Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

2103
0
SHARE

Pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian globalisasi. Setiap hari, mungkin tanpa sadar, kita telah menjadi bagian dari ekonomi global. Kita ambil contoh sebuah pakaian. Bahkan dasar pakaian tersebut, kapas, berasal dari sebuah perkebunan kapas di Vietnam. Kapas itu dipanen dan kemudian dibawa ke Ho Chi Minh untuk dipintal. Bahannya kemudian diimpor ke perusahaan garmen di Indonesia yang beroperasi di bawah bendera perusahaan Amerika. Bisa jadi di dalam perusahaan garmen tersebut, terdapat desainer dari Italia dan menggunakan mesin garmen buatan Jepang. Setelah pakaian tersebut selesai dijahit pakaian ini kemudian diimpor ke Amerika Serikat.

Meskipun kita hidup sebagai warga Negara sebuah negara, pada dasarnya, kita terikat dengan negara lainnnya. Kita ambil contoh kasus di atas. Apa yang terjadi dengan buruh garmen di Indonesia bila perkebunan kapas di Vietnam hancur? Atau apakah yang akan terjadi bila celana buatan Indonesia tersebut kurang disukai oleh masyarakat Amerika Serikat? Dalam kasus ini, apa yang terjadi di Vietnam dan di Amerikan Serikat sangat mempengaruhi Indonesia.

Apa-Arti-dari-Globalisasi

Karena itu globalisasi merupakan bahasan yang luas untuk menggambarkan munculnya masyarakat global dimana peristiwa ekonomi, politik, lingkungan, dan budaya di suatu wilayah dengan cepat mempengaruhi masyarakat yang hidup di belahan dunia lain.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu globalization. Global memiliki arti mendunia dan lization memiliki arti proses. Jadi, pengertian globalisasi yaitu suatu proses yang mendunia. Jadi, suatu Negara bisa masuk ke Negara lainnya. Masing-masing Negara bisa berinteraksi dengan Negara lainnya dengan mudah. Banyak hubungan yang bisa terjalin dengan mudah seperti dalam bidang perdagangan, pendidikan, teknologi dan sebagainya.

Ada beberapa perubahan yang menonjol dalam era globalisasi, yakni, meningkatnya perdagangan dunia, pertumbuhan pasar finansial internasional, dan semakin intensifnya globalisasi proses produksi yang ditunjukkan dengan hadirnya perusahaan multinasional.

1. Globalisasi dan Perdagangan Dunia

Globalisasi telah membawa peningkatan yang luar biasa pada perdagangan dunia. Meskipun demikian, nenurut Bank Dunia, pihak yang memiliki keuntungan terbesar dari globalisasi di bidang perdagangan dunia adalah Negara maju.

2. Globalisasi dan Investasi Luar Negeri

Pada tahun 1973, pertukaran uang pasar devisa hanya sebesar 3 milyar dollar per hari, pada akhir 1980-an telah mencapai 650 milyar dollar per hari. Pada akhir 1970-an, arus modal yang keluar dari 13 negara maju sebesar 52 milyar dollar, sedangkan pada akhir 1980-an meningkat menjadi 444 dollar per hari. Pinjaman bank internasional dan surat berharga yang pada tahun 1973 hanya 200 milyar dollar meningkat menjadi 3,6 trilyun dollar.

Peningkatan pertumbuhan di bidang investasi ini tak lain karena adanya deregulasi di bidang keuangan. Banyak Bank Sentral yang mengurangi tingkat pengawasan mereka kredit sehingga pasar lebih bebas bergerak untuk menanamkan modalnya. Investasi portfolio juga meningkat sejalan dengan keberadaan globalisasi. Pasar modal, berkat adanya teknologi yang semakin maju, juga memberikan akses yang lebih luas bagi individu perusahaan dan pemerintah untuk meningkatkan keuangan.

3. Globalisasi dan Perusahaan Multinasional

Dilihat dari struktur produksi, jumlah perusahaan multinasional juga semakinmeningkat sejalan dengan adanya globalisasi. Pada tahun 1970-an, jumlahnya yang berjumlah beberapa ratus tersebut meningkat melebiihi 1000 pada tahun 1990. Pendatang baru itu, diantaranya banyak yang berasal dari AS. Sementara itu, globalisasi berlangsung dalam sektor investasi asing langsung, yang sejak pertengahan 1980-an meningkat dengan 29% per tahun.

Beberapa karakteristik perusahaan transnasional adalah:
1. Beroperasi di lebih dari satu Negara. Mereka memproduksi dan memasarkan produknya secara internasional.
2. Berusaha mencari keunggulan kompetitif dan memaksimalkan kenuntunagn dengan cara mencari lokasi yang paling murah dan efisien untuk berproduksi.
3. Fleksibel dalam hal geografis sehingga mereka dapar dengan mudah memindahkan sumber daya dan operasi seluruh dunia.
4. Bertanggung jawab atas tida perempat perdagangan dunia dan sekitar sepertiga dari semua hasil ekonomi dunia.

Semoga penjelasan mengenai pengertian globalisasi dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk like dan share ya… Terima kasih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY