Indikator pH

Indikator pH

6456
1
SHARE

Setelah kemarin kita membahas tentang asam, basa dan garam, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menentukan nilai pH. Seperti yang sudah kita bahas, bahwa zat yang memiliki nilai pH < 7 adalah zat asam, zat yang memiliki nilai pH > 7 adalah zat basa, dan zat yang memiliki pH adalah zata netral. Selanjutnya adalah bagaimana menentukan pH suatu zat / larutan?

Untuk mementukan pH suatu zat, kita bisa menggunakan indikator pH. Indikator pH terbagi menjadi dua yaitu indikator pH alami dan indikator pH buatan.

Indikator pH alami

Indikator pH alami adalah indikator pH yang dibuat dari bagian-bagian tumbuhan yang memiliki warna. Sebagai contoh adalah bunga mawar, bunga sepatu, kunyit, kulit manggis, kubis ungu.

Berikut ini adalah tabel perubahan warna indikator pH alami sesuai dengan sifat zat / larutannya.

Indikator Asam Basa Netral
Bunga Sepatu Merah Kuning Kehijauan Merah
Kubis Ungu Merah Hijau Kuning Ungu
Kulit Buah Manggis Coklat Kemerahan Biru Kehitaman Ungu
Kunyit Kuning Merah Kuning

Indikator buatan

Indikator buatan terdiri dari :

a. Kertas Lakmus
– Lakmus merah
Jika dicelupkan ke dalam larutan asam, warna kertas lakmus merah tidak akan berubah. Jika dicelupkan kedalam larutan basa, warna kertas lakmus merah akan berubah menjadi biru
– Lakmus Biru
Jika dicelupkan ke dalam larutan basa, warna kertas lakmus biru tidak akan berubah. Jika dicelupkan kedalam larutan asam, warna kertas lakmus biro akan berubah menjadi merah.

b. Larutan indikator pH
Larutan indikator pH merupakan larutan yang akan berubah warna pada kisaran pH tertentu. Berikut ini adalah daftar larutan indikator pH.

Indikator Kisaran pH Perubahan Warna
Metil Orange 3,2 – 4,4 Merah – Kuning
Metil Merah 4,8 – 6,0 Merah – Kuning
Bromtimol Biru 6,0 – 7,6 Kuning – Biru
Phenolphthalein 8,3 – 10 Tidak Berwarna
Metil Biru 10,6 – 13,6 Biru Ungu

c. pH meter.
pH meter merupakan indikator pH secara elektronik. Dengan alat ini nilai pH akan bisa langsung diketahui dengan mambaca nilai pada layar. pH meter merupakan indikator pH yang paling akurat dibandingkan dengan indikator yang lain.

d. Indikator universal
Indikator universal yaitu indikator yang terdiri dari berbagai macam indikator yang memiliki warna berbeda untuk setiap pH 0 – 14.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai indikator pH. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung ke bangkusekolah.com.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY