

Hutan wisata adalah kawasan hutan yang karena keadaan dan sifat wilayahnya perlu dibina dan dipertahankan sebagai hutan, yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, kebudayaan, dan rekreasi.

4. Taman Hutan Raya

Dimanfaatkan untuk koleksi tumbuhan dan hewan, alami atau non-alami, jenis asli atau pendatang, yang berguna untuk perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, kebudayaan, dan rekreasi.

5. Taman Laut

Wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan alam atau keunikan alam yang ditunjuk sebagai kawasan konservasi alam.

6. Wana Wisata

Kawasan hutan yang disamping fungsi utamanya sebagai hutan produksi, juga dimanfaatkan sebagai objek wisata.

7. Hutan Lindung

Kawasan hutan alam yang biasanya terletak di daerah pegunungan yang dikonservasikan untuk tujuan melindungi lahan agar tidak tererosi dan untuk mengatur tata air.

8. Kebun Raya

Kebun raya merupakan kumpulan tumbuh-tumbuhan di suatu tempat yang berasal dari berbagai daerah yang ditanam untuk tujuan konservasi, ilmu pengetahuan dan rekreasi.

Itulah beberapa tempat perlindungan keanekaragaman hayati termasuk taman nasional di Indonesia. Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke bangkusekolah.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY