Macam macam kerjasama internasional

Macam macam kerjasama internasional

25630
2
SHARE

Halo sajabat bangkusekolah.com, sudah tahu belum macam macam kerjasama internasional? pada artikel ini mari kita membahas tentang macam macam kerjasama internasional.

Kerjasama internasional merupakan dari dampak adanya globalisasi. Integrasi ekonomi muncul ketika halangan perdagangan dikurangi atau bahkan dihapuskan untuk meningkatkan perdagangan internasional dan investasi dari luar negeri. Hal ini muncul sejalan dengan ditandatanganinya perjanjian antar Negara yang mempromosikan perdagangan bebas. Integrasi ekonomi juga tercipta melalui standarisasi produk dan jasa yang dipasarkan.

ASEAN_BENDERA

Macam macam kerjasama internasional :

1. Kerjasama Bilateral

Kerjasama bilateral adalah bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan antar dua Negara. Kerjasama ini terjadi karena kedua Negara saling mendapat keuntungan atau kedua Negara memiliki hubungan yang sangat baik.

Sebagai contohnya, Hubungan yang dilakukan oleh Arab Saudi dengan Indonesia tentang ibadah haji, hubungan antara Malaysia dengan Indonesia tentang ketenagakerjaan, dan hubungan dagang antara Indonesia dengan jepang.

2. Kerjasama Regional

Kerjasama regional adalah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Negara-negara yang berada dalam satu wilayah. Contohnya adalah kerjasama yang dijalin oleh Negara ASEAN, MEE, atau NAFTA.

3. Kerjasama Multilateral

Kerjasama mulitilateral adalah kerja sama antar dua Negara atau lebih. Kerjasama jenis ini bisa dalam satu wilayah, atau bisa dalam beda wilayah. Misalnya adalah hubungan kerjasama yang berada dalam satu wilayah yaitu ASEAN, MEE, NAFTA. Contoh kerjasama dalam beda wilayah yaitu OPEC.

Kerjasama Ekonomi Internasional

Kerjasama internasional adalah kerjasama ekonomi bangsa-bangsa di dunia yang tidak dibatasi oleh wilayah. Kerjasama ekonomi internasional diwadahi oleh organisasi PBB, contohnya WTO, ILO, ITO dan IMF.

Ada tiga institusi yang memiliki peran penting dalam globalisasi yaitu international monetary fund (IMF), World Bank dan World Trade Organization (WTO). Pada awalnya ketiga institusi ini muncul pada masa perang dunia ke II (1939- 1945). Dulu, Amerika Serika dan Inggris memutuskan untuk membangun institusi dan peraturan baru bagi perekonomian global. Pada konferensi Bretton Woods di New Hampshire pada tahun 1944, berdirilah IMF untuk membantu menstabilkan pasar mata uang. Konferensi ini juga membentuk IBRD (International Bank for Recontruction and Development) untuk membantu keuangan Eropa yang runtuh setelah perang.

1. World Bank (Bank Dunia)

Sesudah pasar Eropa pulih karena perang dunia II, IBRD lebih dikenal dengan World Bank (Bank Dunia). Misi Bank Dunia yaitu membantu Negara berkembang untuk maju dan mampu untuk menyediakan standar hidup yang lebih tinggi bagi penduduknya. Negara berkembang akan mendapatkan pinjaman hutang dari Bank Dunia untuk segala perkembangan demi kemajuan negar berkembang tersebut. Sebagai contoh, untuk membangun bendungan, pembangkit listrik, pelabuhan dan lain-lain. Proyek tersebut memiliki tujuan yaitu untuk menurunkan biaya bagi pebisnis sehingga bisa menarik investor asing untuk datang. Sejak tahun 1968, Bank Dunia memfokuskan diri pada bantuan ringan bagi kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya.

2. IMF (International Monetary Fund)

IMF adalah sebuah badan yang member pinjaman agar Negara tersebut dapat mempertahankan nilai mata uangnya dan mampu membayar hutang luar negeri. Tujuan IMF yaitu meningkatkan stabilitas keuangan internasional.

IMF dan Bank Dunia biasanya menerapkan syarat-syarat tertentu pada Negara-negara yang akan meminjam uang. Pada dasarnya, IMF menganut paham neoliberalisme yaitu untuk mendukung pasar bebas.

3. WTO (World Trade Organization)

WTO memiliki prinsip yaitu Non diskriminasi, liberasi perdagangan, stabilitas hubungan perdagangan di mana mekanisme WTO dibangun untuk mendiskusikan dan memecahkan masalah perdagangan antar Negara.

Itulah uraian materi tentang kerjasama ekonomi internasional, semoga dapat menjadi bahan belajar untuk kamu. Jangan lupa like dan share!