Harga Keseimbangan dan Elastisitas Harga

Harga Keseimbangan dan Elastisitas Harga

2355
0
SHARE

Setelah pada kesempatan terdahulu kita telah membahas tentang permintaan dan penawaran, kali ini kita akan membahas tentang harga keseimbangan dan elastisitas harga.

Sebelum kita membahas kedua hal tesebut di atas, kita perlu tahu apakah yang dimaksud dengan harga. Harga adalah kemampuan suatu barang / jasa yang dinyatakan dengan uang.

Harga Keseimbangan.

Bila kita bicara tentang harga keseimbangan tentu tidak lepas dari apa yang disebut dengan harga pasar. Harga pasar adalah keadaan dimana jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diterima dan terjadi kesepakatan antara produsen dan konsumen pada saat terjadinya transaksi. Harga pasar sering juga disebut dengan harga keseimbangan sebab harga tersebut terjadi setelah ada keseimbangan antara permintaan dan penawaran barang.

Rumus harga keseimbangan adalah sebagai berikut
harga keseimbangan

Elastisitas Harga

Elastisitas harga secara garis besar terbagi dalam dua kelompok yaitu elastisitas harga permintaan dan elastisitas harga penawaran.

Elastisitas harga Permintaan

Elastisitas harga Permintaan adalah tingkat kepekaan perubahan jumlah barang/ jasa yang diminta terhadap perubahan harga.

Rumus elastisitas harga permintaan adalah sebagai berikut :
elastisitas harga permintaan

Elastisitas harga penawaran

Elastisitas harga penawaran adalah tingkat kepekaan terhadap perubahan jumlah yang ditawarkan terhadap perubahan harga.

Rumus dari elastisitas penawaran adalah sebagai berikut :
elastisitas harga penawaran

Jenis-jenis elastisitas

Jenis-jenis elsatisitas adalah sebagai berikut :

1. Inelastis (E < 1)

Inelastis artinya persentase perubahan jumlah permintaan/penawaran lebih kecil dibandingkan dengan persentase perubahan harga.

2. Elastis (E > 1)

Elastis adalah pesentase perubahan jumlah permintaan atau penawaran lebih besar dibandingkan dengan persentase perubahan harga.

3. Elastis unitary (E = 1)

Elastis unitary adalah persentase perubahan jumlah permintaan atau penawaran sebanding dengan persentase perubahan harga.

4. Inelastis sempurna (E = 0)

Inelastis sempurna adalah perubahan harga barang tidak berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan.

5. Elastis sempurna (E = -)

Elastis sempurna adalah persentase perubahan harga bersifat tetap.

Faktor yang mempengaruhi elastisitas

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas :

  • Ketersediaan barang subsidi, artinya semakin banyak barang subsidi (pengganti) atas suatu barang, maka akan mempengaruhi elastisitas permintaan / penawaran barang tersebut.
  • Persentase pendapatan, artinya semakin besar pendapatan yang digunakan untuk membeli suatu barang, maka semakin elastis permintaan / penawaran barang tersebut.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang harga keseimbangan dan elastisitas harga. Semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY