Pengertian paragraf

Pengertian paragraf

656
0
SHARE

Halo sahabat bangkusekolah…di tahun 2015 ini makin semangat ya belajarnya.. kali ini kita akan membahas tentang pengertian paragraf, unsur-unsur paragraf, jenis-jenis paragraf dan bagaimana membuat paragraf yang baik.

Pengertian paragraf

Paragraf adalah bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan membentuk satu kesatuan pikiran.

Unsur-unsur paragraf

Paragraf terdiri dari :

1. Kalimat utama

Kalimat utama adalah kalimat yang memuat ide pokok. Kalimat utama biasa juga disebut dengan kalimat topik. Kalimat utama merupakan inti dari permasalahan / persoalan yang ingin disampaikan. Biasanya kalimat utama masih bersifat umum sehingga masig perlu diberi penjelasan dengan kalimat penjelas. Dalam satu paragraf hanya boleh memuat satu kalimat utama.

2. Kalimat penjelas

Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat dalam suatu paragraf di luar kalimat utama. Kalimat penjelas memuat ide penjelas yang menjelaskan kalimat utama.

Jenis-jenis paragraf

1. Berdasarkan letak kalimat utama / ide pokoknya.

a. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf.

b. Paragraf induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamnya terletak di akhir paragraf.

c. Paragraf campuran (deduktif – induktif)

Paragraf campuran (deduktif – induktif) adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf.

2. Berdasarkan Tujuannya

a. Paragraf deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu yang menurut pengalaman panca indera manusia dengan tujuan agar pembaca seolah-olah melihat dan bisa merasakan sendiri objek yang digambarkan.

b. Paragraf narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian yang diceritakan.

c. Paragraf argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang menyajikan suatu permasalah dengan mengemukakan bukti-bukti dan alasan yang diungkatapkan oleh penulis atau menyatakan persetujuannya.

d. Paragraf eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang memaparkan pengetahuan atau informasi dengan tujuan agar pembaca mendapat informasi atau pengetahuan yang sejelas-jelasnya.

e. Paragraf persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan mempengaruhi pembaca dengan memberikan data sebagai penunjang sehingga pembaca mengikuti pendapat yang dikemukakan oleh penulis.

Membuat paragraf yang baik

untuk membuat paragraf yang baik, harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Memiliki satu ide pokok / kalimat utama
2. Memiliki penjelasan yang lengkap tentang ide pokok tersebut
3. Menarik perhatian pembaca
4. Terorganisasi dengan baik

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai pengertian paragraf dan beberapa hal terkait dengan paragraf. Semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Terima kasih atas kunjungannya ke bangkusekolah.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY