Teori Atom

Teori Atom

1000
0
SHARE

Terima kasih masih setia berkunjung ke bangkusekolah.com. Masih semangat belajar kan… harus semangat donk… Kali ini kita akan membahas tentang teori atom.

Sebelum lebih jauh tentang teori atom, ada baiknya kita mengenal atom. Apa sih atom itu? atom berasal dari bahasa Yunani atomos (a artinya tidak dan tomos artinya terbagi). Atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi.

Teori atom telah mengalami beberapa kali perubahan sejak pertama dikemukakan. Berikut ini adalah beberapa teori atom yang tercatat dalam sejarah.

1. Democritus (470 – 380 BC)

Democritus adalah seorang filsuf Yunani yang hidup pada masa 470 – 380 sebelum masehi. Democritus merupakan bapak dari teori atom. Democritus mengemukakan bahwa materi tidak dapat dibagi-bagi menjadi bagian terkecil selamanya. Dia mengklaim bahwa partikel terbuat dari partikel yang sangat kecil yang disebut dengan atomos.

2. Dalton (1808)

daltonJohn Dalton adalah orang yang pertama menciptakan teori atom. Dalton melihat bahwa atom merupakan bola pejal yang sangat kecil. Berikut ini adalah 4 pernyataan John Dalton tentang atom :

a. Atom adalah partikel yang sangat kecil bahkan tidak terlihat secara kasat mata.

b. Atom adalah satu elemen yang sama

c. Atom atas element yang berbeda adalah berbeda

d. Senyawa terbentuk dari penggabungan atom

3. J.J. Thomson (1897)

thomsonJ.J. Thomson adalah penemu electron. Dia merupakan ilmuan pertama yang menyatakan bahwa atom terdiri dari partikel yang bermuatan positif dan terdapat elektron-elektron yang bermuatan negatif, sehingga atom bersifat netral.

4. Rutherford (1911)

rutherfordRutherford menemukan protons dan nucleus. Dia menunjukkan bahwa bahwa atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.

5. Bohr (1913)

bohrNiels Bohr melakukan penyempurnaan pada model Rutherford. Dia mengemukakan bahwa elektron mengelilingi inti atom pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut dengan kulit elektron. Setiap atom memiliki jumlah kulit elektron yang spesifik.

6. Chadwick (1932)

chadwickJames Chadwick adalah ilmuan yang menemukan neutrons. Saat bekerja dengan Rutherford, dia menemukan partikel yang netral yang disebut dengan neutrons. Neutrons juga ditemukan dalam nucleus.

7. Teori Modern

modernDalamĀ  teori ini kedudukan elektron berada di daerah sekitar inti yaitu awan elektron yang disebut dengan orbital. Letak elektron tidak dapat ditentukan dengan pasti. Model inilah yang terus dipakai hingga saat ini.

Demikianlah pembahasan singkat tentang teori atom. Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas tentang struktur atom dan konfigurasi elektron pada atom.

Terima kasih atas kunjungan anda ke bangkusekolah.com. Jangan lupa share ya, agar bermanfaat bagi yang lain juga. heee

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY